Ahad,
18 Juni 2000/15 Rabi’ul awwal 1421
Brosur no. : 1039/1079/IF
Al-Akhlaqul
Karimah (ke-55)
Firman
Allah SWT :
كُلُّ
نَفْسٍ ذَائِقَةُ اْلمَوْتِ وَ نَبْلُوْكُمْ بِالشَّرّ وَ اْلخَيْرِ فِتْنَةً، وَ
اِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ. الانبياء:35
Tiap-tiap
yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan
kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu
dikembalikan.
[QS. Al-Anbiyaa’ : 35]
قُلْ
اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّه مُلاَقِيْكُمْ ثُمَّ
تُرَدُّوْنَ اِلى عَالِمِ الْغَيْبِ وَ الشَّهَادَةِ فَيُنَبّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ
تَعْمَلُوْنَ. الجمعة:8
Katakanlah,
"Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian
itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang
mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah
kamu kerjakan".
[QS. Al-Jum’ah : 8]
اَيْنَ
مَا تَكُوْنُوْا يُدْرِكْكُّمُ اْلمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِيْ بُرُوْجٍ
مُّشَيَّدَةٍ. النساء:78
Di
manasaja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam
benteng yang tinggi lagi kokoh, [QS. An-Nisaa’ : 78]
كُلُّ
نَفْسٍ ذَائِقَةُ اْلمَوْتِ وَ اِنَّمَا تُوَفَّوْنَ اُجُوْرَكُمْ يَوْمَ
اْلقِيَامَةِ، فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَ اُدْخِلَ اْلجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ،
وَ مَا اْلحَيوةُ الدُّنْيَا اِلاَّ مَتَاعُ اْلغُرُوْرِ. ال عمران:185
Tiap-tiap
yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari qiyamat sajalah
disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke
dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain
hanyalah kesenangan yang memperdayakan.
[QS. Ali Imran : 185]
Hadits-hadits
Nabi SAW :
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَكْثِرُوْا ذِكْرَ هَاذِمِ
اللَّذَّاتِ يَعْنِى اْلمَوْتَ. ابن ماجه و الترمذى و حسنه
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Banyak-banyaklah
mengingat pemutus kesenangan, yakni mati”.
[HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi dan ia menghasankannya]
عَنْ
اَنَسٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص مَرَّ بِمَجْلِسٍ وَ هُمْ يَضْحَكُوْنَ، فَقَالَ:
اَكْثِرُوْا مِنْ ذِكْرِ هَاذِمِ اللَّذَّاتِ، اَحْسِبُهُ قَالَ: فَاِنَّهُ مَا
ذَكَرَهُ اَحَدٌ فِى ضِيْقٍ مِنَ اْلعَيْشِ اِلاَّ وَسَّعَهُ، وَ لاَ فِى سَعَةٍ
اِلاَّ ضَيَّقَهُ عَلَيْهِ. البزار باسناد حسن
Dari
Anas RA, bahwasanya Rasulullah SAW pernah melewati suatu majlis yang pada waktu
itu orang-orang sedang tertawa. Lalu Rasulullah SAW bersabda, “Banyak-banyaklah
mengingat pemutus kesenangan (yaitu mati)”. Anas berkata : Aku mengira beliau
bersabda, “Sesungguhnya tidaklah mengingat mati seseorang yang sedang sempit
kehidupannya, kecuali akan menjadikannya luas. Dan tidaklah mengingat mati
seseorang yang sedang dalam keluasan, kecuali akan menjadikannya
sempit”.
[HR. Al-Bazzar dengan sanad hasan]
عَنْ
اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيِّ رض قَالَ: دَخَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص مُصَلاَّهُ فَرَأَى
نَاسًا كَاَنَّهُمْ يَكْتَشِرُوْنَ، قَالَ: اَمَا اِنَّكُمْ لَوْ اَكْثَرْتُمْ
ذِكْرَ هَاذِمِ اللَّذَّاتِ لَشَغَلَكُمْ عَمَّا أَرَى. فَاَكْثِرُوْا مِنْ ذِكْرِ
هَاذِمِ اللَّذَّاتِ اْلمَوْتِ فَاِنَّهُ لَمْ يَأْتِ عَلَى اْلقَبْرِ يَوْمٌ
اِلاَّ تَكَلَّمَ فَيَقُوْلُ: اَنَا بَيْتُ اْلغُرْبَةِ، اَنَا بَيْتُ اْلوَحْدَةِ،
اَنَا بَيْتُ التُّرَابِ، وَ اَنَا بَيْتُ الدُّوْدِ، فَاِذَا دُفِنَ اْلعَبْدُ
اْلمُؤْمِنُ قَالَ لَهُ اْلقَبْرُ: مَرْحَبًا وَ اَهْلاً اَمَا اِنْ كُنْتَ
َلاَحَبَّ مَنْ يَمْشِى عَلَى ظَهْرِى اِلَيَّ فَاِذَا وَلِيْتُكَ اْليَوْمَ وَ
صِرْتَ اِلَيَّ فَسَتَرَى صَنِيْعِى بِكَ. فَيَتَّسِعُ لَهُ مَدَّ بَصَرِهِ، وَ
يُفْتَحُ لَهُ بَابٌ اِلَى اْلجَنَّةِ، وَ اِذَا دُفِنَ اْلعَبْدُ اْلفَاجِرُ اَوِ
اْلكَافِرُ قَالَ لَهُ اْلقَبْرُ: لاَ مَرْحَبًا وَ لاَ اَهْلاً اَمَا اِنْ كُنْتَ
َلأَبْغَضَ مَنْ يَمْشِى عَلَى ظَهْرِى اِلَيَّ فَاِذَا وَلِيْتُكَ اْليَوْمَ وَ
صِرْتَ اِلَيَّ فَسَتَرَى صَنِيْعِى بِكَ، قَالَ: فَيَلْتَئِمُ عَلَيْهِ حَتَّى
يَلْتَقِيَ عَلَيْهِ وَ تَخْتَلِفَ اَضْلاَعُهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص:
بِاَصَابِعِهِ، فَاَدْخَلَ بَعْضَهَا فِى جَوْفِ بَعْضٍ قَالَ: (وَيُقَيَّضُ لَهُ
سَبْعُوْنَ تِنِّيْنَا لَوْ اَنَّ وَاحِدًا مِنْهَا نَفَخَ فِى اْلاَرْضِ مَا
اَنْبَتَتْ شَيْئًا مَا بَقِيَتِ الدُّنْيَا فَيَنْهَشْنَهُ وَ يَخْدِشْنَهُ حَتَّى
يُقْضِيَ بِهِ اِلَى اْلحِسَابِ). قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّمَا
اْلقَبْرُ رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ اْلجَنَّةِ اَوْ حُفْرَةٌ مِنْ حُفَرِ النَّارِ.
الترمذى
Dari
Abu Sa’id Al-Khudriy RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah masuk ke mushalla
beliau, lalu beliau melihat orang-orang sama tertawa terkekeh-kekeh, maka beliau
bersabda, “Seandainya kamu sekalian banyak-banyak mengingat pemutus kesenangan,
tentu akan menyibukkan kepada kalian dari berbuat apa yang telah aku lihat. Maka
banyak-banyaklah mengingat pemutus kesenangan, yaitu mati. Karena tidaklah
datang satu haripun kecuali kubur itu berbicara. Kubur itu berkata, “Aku adalah
rumah yang pengasingan, aku adalah rumah penyendirian, aku adalah rumah tanah,
aku adalah rumah cacing”. Apabila seorang hamba yang mukmin dikuburkan, kubur
itu berkata kepadanya, “Marhaban wa ahlan (selamat datang di tempat yang lapang
dan kamu sebagai teman yang baik). Sesungguhnya kamu sebelumnya merupakan orang
yang menyenangkan kepadaku diantara orang yang berjalan di punggungku (di bumi)
maka hari ini waktunya aku yang menguasaimu, kamu akan melihat apa yang aku
perbuat kepadamu”. Lalu diluaskan quburnya sejauh pandangan matanya, dan
dibukakan pintu surga baginya. Tetapi
apabila ada hamba yang durhaka atau orang kafir dikuburkan, maka kubur itu
berkata kepadanya, “Laa marhaban wa laa ahlan” (Tidak ada selamat bagimu dan
tidak ada kekeluargaan bagimu). Sesungguhnya kamu dahulu merupakan orang yang
paling kubenci diantara orang yang berjalan di punggungku (di atas bumi), maka
hari ini aku yang menguasaimu dan kamu kembali kepadaku. Kamu akan melihat apa
yang aku perbuat kepadamu”. Rasulullah SAW bersabda, “Lalu bumi itu
menghimpitnya dengan kuat hingga menghancurkan tulang-tulang rusuknya”. Abu
Sa’id berkata : Kemudian Rasulullah SAW berisyarat dengan jari-jari beliau,
beliau memasukkan sebagian jari-jari beliau pada sebagian yang lain, seraya
bersabda, “Dan dilepaskan tujuh puluh ular, yang seandainya seekor saja
menyembur bumi, maka bumi itu tidak bisa menumbuhkan sesuatu selama dunia ada.
Dan ular itu mematuk dan melukainya hingga hari perhitungan”. Rasulullah SAW
bersabda (pula), “Sesungguhnya qubur itu adalah satu kebun dari kebun-kebun
surga atau satu jurang dari jurang-jurang neraka”.
[HR. Tirmidzi]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى جَنَازَةٍ،
فَجَلَسَ اِلَى قَبْرٍ مِنْهَا فَقَالَ: مَا يَأْتِى عَلَى هذَا اْلقَبْرِ يَوْمٌ
اِلاَّ وَ هُوَ يُنَادِى بِصَوْتٍ ذَلِقٍ طَلِقٍ: يَا ابْنَ آدَمَ نَسِيْتَنِى اَ
لَمْ تَعْلَمْ اَنِّى بَيْتُ اْلوَحْدَةِ، وَ بَيْتُ اْلغُرْبَةِ، وَ بَيْتُ
اْلوَحْشَةِ، وَ بَيْتُ الدَّوْدِ، وَ بَيْتُ اْلضِيْقِ اِلاَّ مَنْ وَسَّعَنِى
اللهُ عَلَيْهِ. ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اْلقَبْرُ اِمَّا رَوْضَةٌ مِنْ
رِيَاضِ اْلجَنَّةِ اَوْ حُفْرَةٌ مِنْ حُفَرِ النَّارِ. الطبرانى فى
الاوسط
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata : Kami pernah keluar bersama Rasulullah SAW untuk (mengantar) satu jenazah. Lalu beliau
duduk di dekat kubur tersebut dan bersabda, “Tidaklah satu haripun datang pada
qubur, kecuali qubur itu menyeru dengan suara yang terang lagi jelas, “Hai anak
Adam, engkau telah melupakan aku, apakah engkau tidak tahu bahwa aku adalah
rumah penyendirian, rumah pengasingan, rumah kesedihan, rumah cacing dan rumah
kesempitan, kecuali terhadap oang yang Allah meluaskan aku padanya”. Kemudian
Rasulullah SAW bersabda, “Qubur itu adalah satu kebun dari kebun-kebun surga,
atau satu jurang dari jurang-jurang neraka”.
[HR. Thabrani di dalam Al-Ausath]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: اَتَيْتُ النَّبِيَّ ص عَاشِرَ عَشْرَةٍ فَقَامَ رَجُلٌ
مِنَ اْلاَنْصَارِ فَقَالَ: يَا نَبِيَّ اللهِ، مَنْ اَكْيَسُ النَّاسِ وَ اَحْزَمُ
النَّاسِ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ ذِكْرًا لِلْمَوْتِ، وَ اَكْثَرُهُمْ اِسْتِعْدَادًا
لِلْمَوْتِ، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ ذَهَبُوْا بِشَرَفِ الدُّنْيَا وَ كَرَامَةِ
اْلآخِرَةِ. ابن ابى الدنيا فى كتاب الموت و التطبرانى فى الصغير باسناد حسن، و
البيهقى فى الزهد، و لفظه: اَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ ص: أَيُّ
اْلمُؤْمِنِيْنَ اَفْضَلُ؟ قَالَ: اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا. قَالَ: فَاَيُّ
اْلمُؤْمِنِيْن اَكْيَسُ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا، وَ اَحْسَنُهُمْ
لِمَا بَعْدَهُ اِسْتِعْدَادًا، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ.
Dari
Ibnu ‘Umar RA ia berkata : Saya datang kepada Nabi SAW, kami serombongan
sebanyak sepuluh orang. Kemudian ada seorang laki-laki Anshar bertanya, “Wahai
Nabiyallah, siapa orang yang paling cerdik dan paling teguh diantara manusia ?”.
Nabi SAW bersabda, “Orang yang paling banyak mengingat mati diantara mereka dan
orang yang paling banyak mempersiapkan bekal untuk mati. Mereka itulah
orang-orang yang cerdik, mereka pergi dengan membawa kemulyaan dunia dan
kemulyaan akhirat”. [HR.
Ibnu Abid-Dunya di dalam kitabul-Maut. Thabrani di dalam Ash-Shaghir dengan
sanad hasan. Dan Baihaqi juga meriwayatkan di dalam kitabuz-Zuhud, dengan
lafadh] : Sesungguhnya ada seorang laki-laki bertanya kepada Nabi SAW, “Siapa
diantara orang-orang mukmin itu yang lebih utama ?”. Nabi SAW menjawab, “Orang
yang paling baik akhlaqnya diantara mereka”. Orang tersebut bertanya lagi,
“Siapakah diantara orang-orang mukmin yang paling cerdik ?”. Nabi SAW menjawab,
“Orang yang paling banyak ingat mati diantara mereka, dan orang yang paling baik
persiapannya untuk kehidupan selanjutnya. Mereka itulah orang-orang yang
cerdik”.
عَنْ
سَهْلِ بْنِ سَعْدِ السَّاعِدِيِّ رض قَالَ: مَاتَ رَجُلٌ مِنْ اَصْحَابِ
النَّبِيِّ ص فَجَعَلَ اَصْحَابُ رَسُوْلِ اللهِ ص يُثْنُوْنَ عَلَيْهِ وَ
يَذْكُرُوْنَ مِنْ عِبَادَتِهِ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص سَاكِتٌ، فَلَمَّا سَكَتُوْا
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: هَلْ كَانَ يُكْثِرُ ذِكْرَ اْلمَوْتِ؟ قَالُوْا: لاَ.
قَالَ: هَلْ كَانَ يَدَعُ كَثِيْرًا مِمَّا يَشْتَهِى؟ قَالُوْا: لاَ. قَالَ: مَا
بَلَغَ صَاحِبُكُمْ كَثِيْرًا مِمَّا تَذْهَبُوْنَ اِلَيْهِ. الطبرانى باسناد حسن.
و البزار من حديث انس قال: ذُكِرَ عِنْدَ النَّبِيِّ ص رَجُلٌ بِعِبَادَةٍ وَ
اجْتِهَادٍ. فَقَالَ: كَيْفَ ذِكْرُ صَاحِبِكُمْ لِلْمَوْتِ؟ قَالُوْا: مَا
نَسْمَعُهُ يَذْكُرُهُ. قَالَ: لَيْسَ صَاحِبُكُمْ هُنَاكَ.
Dari
Sahal bin Sa’ad As-Saa’idiy RA ia berkata : Telah meninggal seorang sahabat Nabi
SAW, lalu para shahabat menyanjung-nyanjungnya dan mereka menyebutkan pula
tentang kebaikan ibadahnya, sedangkan Rasulullah SAW hanya diam saja. Setelah
mereka itu diam, Rasulullah SAW bertanya, “Apakah ia dulu banyak mengingat mati
?”. Para shahabat menjawab, “Tidak”.
Nabi SAW bertanya lagi, “Apakah ia dulu banyak meninggalkan
kesenangan-kesenangan dunia ?”. Para shahabat menjawab, “Tidak”. Beliau
bersabda, “Temanmu itu tidak menemui banyak dari apa yang kalian sangka
kepadanya”. [HR.
Thabrani dengan sanad hasan] Dan Al-Bazzar juga meriwayatkan dari haditsnya
Anas, ia berkata : Disebutkan di sisi Nabi SAW seorang laki-laki yaitu tentang
ibadah dan kesungguhannya. Kemudian Nabi SAW bertanya, “Bagaimana ingatnya
saudaramu itu kepada mati ?”. Para shahabat menjawab, “Kami tidak pernah
mendengarnya dia menyebutkan tentang mati”. Nabi SAW bersabda, “Saudaramu itu
tidak di sana”. [HR. Al-Bazzar]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى اْلمِنْبَرِ وَ النَّاسُ
حَوْلَهُ: اَيُّهَا النَّاسُ، اِسْتَحْيُوْا مِنَ اللهِ حَقَّ اْلحَيَاءِ. فَقَالَ
رَجُلٌ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّا لَنَسْتَحْيِى مِنَ اللهِ تَعَالَى. فَقَالَ:
مَنْ كَانَ مِنْكُمْ مُسْتَحْيِيًا فَلاَ يَبِيْتَنَّ لَيْلَةً اِلاَّ وَ اَجَلُهُ
بَيْنَ عَيْنَيْهِ، وَ لْيَحْفَظِ اْلبَطْنَ وَ مَا وَعَى. وَ الرَّأْسَ وَ مَا
حَوَى، وَ لْيَذْكُرِ اْلمَوْتَ وَ اْلبِلَى، وَ لْيَتْرُكْ زِيْنَةَ الدُّنْيَا.
الطبرانى فى الاوسط
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda di atas mimbar sedangkan
orang-orang ada di sekelilingnya, “Hai para manusia, malulah kamu sekalian
kepada Allah dengan sebenar-benarnya malu”. Lalu ada seorang laki-laki berkata,
“Ya Rasulullah, sesungguhnya kami telah malu kepada Allah Ta’ala”. Rasulullah
SAW bersabda, “Barangsiapa diantara kalian yang malu, maka tidaklah dia bermalam
satu malam kecuali ajalnya diantara dua matanya (dia ingat bahwa mati itu
dekat), hendaklah dia menjaga perut dan apa yang dia masukkan, menjaga kepala
dan yang ia himpun, hendaklah dia ingat mati dan kehancuran, dan hendaklah ia
meninggalkan hiasan dunia”.
[HR. Thabrani di dalam Al-Ausath]
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِسْتَحْيُوْا
مِنَ اللهِ حَقَّ اْلحَيَاءِ. قَالَ: قُلْنَا: يَا نَبِيَّ اللهِ، اِنَّا
لَنَسْتَحْيِى وَ اْلحَمْدُ ِللهِ، قَالَ: لَيْسَ ذلِكَ، وَ لكِنِ اْلاِسْتِحْيَاءُ
مِنَ اللهِ حَقَّ اْلحَيَاءِ اَنْ تَحْفَظَ الرَّأْسَ وَ مَا وَعَى وَ تَحْفَظَ
اْلبَطْنَ وَ مَا حَوَى وَ لْتَذْكُرِ اْلمَوْتَ وَ اْلبِلَى، وَ مَنْ اَرَادَ
اْلآخِرَةَ تَرَكَ زِيْنَةَ الدُّنْيَا. فَمَنْ فَعَلَ ذلِكَ فَقَدِ اسْتَحْيَا
مِنَ اللهِ حَقَّ اْلحَيَاءِ. الترمذى
Dari
Abdullah bin Mas’ud RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Malulah kamu
sekalian kepada Allah dengan sebenar-benarnya malu”. Ibnu Mas’ud berkata : Kami
berkata, “Ya Nabiyallah, sesungguhnya kami sudah malu. Alhamdulillah”. Nabi SAW
bersabda, “Bukan demikian, tetapi malu kepada Allah dengan sebenar-benarnya malu
ialah kamu menjaga kepalamu dan apa yang dimasukkannya, kamu menjaga perut dan
apa yang dihimpunnya, hendaklah kamu ingat mati dan kehancuran. Barangsiapa
menginginkan akhirat dan meninggalkan hiasan dunia, maka barangsiapa yang
melakukan demikian, sungguh dia telah malu kepada Allah dengan sebenar-benarnya
malu”.
[HR. Tirmidzi]
عَنِ
الضَّحَّاكِ رض قَالَ: اَتَى النَّبِيَّ ص رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ،
مَنْ اَزْهَدُ النَّاسِ؟ فَقَالَ: مَنْ لَمْ يَنْسَ اْلقَبْرَ وَ اْلبِلَى، وَ
تَرَكَ فَضْلَ زِيْنَةِ الدُّنْيَا، وَ آثَرَ مَا يَبْقَى عَلَى مَا يَفْنَى، وَ
لَمْ يَعُدَّ غَدًا مِنْ اَيَّامِهِ، وَ عَدَّ نَفْسَهُ مِنَ اْلمَوْتَى. ابن ابى
الدنيا
Dari
Adl-Dlahhak RA ia berkata : Ada seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW lalu
bertanya, “Ya Rasulullah, siapa orang yang paling zuhud itu ?”. Nabi SAW
menjawab, “Orang yang tidak melupakan kubur dan kehancuran, meninggalkan
kelebihan hiasan dunia, mengutamakan yang kekal dari pada yang fana, tidak
menghitung besok pagi sebagai hari-harinya, dan menghitung dirinya termasuk
orang-orang yang akan mati”.
[HR. Ibnu Abid-Dunya]
عَنْ
عُثْمَانَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: كَفَى بِاْلمَوْتِ وَاعِظًا وَ كَفَى
بِاْليَقِيْنِ غِنًى. الطبرنى
Dari
Utsman RA, bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Cukuplah mati itu sebagai penasehat,
dan cukuplah keyaqinan itu sebagai kekayaan”.
[HR. Thabrani]
عَنِ
اْلبَرَاءِ رض قَالَ: كُنَّا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى جَنَازَةٍ فَجَلَسَ عَلَى
شَفِيْرِ اْلقَبْرِ فَبَكَى حَتَّى بَلَّ الثَّرَى، ثُمَّ قَالَ: يَا اِخْوَانِى،
لِمِثْلِ هذَا فَاَعِدُّوْا. ابن ماجه باسناد حسن
Dari
Al-Baraa’ RA, ia berkata : Dahulu kami bersama Rasulullah SAW (menguburkan)
jenazah, lalu beliau duduk di tepi kubur dengan menangis hingga air mata beliau
menetes ke tanah. Kemudian beliau bersabda, “Wahai saudara-saudaraku, untuk
seperti ini, maka bersiap-siaplah kalian”.
[HR. Ibnu Majah dengan sanad hasan]
عَنْ
اَنَسٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَرْبَعَةٌ مِنَ الشَّقَاءِ: جُمُوْدُ
اْلعَيْنِ، وَ قَسْوَةُ اْلقَلْبِ، وَ طُوْلُ اْلاَمَلِ، وَ اْلحِرْصُ عَلَى
الدُّنْيَا. البزار
Dari
Anas RA, ia berkata : Rasulullah SAW
pernah bersabda, “Ada empat hal dari kecelakaan, yaitu : kerasnya mata
(tidak bisa menangis takut kepada Allah), kerasnya hati, panjang angan-angan,
dan rakus kepada dunia”.
[HR. Al-Bazzar]
عَنْ
اُمِّ اْلوَلِيْدِ بِنْتِ عُمَرَ قَالَتْ: اِطَّلَعَ رَسُوْلُ اللهِ ص ذَاتَ
عَشِيَّةٍ فَقَالَ: ياَاَيُّهَا النَّاسُ، اَلاَ تَسْتَحْيُوْنَ؟ قَالُوْا: مِمَّ
ذَاكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: تَجْمَعُوْنَ مَا لاَ تَأْكُلُوْنَ، وَ
تَبْنُوْنَ مَا لاَ تَعْمُرُوْنَ، وَ تَأْمُلُوْنَ مَا لاَ تُدْرِكُوْنَ، اَلاَ
تَسْتَحْيُوْنَ مِنْ ذلِكَ؟. الطبرانى
Dari
Umul Walid binti Umar, ia berkata : Rasulullah SAW pernah muncul pada suatu
sore, lalu beliau bertanya, “Hai para manusia, apakah kamu sekalian tidak malu
?”. Para shahabat menjawab, “Malu dari apa itu ya Rasulullah ?”. Beliau
bersabda, “Kamu sekalian mengumpulkan apa-apa yang tidak kalian makan, kamu
sekalian membangun apa-apa yang tidak kalian huni dan kalian berangan-angan
apa-apa yang tidak kalian dapatkan. Apakah kamu sekalian tidak malu dari
semuanya itu ?”.
[HR. Thabrani]
[Bersambung]
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak