Ahad,
03 Oktober 2004/18 Sya'ban 1425 Brosur No. :
1244/1284//IF
Shalat
(ke-10)
عَنْ
عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رض قَالَ: كَانَتْ بِى بَوَاسِيْرُ فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ
ص عَنِ الصَّلاَةِ، فَقَالَ: صَلّ قَائِمًا فَاِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا
فَاِنْ لَمْ َسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ.
البجارى 2: 41
Dari
'Imran bin Hushain RA, ia berkata : Saya menderita sakit wasir, maka saya
bertanya kepada Nabi SAW tentang shalat, lalu beliau bersabda, "Shalatlah dengan
berdiri, jika tidak dapat maka shalatlah dengan duduk dan jika tidak dapat, maka
shalatlah dengan berbaring".
[HR. Bukhari juz 2, hal. 41]
Menghadap
Qiblat.
وَ
مِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلّ وَجْهَكَ شَطْرَ اْلمَسْجِدِ اْلحَرَامِ، وَ حَيْثُ
مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَه‘.البقرة:150
Dan
dari mana saja kamu berangkat, maka palingkanlah wajahmu ke Masjidil Haram, dan
dimana saja kamu sekalian berada, maka palingkanlah wajahmu (ketika shalat) ke
arahnya.
[QS Al-Baqarah : 150]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اِذَا قُمْتَ اِلَى الصَّلاَةِ
فَاَسْبِغِ اْلوُضُوْءَ ثُمَّ اسْتَقْبِلِ اْلقِبْلَةَ فَكَبّرْ.
مسلم 1: 298
Dari
Abu Hurairah, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Apabila kamu akan mengerjakan
shalat, maka sempurnakanlah wudlu, kemudian menghadaplah ke qiblat, lalu
bertakbirlah".
[HR. Muslim, juz 1, hal. 298]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ قَالَ: بَيْنَمَا النَّاسُ بِقُبًا فِى صَلاَةِ الصُّبْحِ اِذْ
جَاءَهُمْ آتٍ فَقَالَ: اِنَّ النَّبِيَّ ص قَدْ اُنْزِلَ عَلَيْهِ اللَّيْلَةَ
قُرْآنٌ وَ قَدْ اُمِرَ اَنْ يَسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةَ، فَاسْتَقْبَلُوْهَا. وَ
كَانَتْ وُجُوْهُهُمْ اِلَى الشَّامِ فَاسْتَدَارُوْا اِلَى
اْلكَعْبَةِ.احمد
والبخارى ومسلم، فى نيل الاوطار 2: 186
Dari
Ibnu 'Umar, ia berkata : Pada suatu ketika orang-orang sedang shalat di (masjid)
Quba', tiba-tiba datang seseorang kepada mereka dan berkata, "Sesungguhhnya tadi
malam telah diturunkan (ayat) Qur'an kepada Nabi SAW yang menyatakan bahwa
beliau diperintahkan supaya menghadap qiblat", maka mereka lalu menghadap qiblat
(yang berada di Makkah). Dan pada waktu itu mereka shalat menghadap ke Syam
lantas mereka sama berputar menghadap ke Ka'bah.
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal.
186]
عَنْ
اَنَسٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى نَحْوَ بَيْتِ اْلمَقْدِسِ فَنَزَلَتْ
قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَآءِ فَلَنُوَلّيَنَّكَ قِبْلَةً
تَرْضَاهَا فَوَلّ وَجْهَكَ شَطْرَ اْلمَسْجِدِ اْلحَرَامِ. فَمَرَّ رَجُلٌ مِنْ
بَنِى سَلَمَةَ وَ هُمْ رُكُوْعٌ فِى صَلاَةِ اْلفَجْرِ وَ قَدْ صَلَّوْا رَكْعَةً
فَنَادَى: اَلاَ اِنَّ اْلقِبْلَةَ قَدْ حُوّلَتْ فَمَالُوْا كَمَا هُمْ نَحْوَ
اْلقِبْلَةِ.
احمد و مسلم و ابو داود، فى نليل الاوطار 2: 186
Dari
Anas, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW dahulu shalat menghadap ke arah
Baitul Maqdis, lalu turun ayat (yang artinya) : Sungguh Kami (sering) melihat
wajahmu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke qiblat
yang kamu sukai. Maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram". [QS.
Al-Baqarah : 144] Kemudian ada seorang dari banu Salamah lewat, sedang
orang-orang tengah ruku' dalam shalat Shubuh dan mereka telah mendapat satu
rekaat, lalu orang tersebut menyeru, "Ketahuilah, sesungguhnya qiblat telah
dipindahkan". Lalu mereka sama berputar sebagaimana orang lain, yaitu menghadap
qiblat (Ka'bah)".
[HR. Ahmad, Muslim dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal.
186]
Bila
Qiblat tidak dapat diketahui.
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عَامِرِ بْنِ رَبِيْعَةَ عَنِ اَبِيْهِ قَالَ: كُنَّا مَعَ
النَّبِيّ ص فِى سَفَرٍ فِى لَيْلَةٍ مُظْلِمَةٍ فَلَمْ نَدْرِ اَيْنَ اْلقِبْلَةُ
فَصَلَّى كُلُّ رَجُلٍ مِنَّا عَلَى حِيَالِهِ. فَلَمَّا اَصْبَحْنَا ذَكَرْنَا
ذ?لِكَ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فَنَزَلَتْ فَاَيْنَمَا تُوَلُّوْا فَثَمَّ وَجْهُ
اللهِ.(البقرة:
115) الترمذى 4: 273
Dari
'Abdullah bin 'Amir bin Rabi'ah, dari bapaknya, ia berkata : Dulu kami pernah
bersama Nabi SAW pada suatu malam yang gelap gulita, sehingga kami tidak
mengetahui dimana arah qiblat. Maka setiap orang diantara kami shalat menghadap
menurut pendapat masing-masing. Setelah waktu Shubuh, kami beritahukan hal itu
kepada Nabi SAW, maka turunlah ayat (yang artinya) [Maka kemanapun kamu
menghadap, di situlah wajah Allah]. QS Al-Baqarah :115.
[HR Tirmidzi juz 3, hal. 273]
عَنْ
مُعَاذٍ بْنِ جَبَلٍ قَالَ: صَلَّيْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى يَوْمٍ غَيْمٍ
فِى سَفَرٍ اِلَى غَيْرِ اْلقِبْلَةِ. فَلَمَّا قَضَى الصَّلاَةَ وَ سَلَّمَ
تَجَلَّتِ الشَّمْسُ، فَقُلْنَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، صَلَّيْنَا اِلَى غَيْرِ
اْلقِبْلَةِ. فَقَالَ: قَدْ رُفِعَتْ صَلاَتُكُمْ بِحَقّهَا اِلَى اللهِ عَزَّ وَ
جَلَّ.
الطبرانى فى الاوسط، فى مجمع الزوائد 2: 92
Dari
Mu'adz, ia berkata : Pada suatu hari dalam perjalanan (yang gelap karena)
mendung, kami pernah shalat bersama Rasulullah SAW dengan tidak menghadap
qiblat. Maka setelah selesai shalat dan sudah mengucap salam, matahari mulai
tampak (dari balik mendung). Lalu kami berkata kepada Rasulullah, "Ya
Rasulullah, kita tadi shalat dengan tidak menghadap qiblat". Rasulullah SAW
bersabda, "Shalat kalian sudah dinaikkan ke hadlirat Allah 'Azza wa Jalla dengan
haqnya".
[HR. Thabrani dalam Al-Ausath, dalam Majma'uz Zawaaid juz 2, hal.
92]
عَنِ
اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص صَلَّى نَحْوَ بَيْتِ
اْلمَقْدِسِ سِتَّةَ عَشَرَ شَهْرًا اَوْ سَبْعَةَ عَشَرَ شَهْرًا وَ كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ ص يُحِبُّ اَنْ يُوَجَّهَ اِلىَ اْلكَعْبَةِ فَاَنْزَلَ اللهُ عَزَّ
وَ جَلَّ (قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَاءِ) فَتَوَجَّهَ نَحْوَ
اْلكَعْبَةِ وَ قَالَ السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ وَ هُمُ اْليَهُوْدُ (مَا
وَلاَّهُمْ عَنْ قِبْلَتِهِمُ الَّتِيْ كَانُوْا عَلَيْهَا، قُلْ ِللهِ اْلمَشْرِقُ
وَ اْلمَغْرِبُ، يَهْدِيْ مَنْ يَّشَآءُ اِلى? صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ) فَصَلَّى
مَعَ النَّبِيّ ص رَجُلٌ ثُمَّ خَرَجَ بَعْدَ مَا صَلَّى فَمَرَّ عَلَى قَوْمٍ مِنَ
اْلاَنْصَارِ فِى صَلاَةِ اْلعَصْرِ نَحْوَ بَيْتِ اْلمَقْدِسِ، فَقَالَ: هُوَ
يَشْهَدُ اَنَّهُ صَلَّى مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ اَنَّهُ تَوَجَّهَ نَحْوَ
اْلكَعْبَةِ فَتَحَرَّفَ اْلقَوْمُ حَتَّى تَوَجَّهُوْا نَحْوَ
اْلكَعْبَةِ.
البخارى 1: 104
Dari
Baraa' bin 'Aazib, ia berkata : Dahulu Rasulullah SAW pernah shalat menghadap ke
Baitul Maqdis selama enam belas atau tujuh belas bulan, sedangkan Rasulullah SAW
itu sebenarnya senang sekali jika diperintahkan menghadap ke arah Ka'bah.
Kemudian Allah 'Azza wa Jalla menurunkan wahyu yang artinya : Sungguh Kami
sering melihat mukamu menengadah ke langit .... . Kemudian Nabi SAW menghadap ke
Ka'bah. Dan orang-orang bodoh diantara manusia, yaitu orang-orang Yahudi
berkata, "Apakah yang memalingkan mereka (ummat Islam) dari qiblatnya (Baitul
Maqdis) yang dahulu mereka telah berqiblat kepadanya ?". Allah menurunkan
wahyu-Nya : Katakanlah, "Kepunyaan Allah lah timur dan barat. Dia memberi
petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus. [QS. Al-Baqarah
: 142]. Kemudian ada seorang laki-laki shalat bersama Nabi SAW, setelah selesai
shalat, mereka bepergian, lalu melewati suatu kaum dari orang-orang Anshar yang
sedang shalat 'Ashar menghadap ke Baitul Maqdis. Lalu orang laki-laki itu
mengatakan bahwa ia bersaksi sungguh ia baru saja shalat bersama Rasulullah SAW,
dan sesungguhnya beliau mengadap ke arah Ka'bah, lalu kaum tersebut merubah arah
qiblat mereka dan menghadap ke Ka'bah".
[HR. Bukhari juz 1, hal. 104]
Wajibnya
memulai shalat dengan Takbir dan mengangkat tangan.
عَنْ
عَلِيّ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: مِفْتَاحُ الصَّلاَةِ الطُّهُوْرُ وَ تَحْرِيْمُهَا
التَّكْبِيْرُ وَ تَحْلِيْلُهَا التَّسْلِيْمُ.
الترمذى 1: 5
Dari
'Ali (bin Abu Thalib), dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Kuncinya shalat itu
ialah bersuci, mulainya shalat ialah takbir dan selesainya shalat ialah mengucap
salam".
[HR. Tirmidzi juz 1, hal. 5]
عَنْ
سَعِيْدِ بْنِ سَمْعَانَ قَالَ: سَمِعْتُ اَبَا هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ: كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ مَدًّا.
الترمذى 1: 152
Dari
Sa'id bin Sam'aan, ia berkata : Aku mendengar Abu Hurairah berkata, "Adalah
Rasulullah SAW apabila berdiri melaksanakan shalat, beliau (memulainya dengan)
mengangkat kedua tangannya pelan-pelan".
[HR. Tirmidzi juz 1, hal. 152]
عَنْ
وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّهُ رَأَى رَسُوْلَ اللهِ ص يَرْفَعُ يَدَيْهِ مَعَ
التَّكْبِيْرَةِ.
احمد و ابو داود، فى نيل الاوطار 2: 200
Dari
Wail bin Hujr bahwasanya ia pernah melihat Nabi SAW mengangkat dua tangannya
sambil mengucap takbir.
[HR.Ahmad dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal.
200]
عَنِ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رض قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص اِفْتَتَحَ
التَّكْبِيْرَ فِى الصَّلاَةِ فَرَفَعَ يَدَيْهِ حِيْنَ يُكَبّرُ حَتَّى
يَجْعَلَهُمَا حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَ اِذَا كَبّر لِلرُّكُوْعِ فَعَلَ مِثْلَهُ و
َاِذَا قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَعَلَ مِثْلَهُ وَ قَالَ: رَبَّنَا وَ
لَكَ اْلحَمْدُ.
وَ
لاَ يَفْعَلْ ذ?لِكَ حِيْنَ يَسْجُدُ. وَ لاَ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ
السُّجُوْدِ.
البخارى 1: 180
Dari
'Abdullah bin 'Umar RA, ia berkata, "Aku melihat Nabi SAW memulai dengan takbir
ketika shalat, beliau mengangkat kedua tangannya ketika bertakbir sehingga
sejajar dengan kedua bahunya, dan apabila takbir untuk ruku' beliau melakukan
seperti itu. Dan apabila mengucap Sami'alloohu liman hamidah, beliau
melakukan seperti itu juga, dan beliau mengucapkan Robbanaa wa lakal hamdu.
Dan beliau tidak mengerjakan yang
demikian itu ketika akan sujud dan tidak pula ketika mengangkat kepalanya dari
sujud". [HR. Bukhari juz 1, hal. 180]
عَنْ
نَافِعٍ اَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ اِذَا دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ وَ رَفَعَ
يَدَيْهِ. وَ اِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ
حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا قَامَ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ.
وَ رَفَعَ ذ?لِكَ ابْنُ عُمَرَ اِلَى النَّبِيّ ص.البخارى
والنسائى وابو داود،فى نيل الاوطار2: 204
Dari
Nafi', bahwasanya Ibnu 'Umar apabila memasuki shalat, ia bertakbir dan
mengangkat kedua tangannya. Dan apabila ia ruku' mengangkat kedua tangannya, dan
apabila mengucapkan Sami'alloohu liman hamidah, mengangkat kedua tangannya. Dan
apabila berdiri dari dua rekaat, mengangkat kedua tangannya. Dan Ibnu Umar
memarfu'-kan hadits itu kepada Nabi SAW. (Ia mengatakannya dari Nabi
SAW)".
[HR.
Bukhari, Nasai dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 204]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ لِلصَّلاَةِ رَفَعَ
يَدَيْهِ حَتَّى تَكُوْنَا حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ كَبَّرَ، فَاِذَا اَرَادَ
اَنْ يَرْكَعَ فَعَلَ مِثْلَ ذ?لِكَ، وَ اِذَا رَفَعَ مِنَ الرُّكُوْعِ فَعَلَ
مِثْلَ ذ?لِكَ، وَ لاَ يَفْعَلُهُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ
السُّجُوْدِ.
مسلم 1: 292
Dari
Ibnu 'Umar, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri untuk shalat,
beliau mengangkat kedua tangannya sehingga sejajar dengan kedua bahunya kemudian
bertakbir. Maka apabila akan ruku' beliau melakukan seperti itu, apabila bangun
dari ruku' beliau melakukan seperti itu, dan beliau tidak melakukan yang
demikian (mengangkat tangan) ketika mengangkat kepalanya dari
sujud".
[HR. Muslim juz 1, hal. 292]
عَنْ
اَبِى قِلاَبَةَ اَنَّهُ رَأَى مَالِكَ بْنَ اْلحُوَيْرِثِ اِذَا صَلَّى كَبَّرَ
ثُمَّ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا
رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ حَدَّثَ اَنَّ رَسُوْلَ
اللهِ ص كَانَ يَفْعَلُ ه?كَذَا.
مسلم 1: 293
Dari
Abu Qilabah, bahwasanya ia melihat Malik bin Al-Huwairits, apabila mengerjakan
shalat, ia bertakbir lalu mengangkat kedua tangannya, dan apabila akan ruku'
mengangkat kedua tangannya, juga apabila mengangkat kepalanya dari ruku', ia
mengangkat kedua tangannya. Dan ia menceritakan bahwasanya Rasulullah SAW
berbuat seperti itu.
[HR. Muslim juz 1, hal. 293].
عَنْ
مَالِكِ بْنِ اْلحُوَيْرِثِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ اِذَا كَبَّرَ رَفَعَ
يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا اُذُنَيْهِ. وَ اِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ
حَتَّى يحَاذِيَ بِهِمَا اُذُنَيْهِ. وَ اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ
فَقَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ. فَعَلَ مِثْلَ ذ?لِكَ.
مسلم 1: 293
Dari
Malik bin Huwairits bahwasanya Rasulullah SAW dahulu apabila bertakbir,
mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan dua telinganya. Dan apabila
akan ruku' mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan dua telinganya, dan
apabila mengangkat kepalanya dari ruku' dengan mengucap Sami'alloohu liman hamidah, berbuat
seperti itu.
[HR. Muslim juz 1, hal. 293].
Bersambung………..
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak