Ahad,
16 Juli 1995/18 Shafar 1416 Brosur no. :
786/826/IF
Thaharah
ke-4
Mandi
janabat dan hal-hal yang berhubungan dengannya
Mandi
janabat adalah mandi yang disyaritakan oleh agama bagi orang yang berhadats
besar apabila mereka akan shalat.
Hal-hal
yang termasuk hadats besar dan wajib mandi atanya
a.
Sehabis bersetubuh, baik keluar mani maupun tidak.
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: اِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا
اْلاَرْبَعِ ثُمَّ جَهَدَهَا فَقَدْ وَجَبَ عَلَيْهِ اْلغُسْلُ . احمد و البخارى و
مسلم. و لمسلم و احمد: وَ اِنْ لَمْ يُنْزِلْ. فى نيل الاوطار
1:259
Dari
Abu Hurairah dari Nabi SAW beliau bersabda, “Apabila (seorang diantara kamu)
duduk antara anggota badan wanita yang empat (dua kaki dan dua tangannya)
kemudian mereka menyetubuhinya, maka sungguh telah wajib mandi
atasnya”.
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim] Dan dalam riwayat Muslim dan Ahmad, ada
tambahan, “Meskipun ia tidak keluar mani”. Dalam Nailul Authar juz 1, hal.
259.
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا قَعَدَ بَيْنَ شُعَبِهَا
اْلاَرْبَعِ ثُمَّ مَسَّ اْلخِتَانُ اْلخِتَانَ فَقَدْ وَجَبَ اْلغُسْلُ. احمد و
مسلم و الترمذى و صححه و لفظه. اِذَا جَاوَزَ اْلخِتَانُ اْلخِتَانَ وَجَبَ
اْلغُسْلُ. نيل الاوطار 1:260
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila (seseorang diantara
kamu) duduk antara anggota badan wanita yang empat (dua kaki dan dua tangannya),
kemudian khitan menyentuh khitan, maka sungguh telah wajib mandi”.
[HR.
Ahmad, Muslim dan Tirmidzi, dan Tirmidzi menshahihkannya] Adapun lafadh
Tirmidzi : “Apabila khitan melewati khitan, maka wajib mandi”.[HR. Tirmidzi
I : 73] (Dlam.Nailul Authar I : 260)
عَنْ
عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ ص قَالَتْ: اِنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ ص
عَنِ الرَّجُلِ يُجَامِعُ اَهْلَهُ يُكْسِلُ. هَلْ عَلَيْهِمَا اْلغُسْلُ؟ وَ
عَائِشَةُ جَالِسَةٌ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنِّى َلاَ اَفْعَلُ ذلِكَ اَنَا
وَهذِهِ. ثُمَّ نَغْتَسِلُ. مسلم: 1:272
Dari
‘Aisyah RA istri Nabi SAW, ia berkata : Sesungguhnya ada seorang laki-laki
bertanya kepada Rasulullah SAW tentang orang laki-laki yang mengumpuli istrinya,
tetapi ia tidak keluar mani. Apakah keduanya wajib mandi ?. Pada waktu itu
‘Aisyah sedang duduk (di dekat Nabi SAW). Maka Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya aku pernah melakukannya yang demikian itu, aku dengan istriku ini,
kemudian kami mandi”. [Muslim I : 272]
b.Mengeluarkan
mani sebab mimpi dan lain-lain
عَنْ
عَلِيًّ رض قَالَ: كُنْتُ رَجُلاً مَذَّاءً فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ ص فَقَالَ: فِى
اْلمَذِيِّ اْلوُضُوْءُ وَ فِى اْلمَنِيِّ اْلغُسْلُ. احمد و الترمذى و ابن
ماجه
Dari
Ali RA, ia berkata : Aku adalah seorang laki-laki yang banyak mengeluarkan
madzi. Maka aku bertanya kepada Nabi SAW tentang hal itu. Nabi SAW menjawab,
“Madzi hanya mewajibkan wudlu, dan (keluar) mani mewajibkan
mandi”.
[HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah]
عَنْ
خَوْلَةَ بِنْتِ حَكِيْمٍ اَنَّهَا سَأَلَتِ النَّبِيَّ ص عَنِ اْلمَرْأَةِ تَرَى
فِى مَنَامِهَا مَا يَرَى الرَّجُلُ، فَقَالَ: لَيْسَ عَلَيْهَا غُسْلٌ حَتَّى
تُنْزِلَ كَمَا اَنَّ الرَّجُلَ لَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ حَتَّى يُنْزِلَ. احمد فى
نيل الاوطار 1:262
Dari
Khaulah binti Hakim, bahwasanya ia pernah bertanya kepada Nabi SAW tentang
wanita yang bermimpi sebagaimana orang laki-laki bermimpi, maka jawab Nabi SAW,
“Wanita itu tidak wajib mandi sehingga ia keluar mani, sebagaimana laki-laki
juga tidak wajib mandi sehingga ia keluar mani”.
[HR. Ahmad, di dalam Nailul Authar I : 262]
عَنْ
خَوْلَةَ بِنْتِ حَكِيْمٍ قَالَتْ: سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص عَنِ اْلمَرْأَةِ
تَحْتَلِمُ فِى مَنَامِهَا، فَقَالَ: اِذَا رَأَتِ اْلمَاءَ فَلْتَغْتَسِلْ.
النسائى
Dari
Khaulah binti Hakim, ia berkata : Saya pernah bertanya kepada Rasulullah SAW
tentang wanita yang bermimpi dalam tidurnya, maka jawab Rasulullah SAW, “Apabila
wanita itu melihat air (mani) hendaklah ia mandi”.
[HR. Nasai I : 115]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَنِ الرَّجُلِ يَجِدُ اْلبَلَلَ وَ
لاَ يَذْكُرُ احْتِلاَمًا، فَقَالَ: يَغْتَسِلُ. وَ عَنِ الرَّجُلِ يَرَى اَنْ قَدِ
احْتَلَمَ وَ لاَ يَجِدُ اْلبَلَلَ، فَقَالَ: لاَ غُسْلَ عَلَيْهِ. فَقَالَتْ اُمُّ
سُلَيْمٍ: آلْمَرْأَةُ تَرَى ذلِكَ عَلَيْهَا اْلغُسْلُ؟ قَالَ: نَعَمْ. اِنَّمَا
النِّسَاءُ شَقَائِقُ الرِّجَالِ. الخمسة الا النسائى، فى نيل الاوطار
1:263
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah ditanya tentang orang laki-laki
yang mendapati basah (keluar mani) tetapi ia tidak ingat bahwa ia bermimpi, maka
jawab Rasulullah SAW, “(Orang itu wajib) mandi”. Dan Rasulullah SAW pernah
ditanya tentang orang laki-laki yang bermimpi tetapi tidak mendapati basahan
mani, maka jawab Rasulullah SAW, “Tidak wajib mandi atasnya”. Kemudian Ummu
Sulaim bertanya (kepada Rasulullah SAW), “Orang wanita kalau mimpi yang demikian
itu apakah juga wajib mandi ?”. Jawab Rasulullah SAW, “Ya, hanyasanya wanita itu
saudaranya laki-laki”.
[HR. Khamsah, kecuali Nasai, dalam Nailul Authar I : 263]
عَنْ
اُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ: جَاءَتْ اُمُّ سُلَيْمٍ اِلَى النَّبِيِّ ص فَقَالَتْ: يَا
رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ اللهَ لاَ يَسْتَحْيِى مِنَ اْلحَقِّ، فَهَلْ عَلَى
اْلمَرْأَةِ مِنْ غُسْلٍ اِذَا احْتَلَمَتْ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: نَعَمْ
اِذَا رَأَتِ اْلمَاءَ. فَقَالَتْ اُمُّ سَلَمَةَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَ
تَحْتَلِمُ اْلمَرْأَةُ؟ فَقَالَ: تَرِبَتْ يَدَاكِ، فَبِمَ يُشَبِّهُهَا
وَلَدُهَا؟ مسلم 1:251
Dari
Ummu Salamah, ia berkata : Ummu Sulaim pernah datang kepada Nabi SAW. (Ummu
Sulaim) berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu menerangkan
kebenaran. Apakah wanita wajib mandi apabila ia mimpi basah ?”. Maka jawab
Rasulullah SAW, “Ya, apabila ia melihat air (mani)”. Ummu Salamah bertanya,
“Apakah wanita juga bermimpi (keluar mani) ?”. Rasulullah SAW bersabda,
“Berdebu kedua tanganmu, (kalau tidak
mengelurakan mani) dengan apa anaknya itu menyerupainya ?”.
[HR. Muslim I : 251]
c.
Wanita setelah selesai haidl dan hendak shalat
عَنْ
عَائِشَةَ رض اَنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ اَبِى حُبَيْشٍ كَانَتْ تُسْتَحَاضُ
فَسَأَلَتِ النَّبِيَّ ص فَقَالَ: ذلِكَ عِرْقٌ وَ لَيْسَتْ بِاْلحَيْضَةِ. فَاِذَا
اَقْبَلَتِ اْلحَيْضَةُ فَدَعِى الصَّلاَةَ، فَاِذَا اَدْبَرَتْ فَاغْسِلِى وَ
صَلِّى. البخارى
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Sesungguhnya Fathimah binti Abu Hubaisy menderita
istihadhah, lalu ia bertanya kepada Nabi SAW. Maka Nabi SAW bersabda, “Yang
demikian itu adalah (gangguan) urat, bukan darah haidl. Karena itu apabila
datang haidl, tinggalkanlah shalat dan apabila sudah selesai (haidl itu),
mandilah dan shalatlah”.
[HR. Bukhari, Nailul Authar I : 265]
d.
Wanita sehabis nifas
عَنْ
اُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ: كَانَ النُّفَسَاءُ تَقْعُدُ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ ص
بَعْدَ نِفَاسِهَا اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا. الخمسة الا النسائى و اللفظ لابى
داود
Dari
Ummu Salamah, ia berkata, “Wanita-wanita yang nifas pada zaman Nabi SAW tidak
shalat setelah melahrikan selama empat puluh hari”.
[HR. Khamsah, kecuali Nasai dan lafadh itu bagi Abu Dawud]
قَالَ
النَّبِيُّ ص: تَنْتَظِرُ النُّفَسَاءُ اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا اِلاَّ اَنْ تَرَى
الطُّهْرَ قَبْلَ ذلِكَ فَاِنْ بَلَغَتْ اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا وَ لَمْ تَرَ
الطُّهْرَ فَلْتَغْتَسِلْ. ابن عدى
Nabi
SAW bersabda, “Wanita yang nifas itu perlu menunggu empat puluh hari, kecuali
kalau ia bersih sebelumnya. Maka jika sudah empat puluh hari, tetapi belum juga
berhenti, hendaklah ia mandi”.
[HR. Ibnu ‘Adi]
Kaifiyat/cara
mandi janabat
a.
Bagi laki-laki, wajib meratakan air ke seluruh tubuh.
عَنْ
عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا اغْتَسَلَ مِنَ اْلجَنَابَةِ
يَبْدَأُ فَيَغْسِلُ يَدَيْهِ ثُمَّ يُفْرِغُ بِيَمِيْنِهِ عَلَى شِمَالِهِ
فَيَغْسِلُ فَرْجَهُ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ وُضُوْءَهُ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ يَأْخُذُ
اْلمَاءَ فَيُدْخِلُ اَصَابِعَهُ فِى اُصُوْلِ الشَّعَرِ حَتَّى اِذَا رَأَى اَنْ
قَدِ اسْتَبْرَأَ حَفَنَ عَلَى رَأْسِهِ ثَلاَثَ حَفَنَاتٍ ثُمَّ اَفَاضَ عَلَى
سَائِرِ جَسَدِهِ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ. مسلم 1:253
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW apabila mandi janabat, beliau
memulai dengan mencuci dua tangannya. Kemudian beliau menuangkan air dengan
tangan kanannya pada tangan kirinya, lalu mencuci kemaluannya. Kemudian beliau
berwudlu seperti wudlu untuk shalat, lalu mengambil air (dengan tangan) dan
memasukkan jari-jari beliau itu pada pangkal-pangkal rambut, sehingga apabila
dirasanya sudah merata, barulah beliau menyiram kepala beliau tiga kali dengan
kedua tangan. Kemudian beliau menyiram seluruh tubuhnya, lalu mencuci kedua kaki
beliau”.
