Ahad,
28 Pebruari 1999/12 Dzulqa'dah 1419 Brosur no. :
971/1011/IF
Halal
Haram Dalam Islam (ke-10)
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ
فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ. احمد و ابن ماجه و الدارقطنى و صححه
Dari
Ibnu Umar, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Minuman yang dalam jumlah banyak
memabukkan, maka sedikitpun juga haram".
[HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Daruquthni, dan dia
menshahihkannya]
وَ ِلاَبِى دَاوُدَ وَ ابْنِ مَاجَهْ وَ التِّرْمِذِيِّ مِثْلُهُ
سَوَاءٌ مِنْ حَدِيْثِ جَابِرٍ.
Dan
Abu Dawud, Ibnu Majah dan Tirmidzi meriwayatkan seperti itu dari
Jabir.
عَنْ سَعْدِ بْنِ اَبِى وَقَّاصٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص نَهَى عَنْ
قَلِيْلِ مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ. النسائى و الدارقطنى
Dari
Sa'ad bin Abu Waqqash, bahwa Nabi SAW melarang meminum meskipun sedikit dari
minuman yang (dalam kadar) banyaknya memabukkan".
[HR. Nasai dan Daruquthni]
عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ اَنَّ
النَّبِيَّ ص اَتَاهُ قَوْمٌ فَقَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ اِنَّا نَنْبُذُ
النَّبِيْذَ فَنَشْرَبُهُ عَلَى غَدَائِنَا وَ عَشَائِنَا، فَقَالَ: اِشْرَبُوْا
فَكُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ، فَقَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ اِنَّا نَكْسِرُهُ
بِاْلمَاءِ، فَقَالَ: حَرَامٌ قَلِيْلُ مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ.
الدارقطنى
Dari
'Amr bin Syu'aib, dari ayahnya, dari datuknya, bahwa Nabi SAW didatangi suatu
qaum, lalu mereka berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya kami (biasa) membuat
minuman keras, lalu kami meminumnya di pagi dan sore hari. Lalu Nabi SAW
bersabda, "Minumlah, tetapi setiap minuman yang memabukkan itu haram". Kemudian
mereka berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya kami mencampurnya dengan air". Nabi
SAW menjawab, "Haram (walaupun) sedikit dari minuman yang (dalam kadar)
banyaknya memabukkan".
[HR. Daruquthni]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص كُلُّ مُسْكِرٍ
حَرَامٌ، وَ مَا اَسْكَرَ اْلفَرَقُ مِنْهُ فَمِلْءُ اْلكَفِّ مِنْهُ حَرَامٌ. احمد
و ابو داود و الترمذى و قال حديث حسن
Dari
'Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Setiap minuman yang
memabukkan itu haram, dan minuman yang dalam jumlah banyaknya memabukkan, maka
segenggam darinya pun haram".
[HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi, dan Tirmidzi berkata, "Hadits ini
hasan"]
4. Ada segolongan orang yang merubah nama khamr
dengan nama yang lain sehingga mereka menganggap halal dan
meminumnya.
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص:
لَتَسْتَحِلَّنَّ طَائِفَةٌ مِنْ اُمَّتِى اْلخَمْرَ بِاسْمٍ يُسَمُّوْنَهَا
اِيَّاهُ. احمد
Dari
'Ubadah bin Shamit, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh akan ada
segolongan dari ummatku yang menghalalkan khamr dengan menggunakan nama
lain".
[HR. Ahmad]
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص:
يَشْرَبُ نَاسٌ مِنْ اُمَّتِى اْلخَمْرَ بِاسْمٍ يُسَمُّوْنَهَا اِيَّاهُ. ابن
ماجه
Dari
'Ubadah bin Shamit, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh akan ada
segolongan dari ummatku yang meminum khamr dengan menamakannya dengan nama
lain".
[HR. Ibnu Majah]
عَنْ اَبِى اُمَامَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ تَذْهَبُ
اللَّيَالِى وَ اْلاَيَّامُ حَتَّى تَشْرَبَ طَائِفَةٌ مِنْ اُمَّتِى اْلخَمْرَ وَ
يُسَمُّوْنَهَا بِغَيْرِ اسْمِهَا. ابن ماجه
Dari
Abu Umamah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Tidak lewat beberapa malam
dan hari (Tidak lama sepeninggalku) sehingga segolongan dari ummatku minum khamr
dengan memberi nama yang bukan namanya".
[HR. Ibnu Majah]
عَنِ ابْنِ مُحَيْرِيْزٍ عَنْ رَجُلٍ مِنْ اَصْحَابِ النَّبِيِّ ص عَنِ
النَّبِيِّ ص قَالَ: يَشْرَبُ نَاسٌ مِنْ اُمَّتِى اْلخَمْرَ وَ يُسَمُّوْنَهَا
بِغَيْرِ اسْمِهَا. النسائى
Dari
Ibnu Muhairiz dari salah seorang shahabat Nabi SAW beliau bersabda, "(Akan) ada
sekelompok manusia dari ummatku yang
minum khamr, dan mereka menamakannya dengan nama lain".
[HR. Nasai]
عَنْ اَبِى مَالِكٍ اْلاَشْعَرِيِّ اَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ ص
يَقُوْلُ: لَيَشْرَبَنَّ اُنَاسٌ مِنْ اُمَّتِى اْلخَمْرَ وَ يُسَمُّوْنَهَا
بِغَيْرِ اسْمِهَا. احمد و ابو داود
Dari
Abu Malik Al-Asy'ariy, bahwa ia mendengar Nabi SAW bersabda, "Sungguh akan ada
sekelompok manusia dari ummatku yang minum khamr, dan mereka menamakannya dengan
nama lain".
[HR. Ahmad dan Abu Dawud]
5. Khamr yang telah diharamkan oleh Allah tidak
boleh dijual ataupun dihadiahkan.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ لِرَسُوْلِ اللهِ ص صَدِيْقٌ مِنْ
ثَقِيْفٍ وَ دَوْسٍ فَلَقِيَهُ يَوْمَ اْلفَتْحِ بِرَاحِلَةٍ اَوْ رَاوِيَةٍ مِنْ
خَمْرٍ يُهْدِيْهَا اِلَيْهِ فَقَالَ: يَا فُلاَنُ اَمَا عَلِمْتَ اَنَّ اللهَ
حَرَّمَهَا؟ فَاَقْبَلَ الرَّجُلُ عَلَى غُلاَمِهِ فَقَالَ: اِذْهَبْ فَبِعْهَا.
فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِنَّ الَّذِيْ حَرَّمَ شُرْبَهَا حَرَّمَ بَيْعَهَا،
فَاَمَرَ بِهَا فَاُفْرِغَتْ فِى اْلبَطْحَاءِ. احمد و مسلم و النسائى
Dari
Ibnu 'Abbas ia berkata : Rasulullah SAW pernah mempunyai seorang kawan dari
Tsaqif dan Daus, lalu ia menemui beliau pada hari penaklukan kota Makkah dengan
membawa satu angkatan atau seguci khamr untuk dihadiahkan kepada beliau, lalu
Nabi SAW bersabda, "Ya Fulan, apakah engkau tidak tahu bahwa Allah telah
mengharamkannya ?". Lalu orang tersebut memandang pelayannya sambil berkata,
"Pergi dan juallah khamr itu". Lalu Rasulullah SAW pun bersabda, "Sesungguhnya
minuman yang telah diharamkan meminumnya, juga diharamkan menjualnya". Lalu
Rasulullah SAW menyuruh (agar ia membuang)nya, lalu khamr itu pun dibuang
dibathha'.
[HR. Ahmad, Muslim dan Nasai]
و فى رواية لاحمد اَنَّ رَجُلاً خَرَجَ وَ اْلخَمْرُ حَلاَلٌ فَاَهْدَى
لِرَسُوْلِ اللهِ ص رَاوِيَةَ خَمْرٍ. وَ ذَكَرَ نَحْوَهُ.
Dan
dalam satu riwayat bagi Ahmad, dinyatakan bahwa ada seorang laki-laki keluar,
sedang khamr pada saat itu masih dihalalkan, lalu ia menghadiahkan kepada
Rasulullah SAW seguci khamr.
(Selanjutnya ia menuturkan seperti hadits tersebut
diatas).
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَجُلاً كَانَ يُهْدِى لِلنَّبِيِّ ص
رَاوِيَةَ خَمْرٍ، فَاَهْدَاهَا اِلَيْهِ عَامًا وَ قَدْ حُرِّمَتْ، فَقَالَ
النَّبِيُّ ص: اِنَّهَا قَدْ حُرِّمَتْ. فَقَالَ الرَّجُلُ: اَفَلاَ اَبِيْعُهَا؟
فَقَالَ: اِنَّ الَّذِى حَرَّمَ شُرْبَهَا حَرَّمَ بَيْعَهَا. قَالَ:اَفَلاَ
اُكَارِمُ بِهَا اْليَهُوْدَ؟ قَالَ: اِنَّ الَّذِى حَرَّمَهَا حَرَّمَ اَنْ
يُكَارَمَ بِهَا اْليَهُوْدُ. قَالَ: فَكَيْفَ اَصْنَعُ بِهَا؟ قَالَ: شِنَّهَا
عَلَى اْلبَطْحَاءِ. الحميدى فى مسنده فى نيل الاوطار 8:191
Dari
Abu Hurairah RA, bahwa pernah ada seorang laki-laki menghadiahkan kepada
Rasulullah SAW seguci khamr, ia menghadiahkannya kepada beliau pada tahun
diharamkannya khamr, lalu Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya khamr telah
diharamkan". Lalu orang itu bertanya, "Apa tidak boleh aku menjualnya ?". Jawab
Nabi SAW, "Sesungguhnya minuman yang diharamkan meminumnya, juga diharamkan
menjualnya". Orang itu bertanya (lagi), "Apakah tidak boleh aku pergunakan untuk
mengungguli kedermawanan orang Yahudi ?". Nabi SAW menjawab, "Sesungguhnya
sesuatu yang diharamkan, maka haram (pula) untuk dipergunakan mengungguli
kedermawanan orang Yahudi". Orang itu bertanya (lagi), "Lalu harus aku gunakan
untuk apa ?". Nabi SAW bersabda, "Tuangkan saja di Bathha' ".
[HR. Al-Humaidi di dalam musnadnya - dalam Nailul Authar juz 8, hal
191]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ ص فِى اْلخَمْرِ عَشْرَةً:
عَاصِرَهَا وَ مُعْتَصِرَهَا وَ شَارِبَهَا وَ حَامِلَهَا وَ اْلمَحْمُوْلَةَ
اِلَيْهِ وَ سَاقِيَهَا وَ بَائِعَهَا وَ آكِلَ ثَمَنِهَا وَ اْلمُشْتَرِيَ لَهَا
وَ اْلمُشْتَرَاةَ لَهُ. الترمذى و ابن ماجه فى نيل الاوطار 5:174
Dari
Anas ia berkata, "Rasulullah SAW melaknat tentang khamr sepuluh golongan : 1.
yang memerasnya, 2. pemiliknya (produsennya), 3. yang meminumnya, 4. yang
membawanya (pengedar), 5. yang minta diantarinya, 6. yang menuangkannya, 7. yang
menjualnya, 8. yang makan harganya, 9. yang membelinya, 10. yang minta
dibelikannya".
[HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah - dalam Nailul Authar juz 5 hal.
174]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: لُعِنَتِ اْلخَمْرَةُ عَلَى عَشْرَةِ
وُجُوْهٍ: لُعِنَتِ اْلخَمْرَةُ بِعَيْنِهَا وَ شَارِبِهَا وَ سَاقِيَهَا وَ
بَائِعِهَا وَ مُبْتَاعِهَا وَ عَاصِرِهَا وَ مُعْتَصِرِهَا وَ حَامِلِهَا وَ
اْلمَحْمُوْلَةِ اِلَيْهِ وَ آكِلِ ثَمَنِهَا. احمد و ابن ماجه فى نيل الاوطار
5:174
Dari
Ibnu 'Umar ia berkata, "Telah dilaknat khamr atas sepuluh hal : 1. khamr itu
sendiri, 2. peminumnya, 3. yang menuangkannya, 4. penjualnya, 5. pembelinya, 6.
yang memerasnya, 7. pemilik (produsennya), 8. yang membawanya, 9. yang minta
diantarinya, 10. yang memakan harganya".
[HR. Ahmad dan Ibnu Majah - dalam Nailul Authar juz 5 hal.
174]
6. Khamr tidak boleh dijadikan
cuka.
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص سُئِلَ عَنِ اْلخَمْرِ يُتَّخَذُ خَلاًّ
فَقَالَ: لاَ. احمد و مسلم و ابو داود و الترمذى و صححه
Dari
Anas, bahwa Nabi SAW ditanya tentang khamr yang dijadikan cuka, lalu beliau
menjawab, "Tidak boleh".
[HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi, dan ia
menshahihkannya]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ اَبَا طُلْحَةَ سَأَلَ النَّبِيَّ عَنْ اَيْتَامٍ
وَرِثُوْا خَمْرًا، قَالَ: اَهْرِقْهَا. قَالَ: اَفَلاَ نَجْعَلُهَا خَلاًّ؟ قَالَ:
لاَ. احمد و ابو داود
Dari
Anas, bahwa Abu Thalhah bertanya kepada Nabi SAW tentang beberapa anak yatim
yang mewarisi khamr, beliau SAW menjawab, "Tuangkanlah !". (Abu Thalhah)
bertanya, "Apakah tidak boleh kami jadikan cuka ?". Jawab beliau,
"Tidak".
[HR. Ahmad dan Abu Dawud]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ يَتِيْمًا كَانَ فِى حِجْرِ اَبِى طَلْحَةَ
فَاشْتَرَى لَهُ خَمْرًا. فَلَمَّا حُرِّمَتْ سُئِلَ النَّبِيُّ ص: اَتُتَّخَذُ
خَلاً؟ قَالَ: لاَ. احمد و الدارقطنى
Dari
Anas bahwa seorang anak yatim berada (dalam asuhan) Abu Thalhah, lalu ia (Abu
Thalhah) membelikan khamr untuknya. Ketika khamr telah diharamkan, Nabi SAW
ditanya, "Bolehkah khamr itu dijadikan cuka ?". Nabi SAW menjawab,
"Tidak".
[HR. Ahmad, dan Daruquthni]
7. Boleh minum perasan kurma atau anggur selama
tidak menjadi khamr (belum rusak).
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كُنَّا نَنْبُذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فِى
سَقَاءٍ فَنَأْخُذُ قَبْضَةً مِنْ تَمْرٍ وَ قَبْضَةً مِنْ زَبِيْبٍ
فَنَطْرَحُهُمَا، ثُمَّ نَصُبُّ عَلَيْهِ
اْلمَاءَ فَنَنْبُذُهُ غُدْوَةَ فَيَشْرَبُهُ عَشِيَّةً وَ نَنْبُذُهُ
عَشِيَّةً فَيَشْرَبُهُ غُدْوَةً. ابن ماجه
Dari
'Aisyah RA, ia berkata, "Kami pernah membuatkan minuman Rasulullah SAW dalam
suatu wadah, kami mengambil segenggam kurma dan segenggam anggur lalu kami
tuangkan air. Kami membuatnya pada pagi hari kemudian diminum pada sore hari dan
(jika) kami membuatnya pada sore hari lalu diminum pada pagi
hari.
[HR. Ibnu Majah]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كُنَّا نَنْبُذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص سَقَاءٍ
يُوْكَى اَعْلاَهُ وَ لَهُ عَزْلاَءُ نَنْبُذُهُ غُذْوَةً فَيَشْرَبُهُ عَشِيًّا وَ
نَنْبُذُهُ عَشِيًّا فَيَشْرَبُهُ غُذْوَةً. احمد و مسلم و ابو داود و
الترمذى
Dari
'Aisyah RA, ia berkata, "Kami (biasa) membuat minuman untuk Rasulullah SAW di
wadah (minuman) yang tertutup (bagian) atasnya dan mempunyai pelepas (untuk
membuka). Kami membuatnya di pagi hari lalu beliau (Nabi SAW) meminumnya di sore
hari dan (jika) kami membuat di sore hari maka (Nabi SAW) meminumnya di pagi
hari".
[HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُنْبَذُ لَهُ
اَوَّلَ اللَّيْلِ فَيَشْرَبُهُ اِذَا اَصْبَحَ يَوْمَهُ ذلِكَ وَ اللَّيْلَةَ
الَّتِى تَجِيْءُ وَ اْلغَدَ وَ اللَّيْلَةَ اْلاُخْرَى وَ اْلغَدَ اِلَى
اْلعَصْرِ، فَاِذَا بَقِيَ شَيْءٌ سَقَاهُ اْلخَدَّامَ اَوْ اَمَرَ بِهِ فَصَبَّ.
احمد و مسلم
Dari
Ibnu 'Abbas RA, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW dibuatkan minuman pada malam
(hari yang) pertama, lalu beliau meminumnya ketika pagi harinya, dan malam
berikutnya dan pagi harinya (hari kedua), dan malam berikutnya lagi serta pagi
harinya sampai waktu 'ashar (hari ketiga). Lalu apabila masih ada sisanya
diberikan kepada pelayan atau beliau menyuruh (membuangnya), lalu
dibuang".
[HR. Ahmad dan Muslim]
و فى رواية: كَانَ يُنْقَعُ لَهُ اْلزَبِيْبُ فَيَشْرَبُهُ اْليَوْمَ وَ
اْلغَدَ وَ بَعْدَ اْلغَدِ اِلَى مَسَاءِ الثَّالِثَةِ، ثُمَّ يَأْمُرُ بِهِ
فَيُسْقَى اْلخَادِمَ اَوْ يُهْرَاقُ. احمد و مسلم و ابو داود
Dan
dalam lafadh lain dikatakan, "Suatu ketika dipersiapkan untuk (Rasulullah SAW
minuman) anggur, lalu beliau meminumnya hari itu, esok paginya dan lusa, sampai
sore hari ketiga, kemudian beliau menyuruh diberikan kepada pelayan atau
dibuang".
[HR. Ahmad, Muslim dan Abu Dawud]
و فى رواية: كَانَ يُنْبَذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فَيَشْرَبُهُ يَوْمَهُ
ذلِكَ وَ اْلغَدَ وَ اْليَوْمَ الثَّالِثَ، فَاِنْ بَقِيَ شَيْءٌ مِنْهُ
اَهْرَاقَهُ، اَوْ اَمَرَ بِهِ فَاُهْرِيْقَ. النسائى و ابن ماجه
Dan
dalam riwayat lain dikatakan, "Adalah (biasa) Rasulullah SAW dibuatkan minuman,
lalu beliau meminumnya pada hari itu, pada esok paginya, dan hari ketiganya.
Kalau (masih) ada sisa, beliau membuangnya atau menyuruh untuk membuangnya, lalu
dibuang".
[HR. Nasai dan Ibnu Majah]
[Bersambung]
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak