Ahad,
04 April 2004/14 Shafar 1425 Brosur No. :
1220/1260/IF
Shalat
(2)
اِنَّ
الصَّلوةَ كَانَتْ عَلَى اْلمُؤْمِنِيْنَ كِتبًا مَّوْقُوْتًا.
النساء:103
Sesungguhnya
shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang
beriman.
[QS. An-Nisa' : 103]
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: وَقْتُ صَلاَةِ
الظُّهْرِ مَا لَمْ يَحْضُرِ اْلعَصْرُ، وَوَقْتُ صَلاَةِ اْلعَصْرِ مَا لَمْ
تَصْفَرَّ الشَّمْسُ، وَوَقْتُ صَلاَةِ اْلمَغْرِبِ مَا لَمْ يَسْقُطْ ثَوْرُ
الشَّفَقِ. وَوَقْتُ صَلاَةِ اْلعِشَاءِ اِلىَ نِصْفِ اللَّيْلِ، وَوَقْتُ صَلاَةِ
اْلفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ. احمد و مسلم والنسائى و ابو داود، فى نيل
الاوطار 1: 357.
Dari
Abdullah bin 'Amr, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Waktu shalat Dhuhur
itu selama belum datang waktu 'Ashar, waktu shalat 'Ashar itu selama matahari
belum menguning, waktu shalat Maghrib itu selama tersebarnya cahaya merah belum
hilang, waktu shalat 'Isya' itu sampai tengah malam, dan waktu shalat Shubuh itu
selama matahari belum terbit".
[HR. Ahmad, Muslim, Nasai dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 1, hal.
357]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَلشَّفَقُ اْلحُمْرَةُ، فَاِذاَ غَابَ
الشَّفَقُ وَجَبَتِ الصَّلاَةُ. الدارقطنى، فى نيل الاوطار 2: 11
Dari
Ibnu 'Umar, bahwa Nabi SAW bersabda, "Syafaq itu adalah cahaya merah, karena itu
apabila syafaq telah terbenam, maka tibalah waktu shalat 'Isyak
".
[HR. Daruquthni, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 11].
عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اَنَّ جِبْرِيْلَ اَتَى النَّبِيَّ ص يُعَلّمُهُ
مَوَاقِيْتَ الصَّلاَةِ، فَتَقَدَّمَ جِبْرِيْلُ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص خَلْفَهُ وَ
النَّاسُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص فَصَلَّى الظُّهْرَ حِيْنَ زَالَتِ الشَّمْسُ،
فَاَتَاهُ حِيْنَ كَانَ الظّلُّ مِثْلَ شَخْصِهِ فَصَنَعَ كَمَا صَنَعَ فَتَقَدَّمَ
جِبْرِيْلُ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص خَلْفَهُ وَ النَّاسُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص
فَصَلَّى اْلعَصْرَ، ثُمَّ اَتَاهُ حِيْنَ وَجَبَتِ الشَّمْسُ فَتَقَدَّمَ
جِبْرِيْلُ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص خَلْفَهُ وَ النَّاسُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص
فَصَلَّى اْلمَغْرِبَ، ثُمَّ اَتَاهُ حِيْنَ غَابَ الشَّفَقُ فَتَقَدَّمَ
جِبْرِيْلُ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص خَلْفَهُ وَ النَّاسُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص
فَصَلَّى اْلعِشَاءَ، ثُمَّ اَتَاهُ حِيْنَ اِنْشَقَّ اْلفَجْرُ فَتَقَدَّمَ
جِبْرِيْلُ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص خَلْفَهُ وَ النَّاسُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص
فَصَلَّى اْلغَدَاةَ. النسائى 1: 255
Dari
Jabir bin 'Abdullah, ia berkata : bahwasanya malaikat Jibril datang kepada Nabi
SAW mengajarkan waktu-waktu shalat (wajib). Lalu Jibril maju dan Rasulullah SAW
berdiri di belakangnya, dan orang-orang berdiri di belakang Rasulullah SAW, lalu
shalat Dluhur ketika matahari telah tergelincir. Kemudian Jibril datang kepada
Nabi ketika bayangan seseorang sama panjangnya, lalu dia melakukan sebagaimana
yang telah ia lakukan, Jibril maju dan Rasulullah SAW berdiri di belakangnya dan
orang-orang berdiri di belakang Rasulullah SAW lalu shalat 'Ashar. Kemudian
Jibril datang lagi ketika matahari terbenam, Jibril maju dan Rasulullah SAW
berdiri di belakangnya dan orang-orang berdiri di belakang Rasulullah SAW, lalu
shalat Maghrib. Kemudian Jibril datang lagi kepada beliau ketika telah hilang
cahaya merah, Jibril maju dan Rasulullah SAW berdiri di belakangnya dan
orang-orang berdiri di belakang Rasulullah SAW, lalu shalat 'Isyak. Kemudian
Jibril datang lagi kepada beliau ketika terbit fajar, Jibril maju dan Rasulullah
SAW berdiri di belakangnya, dan orang-orang berdiri di belakang Rasulullah SAW,
lalu shalat Shubuh.
[HR. Nasai juz 1, hal. 255]
ثُمَّ
اَتَاهُ اْليَوْمَ الثَّانِيَ حِيْنَ كَانَ ظِلُّ الرَّجُلِ مِثْلَ شَخْصِهِ
فَصَنَعَ مِثْلَ مَا صَنَعَ فِى اْلاَمْسِ فَصَلَّى الظُّهْرَ، ثُمَّ اَتَاهُ
حِيْنَ كَانَ ظِلُّ الرَّجُلِ مِثْلَ شَخْصَيْهِ فَصَنَعَ كَمَا صَنَعَ فِى
اْلاَمْسِ فَصَلَّى اْلعَصْرَ، ثُمَّ اَتَاهُ حِيْنَ وَجَبَتِ الشَّمْسُ فَصَنَعَ
كَمَا صَنَعَ بِاْلاَمْسِ فَصَلَّى
اْلمَغْرِبَ، فَنِمْنَا ثُمَّ قُمْنَا ثُمَّ نِمْنَا ثُمَّ قُمْنَا، فَاَتَاهُ
فَصَنَعَ كَمَا صَنَعَ بِاْلاَمْسِ فَصَلَّى اْلعِشَاءَ، ثُمَّ اَتَاهُ حِيْنَ
اِمْتَدَّ اْلفَجْرُ وَ اَصْبحَ وَ النُّجُوْمَ بَادِيَةٌ مُشْتَبِكَةٌ فَصَنَعَ
كَمَا صَنَعَ بِاْلاَمْسِ فَصَلَّى اْلغَدَاةَ. ثُمَّ قَالَ: مَا بَيْنَ هَاتَيْنِ
الصَّلاَتَيْنِ وَقْتٌ. النسائى 1: 255
Kemudian
pada hari kedua Jibril datang lagi kepada beliau ketika bayangan seseorang sama
dengan panjangnya, lalu melakukan seperti yang telah dilakukan kemarin, lalu
shalat Dluhur. Kemudian Jibril datang lagi kepada beliau ketika bayangan
seseorang dua kali panjangnya, lalu melakukan sebagaimana yang telah dilakukan
kemarin, lalu shalat 'Ashar. Kemudian Jibril datang lagi kepada beliau ketika
matahari terbenam, lalu melakukan sebagaimana yang dilakukan kemarin, lalu
shalat Maghrib. Kemudian kami tidur, lalu bangun, lalu tidur lagi, lalu bangun,
kemudian Jibril datang lagi kepada beliau, lalu melakukan sebagaimana yang
dilakukan kemarin, lalu shalat 'Isyak. Kemudian Jibril datang lagi kepada beliau
ketika waktu fajar sudah lama dan sudah pagi tetapi bintang-bintang masih tampak
jelas, lalu melakukan sebagaimana yang dilakukan kemarin, lalu shalat Shubuh.
Kemudian Nabi SAW bersabda, "Antara dua waktu shalat inilah waktunya
shalat-shalat fardlu".
[HR. Nasai juz 1, hal. 255]
عَنْ
سَلَمَةَ بْنِ اْلاَكْوَعِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى اْلمَغْرِبَ اِذَا
غَرَبَتِ الشَّمْسُ وَتَوَارَتْ بِاْلحِجَابِ. الجماعة الا النسائى، فى نيل الاوطار
2: 3.
Dari
Salamah bin Al-Akwa', sesungguhnya Rasulullah SAW shalat Maghrib ketika matahari
telah terbenam dan bersembunyi di balik hijab.
[HR. Jama'ah, kecuali Nasai, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 3].
عَنْ
رَافِعِ بْنِ خَدِيْجٍ يَقُوْلُ: كُنَّا نُصَلّى اْلمَغْرِبَ مَعَ النَّبِيّ ص وَ
يَنْصَرِفُ اَحَدُنَا وَ اِنَّهُ لَيُبْصِرُ مَوَاقِعَ نَبْلِهِ. البخارى 1:
140
Dari
Rafi' bin Khadiij, ia berkata, "Kami dahulu shalat Maghrib bersama Rasulullah
SAW. Setelah pulang, seseorang dari kami masih bisa melihat tempat jatuhnya anak
panahnya".
[HR. Bukhari juz 1, hal. 140]
عَنْ
جَابِرٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يُصَلّى الظُّهْرَ بِاْلهَاجِرَةِ وَاْلعَصْرَ
وَالشَّمْسُ نَقِيَّةٌ، وَاْلمَغْرِبَ اِذَا وَجَبَتِ الشَّمْسُ، وَاْلعِشَاءَ
اَحْيَانًا يُؤَخّرُهَا وَاَحْيَانًا يُعَجّلُهَا: اِذَا رَاهُمُ اجْتَمَعُوْا
عَجَّلَ، وَاِذَا رَاهُمْ اَبْطَأُوْا اَخَّرَ. وَالصُّبْحُ كَانُوْا - اَوْ كَانَ
النَّبِيُّ ص - يُصَلّيْهَا بِغَلَسٍ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 2:
14.
Dari
Jabir, ia berkata : Adalah Nabi SAW shalat Dluhur di tengah hari, dan shalat
'Ashar pada waktu matahari putih bersih, dan shalat Maghrib setelah matahari
terbenam, dan shalat 'Isya' terkadang beliau mengakhirkannya dan terkadang
menyegerakannya. Apabila beliau melihat orang-orang sudah berkumpul, maka
beliau menyegerakannya dan apabila beliau melihat mereka berlambat, beliau
mengakhirkannya dan untuk shalat Shubuh mereka atau Nabi SAW shalat diwaktu
masih gelap".
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 14]
عَنْ
جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُؤَخّرُاْلعِشَاءَ
اْلاخِرَةَ. احمد و مسلم و النسائى. فى نيل الاوطار 2: 13
Dari
Jabir bin Samurah, ia berkata, "Rasulullah SAW pernah mengakhirkan shalat Isya'
sampai akhir malam".
[HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 13].
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لَوْلاَ اَنْ اَشُقَّ عَلَى
اُمَّتِي َلاَمَرْتُهُمْ اَنْ يُؤَخّرُوا اْلعِشَاءَ اِلىَ ثُلُثِ اللَّيْلِ. اَو
ْنِصْفِهِ. احمد وابن ماجه و الترمذى وصححه، فى نيل الاوطار 2: 13.
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Seandainya tidak akan
memberatkan ummatku, nisaya aku perintahkan mereka mengakhirkan shalat 'Isya'
sampai sepertiga malam, atau tengah malam".
[HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi. Dan Tirmidzi mengesahkannya, dalam Nailul
Authar juz 2, hal. 13].
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: وَقْتُ الظُّهْرِ مَا لَمْ
يَحْضُرِ اْلعَصْرُ وَ وَقْتُ اْلعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ الشّمْسُ وَ وَقْتُ
اْلمَغْرِبِ مَا لَمْ يَسْقُطْ ثَوْرُ الشَّفَقِ وَ وَقْتُ اْلعِشَاءِ اِلَى نِصْفِ
اللَّيْلِ وَ وَقْتُ اْلفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ. مسلم 1:
427
Dari
'Abdullah bin 'Amr, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Waktu Dluhur adalah selama
belum tiba waktu 'Ashar. Waktu 'Ashar adalah selama matahari belum berwarna
kuning. Waktu Maghrib adalah selama belum hilang cahaya merah. Waktu 'Isyak
adalah sampai tengah malam. Dan waku Shubuh adalah selama belum terbit
matahari.
[HR. Muslim juz 1, hal. 427]
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: وَقْتُ الظُّهْرِ اِذَا
زَالَتِ الشَّمْسُ وَ كَانَ ظِلُّ الرَّجُلِ كَطُوْلِهِ مَا لَمْ يَحْضُرِ
اْلعَصْرُ، وَ وَقْتُ اْلعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ الشَّمْسُ وَ وَقْتُ صَلاَةِ
اْلمَغْرِبِ مَا لَمْ يَغِبِ الشَّفَقُ وَ وَقْتُ صَلاَةِ اْلعِشَاءِ اِلَى نِصْفِ
اللَّيْلِ اْلاَوْسَطِ وَ وَقْتُ صَلاَةِ الصُّبْحِ مِنْ طُلُوْعِ اْلفَجْرِ مَا
لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ. مسلم 1: 427
Dari
'Adullah bin 'Amr, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda. Waktu shalat Dluhur
ialah manakala matahari sudah condong ke barat (hingga) bayang-bayang seseorang
sama dengan panjangnya, dan selama belum tiba waktu 'Ashar. Waktu 'Ashar adalah
selama matahari belum berwarna kuning. Waktu Maghrib adalah selama belum hilang
mega atau awan merah. Waktu 'Isyak adalah sampai tengah malam. Waktu Shubuh
adalah sejak terbit fajar selama matahari belum terbit".
[HR. Muslim juz 1, hal. 427]
عَنْ
سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيّ ص اَنَّ رَجُلاً
سَأَلَهُ عَنْ وَقْتِ الصَّلاَةِ، فَقَالَ لَهُ: صَلّ مَعَنَا هذَيْنِ (يَعْنِى
اْليَوْمَيْنِ) فَلَمَّا زَالَتِ الشَّمْسُ اَمَرَ بِلاَلاً فَاَذَّنَ ثُمَّ
اَمَرَهُ فَاَقَامَ الظُّهْرَ . ثُمَّ اَمَرَهُ فَاَقَامَ اْلعَصْرَ وَ الشَّمْسُ
مُرْتَفِعَةٌ بَيْضَاءُ نَقِيَّةٌ. ثُمَّ اَمَرَهُ فَاَقَامَ اْلمَغْرِبَ حِيْنَ
غَابَتِ الشَّمْسُ. ثُمَّ اَمَرَهُ فَاَقَامَ اْلعِشَاءَ حِيْنَ غَابَ الشَّفَقُ.
ثُمَّ اَمَرَهُ فَاَقَامَ اْلفَجْرَ حِيْنَ طَلَعَ اْلفَجْرُ. فَلَمَّا اَنْ كَانَ
اْليَوْمُ الثَّانِى اَمَرَهُ فَاَبْرَدَ بِالظُّهْرِ فَاَبْرَدَ بِهَا فَاَنْعَمَ
اَنْ يُبْرِدَ بِهَا. وَ صَلَّى اْلعَصْرَ وَ الشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ اَخَّرَهَا
فَوْقَ الَّذِى كَانَ، وَ صَلَّى اْلمَغْرِبَ قَبْلَ اَنْ يَغِيْبَ الشَّفَقُ. وَ
صَلَّى اْلعِشَاءَ بَعْدَ مَا ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ وَ صَلَّى اْلفَجْرَ
فَاَسْفَرَ بِهَا. ثُمَّ قَالَ: اَيْنَ السَّائِلُ عَنْ وَقْتِ الصَّلاَةِ؟.
فَقَالَ الرَّجُلُ: اَنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ. قَالَ: وَقْتُ صَلاَتِكُمْ بَيْنَ
مَا رَأَيْتُمْ. مسلم 1: 428
Dari
Sulaiman bin Buraidah dari bapaknya dari Nabi SAW bahwasanya ada seorang
laki-laki bertanya kepada beliau tentang waktu shalat (fardlu). Maka beliau
bersabda kepadanya, "Shalatlah bersama
kami dua hari ini". Maka setelah matahari tergelincir beliau menyuruh Bilal
supaya adzan, lalu Bilal adzan. Kemudian beliau menyuruhnya untuk iqamah, lalu
Bilal iqamah untuk shalat Dluhur. Kemudian beliau menyuruhnya, lalu Bilal iqamah
shalat 'Ashar, sedangkan pada waktu itu matahari masih tinggi bersinar putih
bersih. Kemudian beliau menyuruhnya, lalu Bilal iqamah shalat Maghrib ketika
matahari terbenam. Kemudian beliau menyuruhnya iqamah, lalu Bilal iqamah shalat
'Isyak ketika telah hilang cahaya merah. Kemudian beliau menyuruhnya iqamah,
lalu Bilal iqamah shalat Shubuh ketika terbit fajar. Kemudian pada hari kedua
beliau menyuruh Bilal untuk menangguhkan shalat Dluhur hingga dingin, lalu Bilal
menangguhkannya, Beliau menyuruh menangguhkannya lagi hingga dingin. Dan beliau
shalat 'Ashar pada waktu matahari masih tinggi, tetapi lebih sore daripada hari
sebelumnya. Dan beliau shalat Maghrib sebelum hilang cahaya merah. Dan beliau
shalat 'Isyak setelah berlalu sepertiga malam. Dan beliau shalat Shubuh ketika
waktu sudah terang. Lalu beliau bersabda, "Dimanakah orang yang menanyakan
tentang waktu shalat "(fardlu) ?". Kemudian seorang laki-laki menjawab, "Saya,
ya Rasulullah". Beliau bersabda, "Waktu shalat kalian adalah antara waktu-waktu
yang telah kalian ketahui tadi"
[HR. Muslim juz 1, hal. 428]
عَنْ
عَائِشَةَ قَالَتْ: اَعْتَمَ النَّبِيُّ ص ذَاتَ لَيْلَةٍ حَتَّى ذَهَبَ عَامَّةُ
اللَّيْلِ وَ حَتَّى نَامَ اَهْلُ اْلمَسْجِدِ ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى فَقَالَ:
اِنَّهُ لَوَقْتُهَا لَوْلاَ اَنْ اَشُقَّ عَلَى اُمَّتِى. مسلم 1: 442
Dari
'Aisyah, ia berkata : Pada suatu malam Nabi SAW pernah mengakhirkan shalat
'Isyak hingga berlalu sebagian besar malam, dimana orang-orang yang di masjid
sama tidur, kemudian beliau keluar, lalu shalat ('Isyak), kemudian beliau
bersabda, "Sesungguhnya ini adalah waktunya, sekiranya aku tidak memberatkan
ummatku".
[HR. Muslim juz 1, hal. 442]
Bersambung……..
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak