POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE

Sujud Sahwi, Sujud Syukur dan Sujud Tilawah

Posted by

Ahad, 24 Agustus 1997/20 Rabi'ul Akhir 1418                 Brosur No. 897/937/IF

Sujud Sahwi, Sujud Syukur dan Sujud Tilawah



Sujud Sahwi :
Sujud Sahwi adalah sujud karena lupa, maksudnya : sujud dua kali karena terlupa salah satu rukun shalat, baik kelebihan maupun kekurangan dalam melaksanakannya.
قَالَ عَبْدُ اللهِ بـْنُ بُحَيْنَةَ، قَامَ رَسُوْلُ اللهِ ص فِى صَلاَةِ الظُّهْرِ وَ عَلَـيْهِ جُلُـوْسٌ فَـلَمَّا اَتـَمَّ صَلاَتــَهُ سَجَدَ سَجْدَتَـيْنِ يُكَبِّرُ فِى كُلِّ سَجْدَةٍ وَ هُوَ جَالـِسٌ قَبْلَ اَنْ يُسَلِّمَ وَ سَجَدَهُمَا النـَّاسُ مَعَهُ مَكَانَ مَا نَسِيَ مِنَ اْلجُـلُوْسِ. مسلم
Abdullah bin Buhainah berkata : "Rasulullah SAW pernah bangkit berdiri dalam shalat Dhuhur padahal mestinya duduk (attahiyat awwal), maka setelah selesai shalat, sebelum salam dengan duduk beliau bersujud dua kali, dan beliau bertakbir pada tiap-tiap sujud dan para makmum juga mengerjakan sebagaimana yang dikerjakan beliau untuk mengganti duduk (attahiyat) yang terlupa itu". [HR. Muslim].
قَالَ اَبُـوْ هُرَيـْرَةَ: صَلَّى لَنـَا رَسُوْلُ اللهِ ص صَلاَةَ اْلعَصْرِ فَسَلَّمَ فِى رَكْـعَتَـيْنِ، فَقَامَ ذُو اْليَدَيـْنِ فَقَالَ: اَقُصِرَتِ الصَّلاَةُ اَمْ نَـسِيْتَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: كُلُّ ذلِكَ لَمْ يَكُنْ. فَقَالَ: قَدْ كَانَ بَعْضُ ذلِكَ يَـارَسُوْلَ اللهِ. فَاَقْـبَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص فَقَالَ: اَصَدَقَ ذُو اْليَدَيـْنِ؟ قَالُـوْا: نَعَمْ يَا رَسُوْلَ اللهِ. فَاَتـَمَّ رَسُوْلُ اللهِ ص، مَا بَـقِيَ مِنَ الصَّلاَةِ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَـيْنِ وَ هُوَ جَالـِسٌ بَعْدَ التَّسْلـِيْمِ. مسلم
Telah berkata Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah shalat 'Ashar menjadi imam bagi kami, lalu beliau salam sehabis 2 rakaat, maka ber-dirilah (seorang shahabat yang panggilannya) Dzul-yadain dan bertanya: "Ya Rasulullah ! Apakah shalat ini diqashar atau engkau lupa ?" Rasulullah SAW menjawab : "Semua itu tidak terjadi". Dia berkata : "Ya Rasulullah ! salah satu dari (dua) itu telah terjadi". Maka Rasulullah SAW menghadap (shahabat-shahabat yang lain) sambil bertanya : "Benarkah Dzulyadain ?" Jawab para shahabat : "Betul, ya Rasulullah". Lalu Rasulullah SAW menyempurnakan shalat yang kurang itu, kemudian sujud dua kali dengan duduk sesudah salam. [HR. Muslim]
قَالَ عِمْرَانُ بـْنُ حُصَيْنٍ: صَلَّى رَسُوْلُ اللهِ ص اْلعَصْرَ فَسَلَّمَ فِى ثَلاَثِ رَكَعَاتٍ ثُمَّ دَخَلَ مَنْزِلَهُ فَقَامَ اِلَـيْهِ رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ اْلخِرْبَاقُ وَ كَانَ فِى يَدَيـْهِ طُوْلٌ، فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، فَذَكَرَ صَنِيْعَهُ فَخَرَجَ غَضْبَانَ يَجُرُّ رِدَاءَهُ حَتَّى انْـتَـهَى اِلىَ النَّاسِ فَقَالَ: اَصَدَقَ هَذَا؟ قَالُـوْا: نَعَمْ. فَصَلَّى رَكْـعَـةً ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَـيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ. مسلم
Telah berkata 'Imran bin Hushain, Rasulullah SAW pernah shalat 'Ashar lalu salam pada rekaat ketiga, kemudian beliau masuk ke rumahnya. Maka seorang shahabat yang bernama Khirbaq (yang panjang dua tangannya) memanggil Rasulullah SAW sambil menceritakan kejadian itu, maka Rasulullah SAW keluar dengan marah serta menghela selendangnya sehingga sampai kepada orang banyak, lalu bertanya : "Betulkah orang ini ?" Shahabat-shahabat menjawab : "Betul". Kemudian Rasulullah SAW shalat satu rekaat, lalu salam, kemudian sujud (Sahwi) dua kali kemudian salam (lagi). [HR. Muslim]
قَالَ عَبْدُ اللهِ: صَلَّى بِنَا رَسُوْلُ اللهِ ص خَمْسًا، فَـلَمَّا انْـفَتَلَ تَـوَشْوَشَ اْلـقَوْمُ بَـيْنَهُمْ، فَقَالَ: مَا شَأْنـُـكُمْ؟ قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ هَلْ زِيـْدَ فِى الصَّلاَةِ؟ قَالَ: لاَ، قَالُوْا: فَإِنَّـكَ قَدْ صَلَّـيْتَ خَمْسًا، فَانْـفَتَلَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَـيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ. مسلم
Telah berkata Abdullah : Rasulullah SAW pernah shalat bersama kami lima rakaat. Setelah selesai shalat, shahabat-shahabat berbisik-bisik diantara mereka. Maka Rasulullah SAW bertanya : "Ada apa kalian ?" Mereka menjawab : "Ya Rasulullah, apakah shalat ini ditambah ?" Rasulullah SAW menjawab : "Tidak". Shahabat-shahabat berkata : "Sesungguhnya engkau telah shalat lima rakaat". Maka Nabi SAW berpaling dan sujud dua kali kemudian salam. [HR. Muslim]
Rasulullah SAW bersabda :
اِذَا شَكَّ اَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ فَلْـيَتَحَرَّ الصَّوَابَ فَلْـيُتِمَّ عَلَـيْهِ ثُمَّ لْـيُسَلِّمْ ثُمَّ لْـيَسْجُدْ سَجْدَتَـيْنِ. مسلم
Apabila seorang daripada kamu syak (ragu-ragu) di dalam shalatnya, hendaklah ia pilih yang mendekati benar, lalu ia sempurnakan menurut pilihan itu. Kemudian salam, lalu hendaklah ia sujud dua kali.
[HR. Muslim]
اِذَا شَكَّ اَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ فَـلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى، ثَلاَثــًا اَوْ اَرْبَعًا فَلـْيَطْرَحِ الشَّكَّ وَ لْـيَـبْنِ عَلَى مَا اسْتَـيْـقَنَ ثُمَّ يَـسْجُدُ سَجْدَتَـيْنِ قَـبْلَ اَنْ يُـسَلِّمَ. مسلم
Apabila seorang daripada kamu syak (ragu-ragu) di dalam shalatnya, yaitu ia tidak tahu apakah ia telah shalat tiga atau empat rakaat, maka hendaklah ia buang yang syak (ragu-ragu) dan kerjakan mana yang ia yaqini, kemudian ia sujud dua kali sebelum salam. [HR. Muslim]
اِذَا قَامَ اَحَدُكُمْ مِنَ الـرَّكْـعَتَـيْنِ فَـلَمْ يَـسْتَتِمَّ قَائِمًا فَـلْيَجْلِسْ، وَ اِنِ اسْتَتَمَّ قَائِمًا فَلاَ يَجْلـِسْ وَ يَـسْجُدُ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ. ابو داود و ابن ماجه ضعيف
Apabila seorang daripada kamu bangkit berdiri sesudah dua rakaat, tetapi belum sempurna berdiri, maka hendaklah ia duduk; dan kalau ia telah sempurna berdiri, maka janganlah ia duduk, dan (nanti) ia sujud sahwi dua kali. [HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, Dla'if]
Keterangan :
Dari hadits-hadits di atas dapat diambil pengertian sebagai berikut :
1.  Orang yang lupa duduk Attahiyat Awwal, orang yang lupa pada rakaat kedua sudah salam padahal masih ada satu atau dua rakaat lagi yang seharusnya ia sempurnakan, maupun orang yang shalat kelebihan rakaat dari yang semestinya, itu semua diperintah Sujud Sahwi dua kali.
2.  Sujud Sahwi itu memakai takbir.
3.  Sujud Sahwi itu ada sebelum salam, dan ada sesudah salam, dan ada pula salam dua kali, yaitu untuk shalat sekali dan untuk Sujud Sahwi sekali.
4.  Kalau kita syak (ragu-ragu) tentang rakaat shalat, hendaklah kita ambil yang yaqin, lalu kita sempurnakan.
5.  Tidak ada bacaan yang khusus untuk Sujud Sahwi ini.
Sujud Syukur
Sujud Syukur ialah sujud terima kasih, yaitu sujud satu kali di waktu mendapat keuntungan yang menyenangkan atau terhindar dari kesusahan yang besar.
قَالَ اَبـُوْ بَكْرَةَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا جَاءَهُ اَمْرٌ يَسُرُّهُ خَرَّ سَاجِدًا ِللهِ. ابو داود
Telah berkata Abu Bakrah : "Adalah Nabi SAW apabila mendapat khabar yang menyenangkan hati, beliau tunduk sujud karena Allah". [HR. Abu Dawud]
قَالَ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ: سَجَدَ رَسُوْلُ اللهِ ص فَـاَطَالَ السُّجُوْدَ، ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ: اِنَّ جِبْرِيـْلَ اَتــَانِى فَبَشَّرَنــِى فَسَجَدْتُ ِللهِ شُكْرًا. احمد و الحاكم
Telah berkata Abdurrahman bin 'Auf : Rasulullah SAW pernah sujud yang lama, kemudian beliau mengangkat kepalanya lalu bersabda : "Sesungguhnya telah datang Jibril memberi khabar yang menyenangkan kepadaku, lantaran itu aku sujud karena syukur kepada Allah".
[HR. Ahmad dan Hakim]
قَالَ اْلبَرَاءُ بْنُ عَازِبٍ: بَعَثَ النَّبِيُّ ص عَلـِيًّا اِلىَ اْليَمَنِ ... فَكَتَبَ عَلِيٌّ بِـإِسْلاَمِهِمْ. فَـلَـمَّا قَرَأَ رَسُوْلُ اللهِ ص اْلكِـتَابَ خَرَّ سَاجِدًا شُكْرًا ِللهِ تَعَالىَ عَلَى ذلِكَ. البيهقى
Telah  berkata Al-Bara' bin 'Azib : "Nabi SAW pernah mengutus 'Ali ke Yaman ... Kemudian 'Ali menulis surat tentang orang-orang disana yang masuk Islam. Maka setelah Rasulullah SAW membaca surat itu, beliau tunduk sujud syukur karena Allah Ta'ala atas hal itu". [HR. Baihaqi]
Keterangan :
Dari hadits-hadits tersebut dapat diambil pengertian sebagai berikut :
1.  Sujud syukur itu dilakukan karena satu keuntungan yang didapat atau satu kesusahan yang tertolak.
2.  Sujud syukur itu hanya sekali sujud.
3.  Untuk sujud itu tidak perlu wudlu.
4.  Hukum sujud tersebut sunnat.
5.  Tidak disyaratkan Takbir, Attahiyat atau Salam untuk Sujud tersebut.
6.  Tidak ada bacaan yang khusus untuk Sujud Syukur ini.
Sujud Tilawah
Sujud Tilawah ialah sujud diwaktu membaca atau mendengar ayat-ayat sajadah.
قَالَ عَمْرٌو بْنُ اْلعـَاِص: اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص اَقْرَأَنـِى خَمْسَ عَشْرَةَ سَجْدَةً فِى اْلقُرْآنِ، مِنْهَا ثَلاَثٌ فِى المُفَصَّلِ وَ فِى اْلحَجِّ سَجْدَتَــانِ. ابو داود و ابن ماجه
Telah berkata 'Amr bin 'Ash : "Sesungguhnya Rasulullah SAW telah mengajar saya lima belas (ayat) sujud di dalam Al-Qur'an. Tiga dari padanya di surah yang pendek-pendek, dan dua di surah Al-Hajji".
[HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah]
قَالَ عُمَرُ: اَيـَّهَا النَّـاسُ! اِنَّـا لَمْ نُـؤْمَرُ بِالسُّجُوْدِ، فَمَنْ سَجَدَ فَـقَدْ اَصَابَ، وَ مَنْ لَمْ يَـسْجُدُ فَلاَ اِثْمَ عَلَـيْهِ. البخارى
Telah berkata 'Umar : "Hai manusia ! kita tidak diperintah sujud (tilawah). Barangsiapa sujud, ia mendapat pahala; dan barangsiapa tidak sujud, tidaklah ia berdosa". [HSR. Bukhari]
قَالَ زَيـْدُ بْنُ اَسْلَمَ: اِنَّ غُلاَمًا قَرَأَ عِنْدَ النَّبِيِّ ص السَّجْدَةَ فَانْـتَظَرَ اْلغُلاَمُ النَّبِيَّ ص، فَـلَمْ يَسْجُدْ، قَالَ: يَـا رَسُوْلَ اللهِ، لَيْسَ فِى هذِهِ السَّجْدَةِ سُجُوْدًا؟ قَالَ ص: بَلَى وَ لكِنَّكَ كُـنْتَ اِمَامَنَا فِيْهَا وَ لَـوْ سَجَدْتَ لَسَجَدْنَـا. ابن ابى شيبة
Telah berkata Zaid bin Aslam : Sesungguhnya ada seorang pemuda membaca ayat sujud disisi Nabi SAW dan ia menunggu Nabi SAW sujud, tetapi Nabi SAW tidak sujud. Maka ia bertanya : "Ya Rasulullah ! Apakah di ayat sujud ini tidak ada sujud ?" Jawab Rasulullah SAW : "Ada ! Tetapi engkau jadi imam kami tentang itu. Jika engkau sujud, niscaya kami sujud". [HSR. Ibnu Abi Syaibah]
قَالَ اَبـُوْ رَافِعٍ: صَلَّـيْتُ مَعَ اَبِى هُرَيـْرَةَ اْلعَتَمَةَ فَقَرَأَ اِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ، فَسَجَدَ فِيْهَا فَـقُـلْتُ: مَا هذِهِ؟ فَقَالَ: سَجَدْتُ بِهَا خَلْفَ اَبِى اْلقَـاسِمِ ص. فَمَا اَزَالُ اَسْجُدُ فِيْهَا حَتَّى اَلــْقَاهُ. البخارى و مسلم
Telah berkata Abu Rafi' : "Saya pernah shalat 'Isyak dengan Abu Hurairah, dan ia membaca surah Al-Insyiqaq, lalu ia sujud padanya, maka (setelah selesai shalat) saya bertanya : "Apa ini ?" Ia menjawab : "Saya pernah sujud pada ayat itu dibelakang Abul Qasim SAW dan saya akan terus sujud padanya hingga saya bertemu beliau". [HSR. Bukhari dan Muslim]
قَالَ ابْنُ عُمَرَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَقْرَأُ عَلَـيْنَا اْلـقُرْآنَ فَاِذَا مَرَّ بِالسَّجْدَةِ كَـبَّرَ وَ سَجَدَ وَ سَجَدْنَـا. ابو داود
Telah berkata Ibnu 'Umar : "Nabi SAW pernah membaca Al-Qur'an untuk kami. Maka apabila sampai di ayat Sujud, beliau takbir dan sujud, maka kami juga turut sujud". [HR. Abu Dawud]
Keterangan :
Riwayat ini ada yang menganggap lemah, dan ada yang menganggap shahih. Lantaran itu ada ulama yang berpendapat sujud Tilawah itu lebih baik  pakai takbir.
اَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يَـسْجُدُ عَلَى غَيْرِ وُضُوْءٍ. البخارى
Bahwasanya Ibnu Umar sujud (tilawah) dengan tidak berwudlu. [HSR. Bukhari]
قَالَتْ عَائِشَةُ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَقُوْلُ فِى سُجُوْدِ اْلـقُرْآنِ بِاللَّـيْلِ: سَجَدَ وَجْهِى ِللَّذِى خَلَـقَهُ وَ شَقَّ سَمْعَهُ وَ بَصَرَهُ بِحَوْلــِهِ وَ قُوَّتــِهِ. ابو داود
Telah berkata 'Aisyah : "Adalah Nabi SAW membaca pada sujud Al-Qur'an (sujud tilawah) pada malam hari : Sajada wajhii lilladzii kholaqohu wa syaqqo sam'ahu wa bashorohu bihaulihi wa quwwatihi (Bersujud diriku kepada Tuhan yang telah menciptakannya dan membuatnya mendengar dan melihat dengan kekuatan dan kekuasaan-Nya. [HR. Abu Dawud]
Keterangan :
Dari hadits-hadits dan riwayat diatas dapat diambil pengertian sebagai berikut :
1.  Sujud Tilawah itu hanya sekali sujud
2.  Sujud Tilawah hukumnya sunnah
3.  Kita tidak sunat sujud kalau yang membaca ayat itu tidak sujud, sedang kalau yang membaca ayat itu sujud, kita juga sujud walaupun di dalam shalat.
4.  Tidak perlu wudlu dahulu.
5.  Di dalam sujud tersebut membaca :
            سَجَدَ وَجْهِى ِللَّذِى خَلَـقَهُ وَ شَقَّ سَمْعَهُ وَ بَصَرَهُ بِحَوْلــِهِ وَ قُوَّتــِهِ
6. Ayat-ayat sajdah ada lima belas.
7. Ada yang berpendapat "lebih baik pakai takbir".
Ayat-ayat Sajdah :
  1.  Al-A'raf : 206            6.  Al-Hajj : 18             11.  Ash-Shaad : 24
  2.  Ar-Ra'd : 15             7.  Al-Hajj : 77             12.  Fushshilat : 38
  3.  An-Nahl : 50             8.  Al-Furqaan : 60      13.  An-Najm : 62
  4.  Al-Israa' : 109           9.  An-Naml : 26         14.  Al-Insyiqaq : 21
  5.  Maryam : 58          10.  As-Sajdah : 15       15.  Al-'Alaq : 19

~oO( O )Oo~


Demo Blog NJW V2 Updated at: November 10, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang bijak