[HR. Muslim I : 253]
عَنْ
عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ ص اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ اِذَا اغْتَسَلَ مِنَ
اْلجَنَابَةِ بَدَأَ فَغَسَلَ يَدَيْهِ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ كَمَا يَتَوَضَّأُ
لِلصَّلاَةِ ثُمَّ يُدْخِلُ اَصَابِعَهُ فِى اْلمَاءِ فَيُخَلِّلْ بِهَا اُصُوْلَ
شَعَرِهِ ثُمَّ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ ثَلاَثَ غُرَفٍ بِيَدَيْهِ ثُمَّ يُفِيْضُ
اْلمَاءَ عَلَى جِلْدِهِ كُلِّهِ. البخارى 1:68
Dari
‘Aisyah istri Nabi SAW, ia berkata, bahwasanya Nabi SAW apabila mandi janabat
baliau mulai dengan membasuh kedua tangan beliau, kemudian berwudlu sebagaimana
beliau wudlu untuk shalat, kemudian memasukkan jari-jari beliau ke dalam air,
lalu meratakannya dengan jari-jari beliau ke pangkal-pangkal rambut. Kemudian
beliau menuangkan pada kepala beliau tiga kali cedukan dengan kedua tangan
beliau, lalu menyiramkan air pada seluruh kulit (badan) beliau”.
[HR. Bukhari I : 68]
b.
Bagi wanita.
* Bagian kepala cukup dengan disiram tiga kali,
tanpa harus membuka sanggul rambutnya.
* Kemudian menyiramkan air ke seluruh tubuh
hingga rata.
عَنْ
اُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنِّى امْرَأَةٌ اَشَدُّ
ضَفْرَ رَأْسِيْ اَفَاَنْقُضُهُ لِغُسْلِ اْلجَنَابَةِ؟ قَالَ: لاَ، اِنَّمَا
يَكْفِيْكَ اَنْ تَحْثِى عَلَى رَأْسِكَ ثَلاَثَ حَثَيَاتٍ ثُمَّ تُفِيْضِيْنَ
عَلَيْكَ اْلمَاءَ فَتَطْهُرِيْنَ. الجماعة الا البخارى، فى نيل الاوطار
1:291
Dari
Ummu Salamah, ia berkata : Saya bertanya kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah,
saya adalah seorang wanita yang memintal (nglabang) rambut saya, oleh karena itu
apakah saya harus membukanya untuk mandi janabat ?”. Rasulullah SAW bersabda,
“Tidak, cukup bagimu hanya dengan menyiram kepalamu tiga kali siraman, kemudian
kamu menyiramkan air ke seluruh tubuhmu. Dengan begitu kamu sudah
bersih”.
[HR. Jama’ah, kecuali Bukhari, dalam Nailul Authar I :
291]
عَنْ
عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَيْرٍ قَالَ: بَلَغَ عَائِشَةَ اَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ
عَمْرٍو يَأْمُرُ النِّسَاءَ اِذَا اغْتَسَلْنَ اَنْ يَنْقُضْنَ رُءُوْسَهُنَّ،
فَقَالَتْ: يَا عَجَبًا ِلاِبْنِ عَمْرٍو وَ هُوَ يَأْمُرُ النِّسَاءَ اِذَا
اغْتَسَلْنَ بِنَقْضِ رُءُوْسِهِنَّ اَوَ مَا يَأْمُرُهُنَّ اَنْ يَحْلِقْنَ
رُءُوْسَهُنَّ. لَقَدْ كُنْتُ اَغْتَسِلُ اَنَا وَ رَسُوْلُ اللهِ ص مِنْ اِنَاءٍ
وَاحِدٍ وَ مَا اَزِيْدُ عَلَى اَنْ اُفْرِغَ عَلَى رَأْسِيْ ثَلاَثَ اِفْرَاغَاتٍ.
احمد و مسلم، فى نيل الاوطار 1:292
Dari
‘Ubaidillah bin ‘Umair, ia berkata, “Telah sampai khabar kepada ‘Aisyah RA
bahwasanya ‘Abdullah bin ‘Amr menyuruh para wanita apabila mandi supaya membuka
(sanggul) rambutnya. Maka ‘Aisyah RA berkata, “Saya heran kepada Ibnu ‘Amr, dia
menyuruh para wanita bila mandi supaya membuka (sanggul) rambutnya. Mengapa di
atidak menyuruh para wanita untuk mencukur rambutnya saja ?. Sungguh saya pernah
mandi bersama Rasulullah SAW dari satu bejana, sedang saya tidak lebih menyiram
pada kepala saya dari tiga kali cedukan”.
[HR. Ahmad dan Muslim, dalam Nailul Authar I : 292]
[Bersambung]
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak