Ahad,
02 Juli 2000/29 Rabi’ul awwal 1421
Brosur no. : 1041/1081/IF
Halal
Haram Dalam Islam (ke-33)
Firman
Allah SWT :
وَ
مَا اَنْفَقْتُمْ مّنْ نَفَقَةٍ اَوْ نَذَرْتُمْ مّنْ نَذْرٍ فَإِنَّ اللهَ
يَعْلَمُهُ وَ مَا لِلظّلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ. البقرة:270
Apa
saja yang kamu nafkahkan atau apa saja yang kamu nadzarkan, maka sesungguhnya
Allah mengetahuinya. Orang-orang yang berbuat dhalim tidak ada seorang
penolongpun baginya.
[QS. Al-Baqarah : 270]
لاَ
يُؤخِذُكُمُ اللهُ بِاللَّغْوِ فِيْ اَيْمَانِكُمْ وَ لكِنْ يُّؤَاخِذُكُمْ بِمَا
عَقَّدْتُمُ اْلاَيْمَانَ فَكَفَّارَتُه اِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِيْنَ مِنْ
اَوْسَطِ مَا تُطْعِمُوْنَ اَهْلِيْكُمْ اَوْ كِسْوَتُهُمْ اَوْ تَحْرِيْرُ
رَقَبَةٍ، فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلاَثَةِ اَيَّامٍ، ذلِكَ كَفَّارَةُ
اَيْمَانِكُمْ اِذَا حَلَفْتُمْ وَ احْفَظُوْا اَيْمَانَكُمْ كَذلِكَ يُبَيّنُ
اللهُ لَكُمْ ايتِه لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ. المائدة:89
Allah
tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk
bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu
sengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang
miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau
memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barangsiapa tidak
sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang
demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu
langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu
hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya).
[QS. Al-Maidah : 89]
1.
Nadzar yang harus dipenuhi.
عَنْ
ثَابِتِ بْنِ الضَّحَّاكِ قَالَ: نَذَرَ رَجُلٌ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ ص اَنْ
يَنْحَرَ اِبِلاً بِبُوَانَةَ، فَاَتَى النَّبِيَّ ص فَقَالَ: اِنِّى نَذَرْتُ اَنْ
اَنْحَرَ اِبِلاً بِبُوَانَةَ. فَقَالَ النَّبِيُّ ص: هَلْ كَانَ فِيْهَا وَثَنٌ
مِنْ اَوْثَانِ اْلجَاهِلِيَّةِ يُعْبَدُ؟ قَالُوْا: لاَ. قَالَ: هَلْ كَانَ
فِيْهَا عِيْدٌ مِنْ اَعْيَادِهِمْ؟ قَالُوْا: لاَ. قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَوْفِ
بِنَذْرِكَ، فَاِنَّهُ لاَ وَفَاءَ لِنَذْرٍ فِى مَعْصِيَّةِ اللهِ، وَ لاَ فِيْمَا
لاَ يَمْلِكُ ابْنُ آدَمَ. ابو داود
Dari
Tsabit bin Dlahhak RA dia berkata, ada seorang laki-laki bernadzar di masa
Rasulullah SAW untuk menyembelih unta di Buwanah. Lalu orang itu datang kepada
Nabi SAW dan berkata, “Sesungguhnya saya bernadzar untuk menyembelih seekor unta
di Buwanah”. Maka Nabi SAW bertanya, “Apakah di sana ada sebuah patung jahiliyah
yang disembah ?”. Shahabat menjawab, “Tidak ada”. Beliau bertanya, “Adakah di
sana upacara hari raya mereka ?”. Jawab shahabat, “Tidak ada”. Rasulullah SAW
bersabda, “Laksanakanlah nadzarmu, sesungguhnya tidak boleh dilaksanakan nadzar
untuk makshiyat kepada Allah, dan tidak pula sesuatu yang tidak dimiliki anak
Adam”.
[HR. Abu Dawud]
عَنْ
عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ اَنَّ امْرَأَةً اَتَتِ
النَّبِيَّ ص فَقَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنِّى نَذَرْتُ اَنْ اَضْرِبَ عَلَى
رَأْسِكَ بِالدُّفِّ. قَالَ: اَوْفِى بِنَذْرِكِ. قَالَتْ: اِنِّى نَذَرْتُ اَنْ
اَذْبَحَ بِمَكَانٍ كَذَا وَ كَذَا، مَكَانٌ كَانَ يَذْبَحُ فِيْهِ اَهْلُ
اْلجَاهِلِيَّةِ، قَالَ: لِصَنَمٍ؟ قَالَتْ: لاَ. قَالَ: لِوَثَنٍ؟ قَالَتْ: لاَ.
قَالَ: اَوْفِى بِنَذْرِكِ. ابو داود
Dari
‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, bahwa seorang perempuan
mendatangi Nabi SAW dan berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya bernadzar
untuk memukul rebana di hadapan engkau”. Beliau bersabda, “Laksanakanlah
nadzarmu”. Kata wanita itu, “Sesungguhnya saya bernadzar untuk menyembelih di
tempat ini dan ini, suatu tempat yang biasa digunakan orang-orang jahiliyah
untuk menyembelih”. Beliau bersabda, “ (Menyembelih) untuk patung ?”. Jawab
wanita itu, “Tidak”. Beliau bertanya, “Untuk berhala ?”. Jawab wanita itu,
“Tidak”. Beliau bersabda, “Laksanakanlah nadzarmu”.
عَنْ
كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ فِى قِصَّتِهِ قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ مِنْ
تَوْبَتِى اِلَى اللهِ اَنْ اُخْرِجَ مِنْ مَالِى كُلِّهِ اِلَى اللهِ وَ اِلَى
رَسُوْلِهِ صَدَقَةً. قَالَ: لاَ. قُلْتُ: فَنِصْفَهُ. قَالَ: لاَ. قُلْتُ:
ثُلُثَهُ: قَالَ: نَعَمْ. قُلْتُ: فَاِنِّى سَاُمْسِكُ سَهْمِيَ من خَيْبَرَ. ابو
داود
Dari
Ka’ab bin Malik dalam kisahnya ia berkata : Aku berkata, “Wahai Rasulullah,
sesungguhnya diantara taubatku kepada Allah, aku akan menyerahkan semua hartaku
kepada Allah dan Rasul-Nya sebagai sedeqah”. Nabi SAW bersabda, “Jangan”. Aku
berkata, “Bagaimana kalau separohnya ?”. Nabi SAW bersabda, “Jangan”. Aku
berkata, “Bagaimana kalau sepertiganya ?”. Nabi SAW bersabda, ”Ya”. Aku berkata,
“Maka aku akan menahan bagianku yang berada di Khaibar”.
[HR. Abu Dawud]
2.
Nadzar yang tidak boleh dilaksanakan
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ نَذَرَ اَنْ يُطِيْعَ اللهَ
فَلْيُطِعْهُ، وَ مَنْ نَذَرَ اَنْ يَعْصِىَ اللهَ فَلاَ يَعْصِهِ. ابو داود و
البخارى و الترمذى و النسائى و ابن ماجه
Dari
Aisyah RA, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa bernadzar untuk
thaat kepada Allah, hendaklah ia mentaati-Nya. Dan barangsiapa bernadzar untuk
mendurhakai Allah, maka janganlah ia mendurhakai-Nya”.
[HR. Abu Dawud, Bukhari, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص اَدْرَكَ شَيْخًا يَمْشِى بَيْنَ ابْنَيْهِ
يَتَوَكَّأُ عَلَيْهِمَا. فَقَالَ النَّبِيُّ ص: مَا شَأْنُ هذَا؟ فَقَالَ
ابْنَاهُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، كَانَ عَلَيْهِ نَذْرٌ.فَقَالَ النَّبِيُّ ص:
اِرْكَبْ اَيُّهَا الشَّيْخُ، فَاِنَّ اللهَ غَنِيٌّ عَنْكَ وَ عَنْ نَذْرِكَ.
مسلم
Dari
Abu Hurairah, bahwasanya Nabi SAW bertemu dengan seorang tua yang berjalan
dipapah kedua anaknya. Beliau bertanya, “Mengapa orang ini ?”. Kedua anaknya
berkata, “Wahai Rasulullah, ia bernadzar”. Beliau bersabda, “Berkendaraanlah hai
orang tua. Allah tidak butuh kamu dan nadzarmu”.
[HR. Muslim]
عَنْ
عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ رض اَخْبَرَهُ اَنَّهُ سَأَلَ النَّبِيَّ ص عَنْ اُخْتٍ لَهُ
نَذَرَتْ اَنْ تَحُجَّ حَافِيَةً غَيْرَ مُخْتَمِرَةٍ فَقَالَ: مُرُوْهَا
فَلْتَخْتَمِرْ وَ لْتَرْكَبْ وَ لْتَصُمْ ثَلاَثَةَ اَيَّامٍ. ابو داود و الترمذى
و النسائى و ابن ماجه و قال الترمذى
Dari
‘Uqbah bin Amir RA, ia memberitahukan kepada (‘Abdullah bin Malik) bahwa dia
bertanya kepada Nabi SAW tentang saudara perempuannya yang bernadzar untuk naik
haji tanpa beralas kaki, lagi tanpa tutup kepala. Maka beliau bersabda,
“Suruhlah dia memakai tutup kepala, dan berkendaraan. Lalu hendaklah ia berpuasa
tiga hari”.
[HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ اِلَى النَّبِيِّ ص فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ
اللهِ، اِنَّ اُخْتِى نَذَرَتْ يَعْنِى اَنْ تَحُجَّ مَشِيَةً. فَقَالَ النَّبِيُّ
ص: اِنَّ اللهَ لاَ يَصْنَعُ بِشَقَاءِ اُخْتِكَ شَيْئًا، فَلْتَحُجَّ رَاكِبَةً وَ
لْتُكَفِّرْ عَنْ يَمِيْنِهَا. ابو داود
Dari
Ibnu Abbas RA, dia berkata, Seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW dan
berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saudara perempuanku bernadzar dengan
maksud berhaji berjalan kaki”. Maka Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah sama
sekali tidak membuat saudara perempuanmu celaka. Maka hendaklah dia berhajji
dengan berkendaraan, dan bayarlah kaffarah sumpahnya”.
[HR. Abu Dawud]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: بَيْنَمَا النَّبِيُّ ص يَخْطُبُ اِذَا هُوَ بِرَجُلٍ
قَائِمٍ بِالشَّمْسِ فَسَأَلَ عَنْهُ، فَقَالُوْا: هذَا اَبُوْ اِسْرَائِيْلَ
نَذَرَ اَنْ يَقُوْمَ وَ لاَ يَقْعُدَ وَ لاَ يَسْتَظِلَّ وَ لاَ يَتَكَلَّمَ وَ
يَصُوْمَ. قَالَ: مُرُوْهُ فَلْيَتَكَلَّمْ وَ لْيَسْتَظِلَّ وَ لْيَقْعُدْ وَ
لْيُتِمَّ صَوْمَهُ. ابو داود و البخارى و ابن ماجه
Dari
Ibnu Abbas RA dia berkata : Sewaktu Nabi SAW berkhutbah, lalu
ada
seorang laki-laki berdiri di terik matahari. Maka beliau menanyakannya. Shahabat
menjawab, “Ini Abu Israil. Dia bernadzar untuk berdiri tidak duduk, tidak
berteduh, tidak berbicara dan ia berpuasa”. Beliau bersabda, “Suruhlah dia
berbicara, berteduh, duduk dan hendaklah dia menyempurnakan
puasanya”.
[HR. Abu Dawud, Bukhari dan Ibnu Majah]
3.
Kaffarah nadzar sama dengan kaffarah sumpah
عَنْ
عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص قَالَ: كَفَّارَةُ النَّذْرِ
كَفَّارَةُ اْليَمِيْنِ. مسلم
Dari
‘Uqbah bin Amir dari Rasulullah SAW beliau bersabda, “Kaffarah nadzar itu sama
dengan kaffarah sumpah”.
[HR. Muslim]
عَنْ
عَائِشَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: لاَ نَذْرَ فِى مَعْصِيَةٍ وَ كَفَّارَتُهُ
كَفَّارَةُ يَمِيْنٍ. ابو داود و الترمذى و ابن ماجه
Dari
Aisyah RA, bahwa Nabi SAW bersabda, “Tak ada nadzar dalam kemaksiatan. Dan
kaffarahnya adalah kaffarah sumpah”.
[HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah]
4.
Nadzar ketika masih kafir
عَنْ
عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رض اَنَّهُ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنِّى نَذَرْتُ
فِى اْلجَاهِلِيَّةِ اَنْ اَعْتَكِفَ فِى اْلمَسْجِدِ اْلحَرَامِ لَيْلَةً. فَقَالَ
لَهُ النَّبِيُّ ص: اَوْفِ بِنَذْرِكَ. ابو داود و البخارى و مسلم و الترمذى و
النسائى و ابن ماجه
Dari
Umar bin Khaththab RA, bahwa dia berkata, “Wahai Rasulullah,
sesungguhnya
di masa jahiliyah saya bernadzar untuk beri’tikaf di Masjidil Haram semalam”.
Maka Nabi SAW bersabda kepadanya, “Laksanakanlah nadzarmu”.
[HR. Abu Dawud, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu
Majah]
5.
Nadzar shalat di Baitul Maqdis
عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رض اَنَّ رَجًلاً قَامَ يَوْمَ اْلفَتْحِ فَقَالَ: يَا
رَسُوْلَ اللهِ، اِنِّى نَذَرْتُ ِللهِ اِنْ فَتَحَ اللهُ عَلَيْكَ مَكَّةَ اَنْ
اُصَلِّيَ فِى بَيْتِ اْلمَقْدِسِ رَكْعَتَيْنِ. قَالَ: صَلِّ هَاهُنَا. ثُمَّ
اَعَادَ عَلَيْهِ. فَقَالَ صَلِّ هَاهُنَا. ثُمَّ اَعَادَ عَلَيْهِ فَقَالَ:
شَأْنَكَ اِذَنْ. ابو داود
Dari
Jabir bin Abdillah RA, bahwa seorang laki-laki berdiri pada hari Fathu Makkah.
Lalu dia berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya bernadzar karena Allah.
Jika Allah menaklukkan Makkah kepada engkau, saya akan mengerjakan shalat dua
rekaat di Baitul Maqdis”. Beliau bersabda, “Shalatlah di sini”. Kemudian orang
itu mengulangi perkataannya kepada beliau, maka beliau bersabda, “Shalatlah di
sini”. Kemudian orang itu mengulangi lagi perkataannya kepada beliau, maka
beliau bersabda, “Terserah kamu, kalau begitu”.
[HR. Abu Dwud]
عَنْ
عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ عَنْ رِجَالٍ مِنْ اَصْحَابِ النَّبِيِّ
ص بِهذَا اْلخَبَرَ. زَادَ: فَقَالَ النَّبِيُّ ص وَ الَّذِى بَعَثَ مُحَمَّدًا
بِاْلحَقِّ، لَوْ صَلَّيْتَ هَاهُنَا َلاَجْزَأَ عَنْكَ صَلاَةً فِى بَيْتِ
اْلمُقَدَّسِ. ابو داود
Dari
Umar bin Abdurrahman bin Auf, dari beberapa orang laki-laki shahabat Nabi SAW
meriwayatkan dengan hadits ini, dan dia menambahkan : Maka Nabi SAW bersabda,
“Demi Dzat yang mengutus Muhammad dengan haq, kalau kamu shalat di sini, tentu
cukup bagimu sebagai pengganti shalat di Baitul Maqdis”.
[HR. Abu Dawud]
6.
Orang yang suka bernadzar itu biasanya orang bakhil
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ: اَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَوْمًا يَنْهَانَا عَنِ
النَّذْرِ وَ يَقُوْلُ: اِنَّهُ لاَ يَرُدُّ شَيْئًا، وَ اِنَّمَا يُسْتَخْرَجُ
بِهِ مِنَ الشَّحِيْحِ. مسلم
Dari
Abdullah bin Umar RA, dia berkata : Pada suatu hari Rasulullah SAW melarang kami
dari bernadzar dan beliau bersabda, “Sesungguhnya nadzar tidak bisa menolak
sesuatu, dan hanyasanya dengan nadzar itu sesuatu dikeluarkan dari orang
bakhil”.
[HR. Muslim]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ ص اَنَّهُ قَالَ: النَّذْرُ لاَ يُقَدِّمُ شَيْئًا وَ
لاَ يُؤَخِّرُهُ وَ اِنَّمَا يُسْتَخْرَجُ بِهِ مِنَ اْلبَخِيْلِ. مسلم
Dari
Ibnu ‘Umar, dari Nabi SAW bahwasanya beliau bersabda, “Nadzar itu tidak bisa
menyegerakan sesuatu dan tidak bisa mengundurkannya. Sesungguhnya dengan nadzar
itu dikeluarkan sesuatu dari orang yang bakhil”.
[HR. Muslim]
~oO[
A ]Oo~
[Bersambung]
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak