POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE

Al-Akhlaqul Karimah (ke-44) Hutang dan Masalahnya

Posted by

Ahad, 31 Oktober 1999/21 Rajab 1420                        Brosur no. : 1006/1046/IA
Al-Akhlaqul Karimah (ke-44)

Hutang dan Masalahnya
عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ اْلخُدْرِيِّ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ اْلكُفْرِ وَ الدَّيْنِ؟ فَقَالَ رَجُلٌ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَتَعْدِلُ اْلكُفْرَ بِالدَّيْنِ؟ قَالَ: نَعَمْ. النسائى و الحاكم و قال: صحيح الاسناد
Dari Abu Sa’id Al-Khudriy RA, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Aku berlindung kepada Allah dari kekafiran dan hutang”. Kemudian ada seorang laki-laki bertanya, “Ya Rasulullah, apakah engkau mensejajarkan kekafiran dengan hutang ?”. Beliau menjawab, “Ya”. [HR. Nasai dan Al-Hakim, ia berkata Shahih sanadnya].
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص وَ هُوَ يُوْصِى رَجُلاً وَ هُوَ يَقُوْلُ: اَقِلَّ مِنَ الذُّنُوْبِ يَهُنْ عَلَيْكَ اْلمَوْتُ، وَ اَقِلَّ مِنَ الدَّيْنِ تَعِشْ حُرًّا. البيهقى
Dari Ibnu ‘Umar RA ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda ketika beliau memberi nasihat kepada seorang laki-laki, “Sedikitkanlah dosa, niscaya ketika kematian datang kepadamu terasa mudah. Dan sedikitkanlah hutang, niscaya kamu hidup merdeka”. [HR. Baihaqi].
عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ رض اَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ ص يَقُوْلُ: لاَ تَخِيْفُوْا اَنْفُسَكُمْ بَعْدَ اَمْنِهَا. قَالُوْا: وَ مَا ذَاكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: اَلدَّيْنُ. احمد و ابو يعلى و الحاكم و البيهقى. و قال الحاكم: صحيح الاسناد
Dari ‘Uqbah bin ‘Amir RA, bahwasanya dia mendengar Nabi SAW bersabda, “Janganlah kalian membuat takut diri kalian setelah terasa aman”. Para shahabat bertanya, “Apa itu ya Rasulullah ?”. Beliau menjawab, “Hutang”. [HR. Ahmad, Abu Ya’la, Al-Hakim dan Baihaqi. Al-Hakim berkata shahih sanadnya].
عَنْ اَبِى اُمَامَةَ رض مَرْفُوْعًا: مَنْ تَدَايَنَ بِدَيْنٍ، وَ فِى نَفْسِهِ وَفَاؤُهُ ثُمَّ مَاتَ تَجَاوَزَ اللهُ عَنْهُ، وَ أَرْضَى غَرِيْمَهُ بِمَا شَاءَ، وَ مَنْ تَدَايَنَ بِدَيْنٍ وَ لَيْسَ فِى نَفْسِهِ وَفَاؤُهُ ثُمَّ مَاتَ اقْتَصَّ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ لِغَرِيْمِهِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ. الحاكم
Dari Abu Umamah RA (dia mengatakan dari Nabi SAW), “Barangsiapa berhutang dengan suatu hutang, sedang dalam dirinya ingin menyahurnya, kemudian ia mati (belum membayar hutangnya), maka Allah mengampuninya dan menjadikan ridla kepada orang yang memberi hutang dengan apa yang Allah kehendaki. Dan barangsiapa berhutang dengan suatu hutang, sedang dalam dirinya tidak ingin mengembalikannya, kemudian dia mati, maka pada hari qiyamat Allah Azza wa Jalla akan mengqishashnya (mengadilinya) untuk diberikan kepada orang yang menghutanginya”. [HR. Al-Hakim]
رواه الطبرانى فى الكبير و لفظه قال: مَنِ ادَّانَ دَيْنًا وَ هُوَ يَنْوِى اَنْ يُؤَدِّيَهُ (وَ مَاتَ) اَدَّاهُ اللهُ عَنْهُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ، وَ مَنِ اسْتَدَانَ دَيْنًا وَ هُوَ لاَ يَنْوِى اَنْ يُؤَدِّيَهُ فَمَاتَ قَالَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ لَهُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ. ظَنَنْتَ اَنِّى لاَ آخُذُ لِعَبْدِى بِحَقِّهِ فَيُؤْخَذُ مِنْ حَسَنَاتِهِ فَيُجْعَلُ فِى حَسَنَاتِ اْلآخَرِ، فَاِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ اُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ اْلآخَرِ فَيُجْعَلُ عَلَيْهِ.
Dan Thabraniy meriwayatkan di dalam Al-Kabir dengan lafadh, “Barangsiapa berhutang dengan suatu hutang, sedang dia berniat untuk mengembalikannya, kemudian dia mati (belum membayar hutangnya), maka pada hari qiyamat Allah akan membayarnya. Dan barangsiapa berhutang dengan suatu hutang, sedang dia tidak berniat mengembalikannya, kemudian ia mati maka pada hari qiyamat Allah Azza wa Jalla berfirman, “Kamu mengira bahwa Aku tidak akan mengambilkan hak hamba-Ku”. Lalu diambil dari kebaikan-kebaikan orang tersebut dan diberikan pada kebaikan-kebaikan yang lain (orang yang menghutangi). Dan jika orang tersebut tidak mempunyai kebaikan-kebaikan, maka diambil dari dosa-dosanya yang lain (orang yang menghutangi) lalu ditanggungkan kepadanya.
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ اَخَذَ اَمْوَالَ النَّاسِ يُرِيْدُ اَدَاءَهَا اَدَّى اللهُ عَنْهُ، وَ مَنْ اَخَذَ اَمْوَالَ النَّاسِ يُرِيْدُ اِتْلاَفَهَا اَتْلَفَهُ اللهُ. البخارى و ابن ماجه
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa mengambil (berhutang) harta manusia, sedang dia ingin mengembalikannya, maka Allah akan mengembalikannya. Dan barangsiapa mengambil (berhutang) harta manusia, sedang dia ingin merusakkannya (tidak ingin mengembalikan-nya), maka Allah akan merusakkan padanya”. [HR. Bukhari dan Ibnu Majjah]
عَنْ صُهَيْبِ اْلخَيْرِ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَيُّمَا رَجُلٍ تَدَيَّنَ دَيْنًا وَ هُوَ مُجْمِعٌ اَنْ لاَ يُوَفِّيَهُ اِيَّاهُ لَقِيَ اللهَ سَارِقًا. ابن حاجه و البيهقى
Dari Shuhaib Al-Khairi RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Siapasaja seseorang yang berhutang dengan suatu hutang, sedang dia berniat untuk tidak membayarnya, maka dia bertemu Allah sebagai pencuri”. [HR. Ibnu Majah dan Baihaqi]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ مَاتَ وَ عَلَيْهِ دِيْنَارٌ، اَوْ دِرْهَمٌ قُضِيَ مِنْ حَسَنَاتِهِ، لَيْسَ ثُمَّ دِيْنَارٌ وَ لاَ دِرْهَمٌ. ابن ماجه باسناد حسن و الطبرانى فى الكبير و لفظه قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَلدَّيْنُ دَيْنَانِ، فَمَنْ مَاتَ وَ هُوَ يَنْوِى قَضَاءَهُ فَاَنَا وَلِيُّهُ وَ مَنْ مَاتَ وَ هُوَ لاَ يَنْوِى قَضَاءَهُ قَذَاكَ الَّذِى يُؤْخَذُ مِنْ حَسَنَاتِهِ، لَيْسَ يَوْمَئِذٍ دِيْنَارٌ وَ لاَ دِرْهَمٌ.
Dari Ibnu Umar RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa mati masih mempunyai tanggungan hutang satu dinar atau satu dirham, maka akan dibayarkan dari kebaikan-kebaikannya, karena disana tidak berlaku dinar dan tidak pupla dirham”. [HR. Ibnu Majah dengan sanad hasan. Dan Thabrani meriwayatkan di dalam Al-Kabir] Dan Lafadhnya : Rasulullah SAW bersabda, “Hutang itu ada dua macam. Barangsiapa mati sedangkan dia berniat ingin mengembalikan hutangnya, maka aku sebagai walinya (yang membayar hutangnya). Dan barangsiapa mati, sedangkan dia berniat tidak akan membayarnya, maka itulah yang akan diambil dari kebaikan-kebaikannya (untuk membayar hutangnya), karena pada hari itu tidak berlaku dinar dan dirham”.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ اَبِى قَتَادَةَ عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اَنَّهُ سَمِعَهُ يُحَدِّثُ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص اَنَّهُ قَامَ فِيْهِمْ فَذَكَرَ لَهُمْ اَنَّ اْلجِهَادَ فِى سَبِيْلِ اللهِ وَ اْلاِيْمَانَ بِاللهِ اَفْضَلُ اْلاَعْمَالِ. فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَرَأَيْتَ اِنْ قُتِلْتُ فِى سَبِيْلِ اللهِ تُكَفَّرُ عَنِّى خَطَايَايَ؟ فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللهِ ص: نَعَمْ، اِنْ قُتِلْتَ فِى سَبِيْلِ اللهِ وَ اَنْتَ صَابِرٌ مُحْتَسِبٌ مُقْبِلٌ غَيْرُ مُدْبِرٍ. ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: كَيْفَ قُلْتَ؟ قَالَ: اَرَأَيْتَ اِنْ قُتِلْتُ فِى سَبِيْلِ اللهِ اَتُكَفَّرُ عَنِّى خَطَايَايَ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: نَعَمْ، وَ اَنْتَ صَابِرٌ مُحْتَسِبٌ مُقْبِلٌ غَيْرُ مُدْبِرٍ اِلاَّ الدَّيْنَ. فَاِنَّ جِبْرِيْلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَالَ لِى ذلِكَ. مسلم
Dari ‘Abdullah bin Abu Qatadah dari Abu Qatadah bahwasanya dia mendengarnya menceritakan hadits dari Rasulullah SAW, sesungguhnya beliau berdiri diantara shahabatnya memberi peringatan kepada mereka. “Sesungguhnya jihad fii sabiilillaah dan iman kepada Allah adalah amalan yang paling utama”. Lalu ada seorang laki-laki berdiri dan bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika saya terbunuh fii sabiilillaah, apakah dosa-dosaku terhapus ?”. Rasulullah SAW bersabda, “Ya. Jika kamu terbunuh fii sabiilillaah sedangkan kamu tetap sabar dan ikhlash menghadapi musuh tidak melarikan diri”. Kemudian Rasulullah SAW bertanya, “Apa yang kamu tanyakan tadi ?”. Orang tersebut berkata, “Bagaimana pendapat engkau jika aku terbunuh fii sabiilillaah, apakah dosa-dosaku terhapus ?”. Rasulullah SAW bersabda, “Ya, jika kamu tetap sabar dan ikhlash menghadapi musuh tidak melarikan diri, kecuali hutang. Karena Jibril AS berkata demikian kepadaku”. [HR. Muslim]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ اْلعَاصِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: يُغْفَرُ لِلشَّهِيْدِ كُلُّ ذَنْبٍ اِلاَّ الدَّيْنَ. مسلم
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-’Ash, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Diampuni semua dosa orang yang mati syahid, kecuali hutang”. [HR. Muslim]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص قَالَ: نَفْسُ اْلمُؤْمِنِ مُعَلَّقَةٌ بِدَيْنِهِ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ. احمد و الترمذى و قال: جديث حسن و ابن ماجه و ابن حبان فى صحيحه و لفظه قَالَ: نَفْسُ اْلمُؤْمِنِ مُعَلَّقَةٌ مَا كَانَ عَلَيْهِ دَيْنٌ
Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Jiwa orang mukmin itu tergantung (tertahan) dengan hutangnya sehingga hutang itu dibayarnya”. [HR. Ahmad dan Tirmidzi dan ia berkata, “Ini hadits Hasan”] Ibnu Majah dan Ibnu Hibban di dalam shahihnya juga meriwayatkan dengan lafadh : Nabi SAW bersabda, “Jiwa orang mukmin itu tergantung (tertahan) selama dia mempunyai tanggungan hutang”.
عَنْ عَلِيٍّ رض قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا اُتِيَ بِاْلجَنَازَةِ لَمْ يَسْأَلْ عَنْ شَيْءٍ مِنْ عَمَلِ الرَّجُلِ، وَ يَسْأَلُ عَنْ دَيْنِهِ، فَاِنْ قِيْلَ عَلَيْهِ دَيْنٌ كَفَّ عَنِ الصَّلاَةِ عَلَيْهِ، وَ اِنْ قِيْلَ لَيْسَ عَلَيْهِ دَيْنٌ صَلَّى عَلَيْهِ. فَاُتِيَ بِجَنَازَةٍ، فَلَمَّا قَامَ لِيُكَبِّرَ سَأَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص: هَلْ عَلَى صَاحِبِكُمْ دَيْنٌ؟ قَالُوْا: دِيْنَارَانِ، فَعَدَلَ عَنْهُ رَسُوْلُ اللهِ ص، وَ قَالَ: صَلُّوْا عَلَى صَاحِبِكُمْ. فَقَالَ عَلِيٌّ رض: هُمَا عَلَيَّ يَا رَسُوْلَ اللهِ بَرِئَ مِنْهُمَا. فَتَقَدَّمَ رَسُوْلُ اللهِ ص فَصَلَّى عَلَيْهِ، ثُمَّ قَالَ لِعَلِيِّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ: جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا فَكَّ اللهُ رِهَانَكَ كَمَا فَكَكْتَ رِهَانَ اَخِيْكَ، اِنَّهُ لَيْسَ مِنْ مَيِّتٍ يَمُوْتُ وَ عَلَيْهِ دَيْنٌ اِلاَّ وَ هُوَ مُرْتَهَنٌ بِدَيْنِهِ، وَ مَنْ فَكَّ رِهَانَ مَيِّتٍ فَكَّ اللهُ رِهَانَهُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ، فَقَالَ بَعْضُهُمْ: هذَا لِعَلِيٍّ خَاصَّةً اَمْ لِلْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً؟ قَالَ: بَلْ لِلْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً. الدارقطنى
Dari Ali RA, ia berkata, “Dahulu Rasulullah SAW apabila ada jenazah dibawa kepada beliau, beliau tidak bertanya tentang sesuatu dari amal orang tersebut, tetapi beliau menanyakan tentang hutangnya. Maka jika dijawab, “Mayit itu masih punya hutang”, beliau tidak jadi menshalatkannya. Pada suatu ketika ada jenazah dibawa kepada beliau. Setelah beliau berdiri untuk bertakbir, Rasulullah SAW bertanya, “Apakah kawanmu ini punya tanggungan hutang ?”. Para shahabat menjawab, “Ya, dua dinar”. Lalu Rasulullah SAW tidak jadi menshalatkannya, dan beliau bersabda, “Shalatkanlah kawanmu ini”. Lalu Ali RA berkata, “Dua dinar itu menjadi tanggungan saya ya Rasulullah, dan mayit itu telah bebas darinya”. Kemudian Rasulullah SAW maju menshalatkannya. Setelah selesai, kemudian beliau bersabda kepada Ali bin Abi Thalib, “Semoga Allah membalasmu dengan yang lebih baik. Semoga Allah membebaskan tanggunganmu sebagaimana kamu membebaskan tanggungan saudaramu. Sesungguhnya tidak ada seorang mayit yang meninggal sedangkan dia masih mempunyai tanggungan hutang, kecuali dia tertahan dengan hutangnya. Dan barangsiapa membebaskan tanggungan seorang mayit, niscaya Allah membebaskan tanggungannya pada hari qiyamat”. Sebagian shahabat bertanya, “Ini khusus untuk Ali saja atau untuk semua kaum muslimin, ya Rasulullah ?”. Beliau menjawab, “Bahkan untuk kaum muslimin semuanya”. [HR. Daruquthni]
عَنْ اَنَسٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص اُتِيَ بِجَنَازَةٍ لِيُصَلِّيَ عَلَيْهَا، قَالَ: هَلْ عَلَيْهِ دَيْنٌ؟ قَالُوْا: نَعَمْ. فَقَالَ النَّبِيُّ ص: اِنَّ جِبْرِيْلَ نَهَانِى اَنْ اُصَلِّيَ عَلَى مَنْ عَلَيْهِ دَيْنٌ. فَقَالَ: اِنَّ صَاحِبَ الدَّيْنِ مُرْتَهَنٌ فِى قَبْرِهِ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ دَيْنُهُ. ابو يعلى و الطبرانى و لفظه قَالَ: كُنَّا عِنْدَ النَّبِيِّ ص فَاُتِيَ بِرَجُلٍ يُصَلِّى عَلَيْهِ، فَقَالَ: هَلْ عَلَى صَاحِبِكُمْ دَيْنٌ؟ قَالُوْا: نَعَمْ. قَالَ: فَمَا يَنْفَعُكُمْ اَنْ اُصَلِّيَ عَلَى رَجُلٍ رُوْحُهُ مُرْتَهَنٌ فِى قَبْرِهِ لاَ تَصْعَدُ رُوْحُهُ اِلَى السَّمَاءِ فَلَوْ ضَمِنَ رَجُلٌ دَيْنَهُ قُمْتُ، فَصَلَّيْتُ عَلَيْهِ فَاِنَّ صَلاَتِى تَنْفَعُهُ.
Dari Anas RA bahwasanya Nabi SAW pernah didatangkan jenazah kepada beliau, supaya beliau menshalatkannya. Beliau bertanya, “Apakah dia masih punya tanggungan hutang ?”. Para shahabat menjawab, “Ya”. Lalu Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya Jibril melarangku untuk menshalatkan mayit yang masih mempunyai tanggungan hutang”. Beliau bersabda lagi, “Sesungguhnya mayit yang mempunyai tanggungan hutang, tertahan di kuburnya sehingga hutangnya itu dibayar”. [HR. Abu Ya’la]. Thabrani juga meriwayatkan, dengan lafadh : Dahulu kami berada di sisi Nabi SAW, lalu ada mayit seorang laki-laki dibawa kepada beliau supaya dishalatkan. Maka beliau SAW bertanya, “Apakah kawanmu ini masih punya hutang ?”. Para shahabat menjawab, “Ya”. Beliau bersabda, “Apa gunanya untuk kalian, aku menshalatkan seseorang yang ruhnya tertahan di quburnya, ruhnya tidak bisa naik ke langit”. Seandainya ada seseorang yang mau menanggung hutangnya, tentu aku berdiri menshalat-kannya, karena shalatku bermanfaat kepadanya.
روى مسلم و غيره من حديث ابى هريرة و غيره اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُؤْتَى بِالرَّجُلِ اْلمَيِّتِ عَلَيْهِ الدَّيْنُ، فَيَسْأَلُ هَلْ تَرَكَ لِدَيْنِهِ قَضَاءً، فَاِنْ حُدِّثَ اَنَّهُ تَرَكَ وَفَاءً صَلَّى عَلَيْهِ، وَ اِلاَّ قَالَ: صَلُّوْا عَلَى صَاحِبِكُمْ، فَلَمَّا فَتَحَ اللهُ عَلَيْهِ الْفُتُوْحَ قَالَ: اَنَا اَوْلَى بِاْلمُؤْمِنِيْنَ مِنْ اَنْفُسِهِمْ، فَمَنْ تُوُفِّيَ وَ عَلَيْهِ دَيْنٌ فَعَلَيَّ قَضَاءُهُ، وَ مَنْ تَرَكَ مَالاً فَلِوَرَثَتِهِ.
Muslim dan lainnya meriwayatkan dari hadits Abu Hurairah dan lainnya, bahwasanya ada mayit laki-laki yang masih punya tanggungan hutang dibawa kepada Rasulullah SAW, lalu beliau bertanya, “Apakah dia meninggalkan sesuatu untuk menyahur hutangnya ?”. Maka jika dijawab dia masih meninggalkan sesuatu untuk membayar hutangnya, beliau menshalatkannya. Dan jika tidak begitu beliau bersabda, “Shalatkanlah kawanmu itu !”. Maka setelah Allah membukakan beberapa kemenangan, beliau bersabda, “Aku lebih berhaq terhadap orang-orang mukmin daripada diri-diri mereka. Barangsiapa meninggal, sedangkan dia masih mempunyai tanggungan hutang, maka itu menjadi tanggunganku untuk membayarnya. Dan barangsiapa yang meninggalkan harta maka untuk ahli warisnya”.
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ حَمَلَ مِنْ اُمَّتِى دَيْنًا، ثُمَّ جَهَدَ فِى قَضَائِهِ، ثُمَّ مَاتَ قَبْلَ اَنْ يَقْضِيَهُ فَأَنَا وَلِيُّهُ. احمد باسناد جيد، و ابو يعلى و الطبرانى فى الاوسط
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa dari ummatku yang mempunyai tanggungan hutang dan dia bersungguh-sungguh untuk mengembalikannya, kemudian dia mati sebelum bisa mengembalikannya, maka saya sebagai walinya (yang membayarnya)”. [HR. Ahmad, dengan sanad baik, Abu Ya’laa dan Thabrani di dalam Al-Ausath]
~oO[ A ]Oo~

[Bersambung]


Demo Blog NJW V2 Updated at: Februari 13, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang bijak