POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE

Thaharah (ke-4) Adab buang air (lanjutan)

Posted by

Ahad, 13 Juli 2003/13 Jumadil ula 1424                     Brosur No. : 1186/1226/IF
Thaharah (ke-4)


Adab buang air (lanjutan)
8. Menghindarkan diri dari percikan kencing
عَنْ اَبِى مُوْسَى قَالَ: مَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِلَى دَمَثٍ اِلَى جَنْبِ حَائِطٍ فَبَالَ، وَ قَالَ: اِذَا بَالَ اَحَدُكُمْ فَلْيَرْتَدْ لِبَوْلِهِ. احمد و ابو داود، فى نيل الاوطار 1: 102
Dari Abu Musa, ia berkata : Rasulullah SAW menuju ke suatu tempat yang rendah di dekat dinding, lalu beliau kencing. Kemudian beliau bersabda, “Apabila seseorang diantara kamu kencing, maka pilihlah tempat untuk kencing (agar terhindar dari percikan kencingnya)”. [HR. Ahmad dan Abu Dawud, Nailul Authar juz 1, hal. 102]
9.  Boleh kencing dalam pispot (bejana) karena keperluan.
عَنْ اُمَيْمَةَ بِنْتِ رُقَيْقَةَ عَنْ اُمّهَا قَالَتْ: كَانَ لِلنَّبِيّ ص قَدَحٌ مِنْ عَيْدَانٍ تَحْتَ سَرِيْرِهِ يَبُوْلُ فِيْهِ بِاللَّيْلِ. ابو داود و النسائى، فى نيل الاوطار 1: 105
Dari Umaimah binti Ruqaiqah dari ibunya, ia berkata, “Nabi SAW mempunyai pispot dari kayu. Beliau letakkan di bawah tempat tidur, beliau kencing padanya di malam hari”. [HR. Abu Dawud dan Nasai, Nailul Authar juz 1, hal. 105]
10.  Tempat-tempat terlarang untuk buang air
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَرْجَسٍ قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ يُبَالَ فِى اْلجُحْرِ. احمد و النسائى و ابو داود، فى نيل الاوطار 1: 103
Dari ‘Abdullah bin Sarjas, ia berkata, “Rasulullah SAW melarang kencing dalam liang-liang binatang”. [HR. Ahmad, Nasai dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 103]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِتَّقُوا اللاَّعِنَيْنِ. قَالُوْا وَ مَا اللاَّعِنَانِ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: اَلَّذِى يَتَخَلَّى فِى طَرِيْقِ النَّاسِ اَوْ فِى ظِلّهِمْ. احمد و مسلم و ابو داود، فى نيل الاوطار 1: 103
Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Jauhkanlah dirimu dari buang air di dua tempat yang melaknati”. Para shahabat bertanya, “Apa dua tempat yang melaknati itu, ya Rasulullah ?”. Nabi SAW menjawab, “Yaitu orang berak  di jalan (yang digunakan) manusia berlalu lintas atau di tempat mereka (biasa) berteduh”. [HR. Ahmad, Muslim dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 103]
عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِتَّقُوا اْلمَلاَعِنَ الثَّلاَثَ اْلبَرَازَ فِى اْلمَوَارِدِ وَ قَارِعَةِ الطَّرِيْقِ وَ الظّلّ. ابو داود و ابن ماجه و قال هو مرسل، فى نيل الاطار1: 104
Dari Mu’adz bin Jabal RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Takutlah kamu akan tiga perkara yang melaknati, yaitu : 1. Berak di tempat mata air, 2. di tengah jalan, dan 3. di tempat berteduh”. [HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah. Ibnu Majah bekata, “Hadits ini mursal”, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 104]
عَنْ جَابِرٍ عَنِ النَّبِيّ ص اَنَّهُ نَهَى اَنْ يُبَالَ فِى اْلمَاءِ الرَّاكِدِ. احمد و مسلم و النسائى و ابن ماجه، فى نيل الاوطار1: 105
Dari Jabir, dari Nabi SAW bahwasanya beliau melarang kencing pada air yang tergenang. [HR. Ahmad, Muslim, Nasai dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 105]
11.  Keutamaan beristinjak dengan air
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رض قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَدْخُلُ اْلخَلاَءَ فَاَحْمِلُ اَنَا وَ غُلاَمٌ نَحْوِيْ اِدَاوَةً مِنْ مَاءٍ وَ عَنَزَةً فَيَسْتَنْجِى بِاْلمَاءِ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار1: 119
Dari Anas bin Malik RA, ia berkata, “Suatu ketika Rasulullah SAW masuk ke dalam jamban. Maka saya beserta seorang pemuda yang sebaya saya membawa ember berisi air dan tongkat. Kemudian Nabi SAW (memilih) beristinjak dengan air”. [HR. Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 119]
عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّهَا قَالَتْ: مُرْنَ اَزْوَجَكُنَّ اَنْ يَغْسِلُوْا عَنْهُمْ اَثَرَ اْلغَائِطِ وَ اْلبَوْلِ فَاِنَّا نَسْتَحِى مِنْهُمْ وَ اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَاَن يَفْعَلُهُ. احمد و النسائى و الترمذى، فى نيل الاوطار1: 121
Dari ‘Aisyah RA bahwasanya ia berkata, “Suruhlah suami-suamimu membasuh bekas berak dan kencing dengan air, karena kami malu kepada mereka, dan sesungguhnya Rasulullah SAW berbuat begitu (beristinjak dengan air)”. [HR. Ahmad, Nasai dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 121]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: نَزَلَتْ هذِهِ اْلايَةُ فِى اَهْلِ قُبَاءٍ {فِيْهِ رِجَالٌ يُّحِبُّوْنَ اَنْ يَّتَطَهَّرُوْا وَ اللهُ يُحِبُّ اْلمُطَّهّرِيْنَ}. قَالَ كَانُوْا يَسْتَنْجُوْنَ بِاْلمَاءِ فَنَزَلَتْ فِيْهِمْ هذِهِ اْلايَةُ. ابو داود و الترمذى و ابن ماجه، فى نيل الاوطار1: 121
Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Ayat ini turun berkenaan dengan penduduk Quba’, yaitu : Fiihi rijaaluy yuhibbuuna ay yatathahharuu, walloohu yuhibbul muththahhiriin (Terdapat di dalamnya orang-orang yang suka membersihkan diri dan Allah menyukai orang-orang yang suka membersihkan diri)”. At-Taubah 108. Beliau bersabda, “Mereka beristinjak dengan air, maka turunlah ayat ini berkenaan dengan mereka”. [HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 121]

Mandi Janabat
Mandi janabat dan hal-hal yang berhubungan dengannya
Mandi janabat adalah mandi yang disyariatkan oleh agama bagi orang yang berhadats besar apabila mereka akan shalat.
Adapun hal-hal yang termasuk hadats besar dan wajib mandi, ialah :
a. Sehabis bersetubuh, baik keluar mani maupun tidak.
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا اْلاَرْبَعِ ثُمَّ جَهَدَهَا فَقَدْ وَجَبَ عَلَيْهِ اْلغُسْلُ . احمد و البخارى و مسلم. و لمسلم و احمد: وَ اِنْ لَمْ يُنْزِلْ. فى نيل الاوطار 1: 259
Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW beliau bersabda, “Apabila (seorang diantara kamu) duduk antara anggota badan wanita yang empat (dua kaki dan dua tangannya) kemudian mereka menyetubuhinya, maka sungguh telah wajib mandi atasnya”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim] Dan dalam riwayat Muslim dan Ahmad, ada tambahan, “Meskipun ia tidak keluar mani”. [Dalam Nailul Authar juz 1, hal. 259].
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا قَعَدَ بَيْنَ شُعَبِهَا اْلاَرْبَعِ ثُمَّ مَسَّ اْلخِتَانُ اْلخِتَانَ فَقَدْ وَجَبَ اْلغُسْلُ. احمد و مسلم و الترمذى و صححه و لفظه. اِذَا جَاوَزَ اْلخِتَانُ اْلخِتَانَ وَجَبَ اْلغُسْلُ. نيل الاوطار 1: 260
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila (seseorang diantara kamu) duduk antara anggota badan wanita yang empat (dua kaki dan dua tangannya), kemudian khitan menyentuh khitan, maka sungguh telah wajib mandi”. [HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi, dan Tirmidzi menshahihkannya] Adapun lafadh Tirmidzi : “Apabila khitan melewati khitan, maka wajib mandi”.[HR. Tirmidzi I : 73, dalam.Nailul Authar juz 1 hal. 260]
عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيّ ص قَالَتْ: اِنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ ص عَنِ الرَّجُلِ يُجَامِعُ اَهْلَهُ يُكْسِلُ. هَلْ عَلَيْهِمَا اْلغُسْلُ؟ وَ عَائِشَةُ جَالِسَةٌ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنّى َلاَفْعَلُ ذلِكَ اَنَا وَهذِهِ. ثُمَّ نَغْتَسِلُ. مسلم: 1: 272
Dari ‘Aisyah RA istri Nabi SAW, ia berkata : Sesungguhnya ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW tentang orang laki-laki yang mengumpuli istrinya, tetapi ia tidak keluar mani. Apakah keduanya wajib mandi ?. Pada waktu itu ‘Aisyah sedang duduk (di dekat Nabi SAW). Maka Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya aku pernah melakukannya yang demikian itu, aku dengan istriku ini, kemudian kami mandi”. [Muslim I : 272]
b. Mengeluarkan mani sebab mimpi dan lain-lain
عَنْ عَلِيّ رض قَالَ: كُنْتُ رَجُلاً مَذَّاءً فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ ص فَقَالَ: فِى اْلمَذِيّ اْلوُضُوْءُ وَ فِى اْلمَنِيّ اْلغُسْلُ. احمد و ابن ماجه و الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار1: 257
Dari Ali RA, ia berkata : Aku adalah seorang laki-laki yang banyak mengeluarkan madzi. Maka aku bertanya kepada Nabi SAW tentang hal itu. Nabi SAW menjawab, “Madzi hanya mewajibkan wudlu, dan (keluar) mani mewajibkan mandi”. [HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi dan ia menshahihkannya, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 257]
عَنْ خَوْلَةَ بِنْتِ حَكِيْمٍ اَنَّهَا سَأَلَتِ النَّبِيَّ ص عَنِ اْلمَرْأَةِ تَرَى فِى مَنَامِهَا مَا يَرَى الرَّجُلُ، فَقَالَ: لَيْسَ عَلَيْهَا غُسْلٌ حَتَّى تُنْزِلَ كَمَا اَنَّ الرَّجُلَ لَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ حَتَّى يُنْزِلَ. احمد فى نيل الاوطار 1: 262
Dari Khaulah binti Hakim, bahwasanya ia pernah bertanya kepada Nabi SAW tentang wanita yang bermimpi sebagaimana orang laki-laki bermimpi, maka jawab Nabi SAW, “Wanita itu tidak wajib mandi sehingga ia keluar mani, sebagaimana laki-laki juga tidak wajib mandi sehingga ia keluar mani”. [HR. Ahmad, di dalam Nailul Authar I : 262]
عَنْ خَوْلَةَ بِنْتِ حَكِيْمٍ قَالَتْ: سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص عَنِ اْلمَرْأَةِ تَحْتَلِمُ فِى مَنَامِهَا، فَقَالَ: اِذَا رَأَتِ اْلمَاءَ فَلْتَغْتَسِلْ. النسائى
Dari Khaulah binti Hakim, ia berkata : Saya pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang wanita yang bermimpi dalam tidurnya, maka jawab Rasulullah SAW, “Apabila wanita itu melihat air (mani) hendaklah ia mandi”. [HR. Nasai I : 115]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَنِ الرَّجُلِ يَجِدُ اْلبَلَلَ وَ لاَ يَذْكُرُ احْتِلاَمًا، فَقَالَ: يَغْتَسِلُ. وَ عَنِ الرَّجُلِ يَرَى اَنْ قَدِ احْتَلَمَ وَ لاَ يَجِدُ اْلبَلَلَ، فَقَالَ: لاَ غُسْلَ عَلَيْهِ. فَقَالَتْ اُمُّ سُلَيْمٍ: آلْمَرْأَةُ تَرَى ذلِكَ عَلَيْهَا اْلغُسْلُ؟ قَالَ: نَعَمْ. اِنَّمَا النّسَاءُ شَقَائِقُ الرّجَالِ. الخمسة الا النسائى، فى نيل الاوطار 1: 263
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah ditanya tentang orang laki-laki yang mendapati basah (keluar mani) tetapi ia tidak ingat bahwa ia bermimpi, maka jawab Rasulullah SAW, “(Orang itu wajib) mandi”. Dan Rasulullah SAW pernah ditanya tentang orang laki-laki yang bermimpi tetapi tidak mendapati basahan mani, maka jawab Rasulullah SAW, “Tidak wajib mandi atasnya”. Kemudian Ummu Sulaim bertanya (kepada Rasulullah SAW), “Orang wanita kalau mimpi yang demikian itu apakah juga wajib mandi ?”. Jawab Rasulullah SAW, “Ya, hanyasanya wanita itu saudaranya laki-laki”. [HR. Khamsah, kecuali Nasai, dalam Nailul Authar I : 263]
عَنْ اُمّ سَلَمَةَ قَالَتْ: جَاءَتْ اُمُّ سُلَيْمٍ اِلَى النَّبِيّ ص فَقَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ اللهَ لاَ يَسْتَحْيِى مِنَ اْلحَقّ، فَهَلْ عَلَى اْلمَرْأَةِ مِنْ غُسْلٍ اِذَا احْتَلَمَتْ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: نَعَمْ اِذَا رَأَتِ اْلمَاءَ. فَقَالَتْ اُمُّ سَلَمَةَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَ تَحْتَلِمُ اْلمَرْأَةُ؟ فَقَالَ: تَرِبَتْ يَدَاكِ، فَبِمَ يُشْبِهُهَا وَلَدُهَا؟ مسلم 1: 251
Dari Ummu Salamah, ia berkata : Ummu Sulaim pernah datang kepada Nabi SAW. (Ummu Sulaim) berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu menerangkan kebenaran. Apakah wanita wajib mandi apabila ia mimpi basah ?”. Maka jawab Rasulullah SAW, “Ya, apabila ia melihat air (mani)”. Ummu Salamah bertanya, “Apakah wanita juga bermimpi (keluar mani) ?”. Rasulullah SAW bersabda, “Berdebu  kedua tanganmu, (kalau tidak mengeluarkan mani) maka dengan apa anaknya itu menyerupainya ?”. [HR. Muslim I : 251]
c. Wanita setelah selesai haidl/nifas dan hendak shalat
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ اَبِى حُبَيْشٍ كَانَتْ تُسْتَحَاضُ فَسَأَلَتِ النَّبِيَّ ص فَقَالَ:ذلِكِ عِرْقٌ وَ لَيْسَتْ بِاْلحَيْضَةِ.فَاِذَا اَقْبَلَتِ اْلحَيْضَةُ فَدَعِى الصَّلاَةَ، فَاِذَا اَدْبَرَتْ فَاغْتَسِلِى وَ صَلّى. البخارى1: 82
Dari ‘Aisyah RA, bahwasanya Fathimah binti Abu Hubaisy dulu menderita istihadhah, lalu ia bertanya kepada Nabi SAW. Maka Nabi SAW bersabda, “Yang demikian itu adalah (gangguan) urat, bukan darah haidl. Karena itu apabila datang haidl, tinggalkanlah shalat dan apabila sudah selesai (haidl itu), mandilah dan shalatlah”. [HR. Bukhari juz 1 hal 82]

Bersambung........


Demo Blog NJW V2 Updated at: Oktober 17, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang bijak