Ahad,
14 Maret 2004/23 Muharram 1425 Brosur No. :
1217/1257/IF
Shalat
(1)
Allah
SWT berfirman :
... وَ اَقِمِ الصّلوةَ لِذِكْرِيْ. طه:14
….
dirikanlah shalat untuk mengingat-Ku.
[QS. Thaahaa : 14]
فَاَقِيْمُوا
الصَّلوةَ، اِنَّ الصَّلوةَ كَانَتْ عَلَى اْلمُؤْمِنِيْنَ كِتَابًا مَوْقُوْتًا.
النساء: 103
Maka
dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang telah
ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.
[QS. An-Nisaa' : 103]
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: بُنِيَ اْلاِسْلاَمُ
عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ
اللهِ، وَ اِقَامِ الصَّلاَةِ، وَ اِيْتَاءِ الزَّكَاةِ، وَ حَجّ اْلبَيْتِ وَ
صَوْمِ رَمَضَانَ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 1: 333
Dari
‘Abdullah bin ‘Umar, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Islam itu terdiri
atas lima rukun. Mengakui bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan
sesungguhnya Muhammat itu adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan
zakat, hajji ke Baitullah dan puasa Ramadlan.
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 1, hal.
333]
عَنْ
جَابِرٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: بَيْنَ الرَّجُلِ وَ بَيْنَ اْلكُفْرِ
تَرْكُ الصَّلاَةِ. الجماعة الا البخارى و النسائى، فى نيل الاوطار 1:
340
Dari
Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “(Yang membedakan) antara seseorang
dan kekufuran adalah meninggalkan shalat”.
[HR. Jama’ah, kecuali Bukhari dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 1, hal.
340]
عَنْ
بُرَيْدَةَ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اَلْعَهْدُ الَّذِى
بَيْنَنَا وَ بَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ. فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ. الخمسة، فى
نيل الاوطار 1: 343
Dari
Buraidah RA, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Perjanjian
antara kami dan mereka adalah shalat, maka barangsiapa meninggalkannya, maka
sungguh ia telah kufur”.
[HR. Khamsah, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 343]
عَنْ
طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ اَنَّ اَعْرَابِيًّا جَاءَ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص
ثَائِرَ الرَّأْسِ، فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَخْبِرْنِى مَا فَرَضَ اللهُ
عَلَيَّ مِنَ الصَّلاَةِ ! قَالَ: الصَّلَوَاتُ اْلخَمْسُ، اِلاَّ اَنْ تَطَوَّعَ
شَيْئًا. قَالَ: اَخْبِرْنِى مَا فَرَضَ اللهُ عَلَيَّ مِنَ الصّيَامِ ! قَالَ:
شَهْرُ رَمَضَانَ اِلاَّ اَنْ تَطَوَّعَ شَيْئًا. قَالَ: اَخْبِرْنِى مَا فَرَضَ
اللهُ عَلَيَّ مِنَ الزَّكَاةِ ! قَالَ: فَاَخْبَرَهُ رَسُوْلُ اللهِ ص بِشَرَائِعِ
اْلاِسْلاَمِ كُلّهَا. فَقَالَ: وَ الَّذِى اَكْرَمَكَ، لاَ اَطَّوَّعُ شَيْئًا وَ
لاَ اَنْقُصُ مِمَّا فَرَضَ اللهُ عَلَيَّ شَيْئًا. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص.
اَفْلَحَ اِنْ صَدَقَ اَوْ دَخَلَ اْلجَنَّةَ اِنْ صَدَقَ. احمد و البخارى و مسلم،
فى نيل الاوطار 1: 335
Dari
Thalhah bin ‘Ubaidillah, bahwa seorang Arab gunung datang kepada Rasulullah SAW
dalam keadaan rambutnya kusut, lalu ia bertanya, “Ya Rasulullah, beritahukanlah
kepadaku, apa yang Allah wajibkan kepadaku dari shalat ?”. Beliau bersabda,
“Shalat-shalat yang lima, kecuali kamu mau melakukan yang sunnah”. Ia bertanya,
“Beritahukanlah kepadaku, apa yang Allah wajibkan kepadaku dari puasa ?”. Beliau
SAW bersabda, “Puasalah bulan Ramadlan, kecuali kamu mau melakukan yang sunnah”.
Ia bertanya lagi, “Beritahukanlah kepadaku, apa yang Allah wajibkan kepadaku
dari zakat ?’. Thalhah berkata : Lalu Rasulullah SAW memberitahukan kepadanya
tentang syariat-syariat Islam seluruhnya. Lalu orang Arab gunung itu berkata,
“Demi Allah yang telah memuliakan engkau, saya tidak akan menambah sesuatu dan
tidak akan mengurangi sedikitpun dari apa-apa yang telah diwajibkan oleh Allah
kepada saya”. Lalu Rasulullah SAW bersabda, “Pasti ia akan bahagia, jika benar.
Atau pasti ia akan masuk surga jika benar (ucapannya)”.
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 335]
عَنْ
اَنَسِ بْنَ مَالِكٍ رض قَالَ: فُرِضَتْ عَلَى النَّبِيّ ص الصَّلَوَاتُ لَيْلَةَ
اُسْرِيَ بِهِ خَمْسِيْنَ، ثُمَّ نُقِصَتْ حَتَّى جُعِلَتْ خَمْسًا. ثُمَّ
نُوْدِيَ: يَا مُحَمَّدُ اِنَّهُ لاَ يُبَدَّلُ اْلقَوْلُ لَدَيَّ وَ اِنَّ لَكَ
بِهذِهِ اْلخَمْسِ خَمْسِيْنَ. احمد و النسائى و الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار 1:
334
Dari
Anas bin Malik RA, ia berkata : Diwajibkan shalat itu pada Nabi SAW pada malam
Isra’, lima puluh kali. Kemudian dikurangi sehingga menjadi lima kali, kemudian
Nabi dipanggil, “Ya Muhammad, sesungguhnya tidak diganti (diubah) ketetapan itu
di sisi-Ku. Dan sesungguhnya lima kali itu sama dengan lima puluh
kali”.
[HR. Ahmad, Nasai dan Tirmidzi. Dan Tirmidzi menshahihkannya, dalam Nailul
Authar juz 1, hal. 334]
عَنِ
الشَّعْبِيّ اَنَّ عَائِشَةَ قَالَتْ: قَدْ فُرِضَتِ الصَّلاَةُ رَكْعَتَيْنِ
رَكْعَتَيْنِ بِمَكَّةَ. فَلَمَّا قَدِمَ رَسُوْلُ اللهِ ص اْلمَدِيْنَةَ زَادَ
مَعَ كُلّ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ، اِلاَّ اْلمَغْرِبَ فَاِنَّها وِتْرُ
النَّهَارِ وَ صَلاَةُ اْلفَجْرِ لِطُوْلِ قِرَاءَتِهِمَا. قَالَ: وَ كَانَ اِذَا
سَافَرَ صَلَّى الصَّلاَةَ اْلاُوْلَى. احمد
Dari
‘Asy-Sya’bi bahwa ‘Aisyah RA pernah berkata : Sungguh telah difardlukan shalat
itu dua rekaat dua rekaat ketika di Makkah. Maka tatkala Rasulullah SAW tiba di
Madinah (Allah) menambah pada masing-masing dua rekaat itu dengan dua rekaat
(lagi), kecuali shalat Maghrib, karena sesungguhnya shalat Maghrib itu witirnya
siang, dan pada shalat Fajar (Shubuh), karena panjangnya bacaannya”. Asy-Sya’bi
berkata, “Dan adalah Rasulullah SAW apabila bepergian (safar), beliau shalat
sebagaimana pada awalnya (dua rekaat)”.
[HR. Ahmad 6 : 241]
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ اْلعَاصِ عَنِ النَّبِيّ ص اَنَّهُ ذَكَرَ
الصَّلاَةَ يَوْمًا فَقَالَ: مَنْ حَافَظَ عَلَيْهَا كَانَتْ لَهُ نُوْرًا وَ
بُرْهَانًا وَ نَجَاةً يَوْمَ اْلقِيَامَةِ. وَ مَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا لَمْ
تَكُنْ لَهُ نُوْرًا وَ لاَ بُرْهَانًا وَ لاَ نَجَاةً. وَ كَانَ يَوْمَ
اْلقِيَامَةِ مَعَ قَارُوْنَ وَ فِرْعَوْنَ وَ هَامَانَ وَ اُبَيّ بْنِ خَلَفٍ.
احمد، فى نيل الاوطار 1: 343
Dari
‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-’Ash, dari Nabi SAW bahwa beliau pada suatu hari
menerangkan tentang shalat, lalu beliau bersabda, “Barangsiapa memeliharanya,
maka shalat itu baginya sebagai cahaya, bukti dan penyelamat pada hari qiyamat.
Dan barangsiapa tidak memeliharanya, maka shalat itu baginya tidak merupakan
cahaya, tidak sebagai bukti, dan tidak (pula) sebagai penyelamat. Dan adalah dia
pada hari qiyamat bersama-sama Qarun, Fir’aun, Haaman, dan Ubay bin
Khalaf”.
[HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 343]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اِنَّ اَوَّلَ مَا
يُحَاسَبُ بِهِ اْلعَبْدُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ الصَّلاَةُ اْلمَكْتُوْبَةُ فَاِنْ
اَتَمَّهَا وَ اِلاَّ قِيْلَ. اُنْظُرُوْا، هَلْ لَهُ مِنْ تَطَوُّعٍ؟ فَاِنْ كَانَ
لَهُ تَطَوُّعٌ اُكْمِلَتِ اْلفَرِيْضَةُ مِنْ تَطَوُّعِهِ، ثُمَّ يُفْعَلُ
بِسَائِرِ اْلاَعْمَالِ اْلمَفْرُوْضَةِ مِثْلُ ذلِكَ. الخمسة، فى نيل الاوطار 1:
345
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya
pertama-tama perbuatan manusia yang dihisab pada hari qiyamat, adalah shalat
wajib. Maka apabila ia telah menyempurnakannya (maka selesailah persoalannya).
Tetapi apabila tidak sempurna shalatnya, dikatakan (kepada malaikat), “Lihatlah
dulu, apakah ia pernah mengerjakan shalat sunnah ! Jika ia mengerjakan shalat
sunnah, maka kekurangan dalam shalat wajib disempurnakan dengan shalat
sunnahnya”. Kemudian semua amal-amal yang wajib diperlakukan seperti
itu”.
[HR. Khamsah, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 345]
عَنِ
بْنِ مُحَيْرِيْزٍ اَنَّ رَجُلاً مِنْ بَنِى كِنَانَةَ يُدْعَى اْلمُخْدَجِيَّ
سَمِعَ رَجُلاً بِالشَّامِ يُدْعَى اَبَا مُحَمَّدٍ يَقُوْلُ: اِنَّ اْلوِتْرَ
وَاجِبٌ. قَالَ اْلمُخْدَجِيُّ: فَرُحْتُ اِلَى عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ،
فَاَخْبَرْتُهُ فَقَالَ عُبَادَةُ: كَذَبَ اَبُوْ مُحَمَّدٍ. سَمِعْتُ رَسُوْلَ
اللهِ ص يَقُوْلُ: خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ اللهُ عَلَى اْلعِبَادِ. مَنْ
اَتَى بِهِنَّ لَمْ يُضَيّعْ مِنْهُنَّ شَيْئًا اِسْتِخْفَافًا بِحَقّهِنَّ كَانَ
لَهُ عِنْدَ اللهِ عَهْدًا اَنْ يُدْخِلَهُ اْلجَنَّةَ. وَ مَنْ لَمْ يَأْتِ
بِهِنَّ فَلَيْسَ لَهُ عِنْدَ اللهِ عَهْدٌ. اِنْ شَاءَ عَذَّبَهُ وَ اِنْ شَاءَ
غَفَرَ لَهُ. احمد و ابو داود و النسائى، فى نيل الاوطار 1: 344
Dari
Ibnu Muhairiz, bahwa seorang laki-laki dari Bani Kinanah yang bernama
Al-Mukhdajiy pernah mendengar seorang laki-laki di Syam yang bernama Abu
Muhammad, ia berkata : Sesungguhnya shalat witir itu wajib. Mukhdajiy berkata :
Lalu aku pergi kepada ‘Ubadah bin Shamit untuk memberitahukan kepadanya. Maka
‘Ubadah berkata, “Abu Muhammad dusta, sebab aku pernah mendengar Rasulullah SAW
bersabda, “Shalat yang diwajibkan Allah atas hamba-hamba-Nya itu adalah lima.
Barangsiapa mengerjakannya tanpa menyia-nyiakan sedikitpun daripadanya karena
hendak memperingan kewajibannya, maka dia dapat jaminan dari Allah, (yaitu)
bahwa Allah akan memasukkannya ke dalam surga. Dan barangsiapa tidak
melakukannya, maka tidak mendapat jaminan dari Allah, (yiatu) bila Allah
menghendaki, maka Dia akan menyiksanya, dan bila Dia menghendaki, maka Dia akan
mengampuninya”.
[HR. Ahmad, Abu Dawud dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 1, hal.
344]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اُمِرْتُ اَنْ اُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى
يَشْهَدُوْا اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَ
يُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَ يُؤْتُوا الزَّكَاةَ. فَاِذَا فَعَلُوْا ذلِكَ عَصَمُوْا
مِنّى دِمَاءَهُمْ وَ اَمْوَالَهُمْ اِلاَّ بِحَقّ اْلاِسْلاَمِ. وَ حِسَابُهُمْ
عَلَى اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 1:
336
Dari
Ibnu ‘Umar, bahwa Nabi SAW bersabda, “Aku diperintah untuk memerangi
orang-orang, sehingga mereka mengakui tidak ada Tuhan selain Allah dan
sesungguhnya Muhammad itu utusan Allah, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat.
Kemudian apabila mereka telah melaksanakan yang tersebut itu, mereka mendapat
perlindungan dariku, tentang darah mereka dan harta mereka, kecuali yang
dibenarkan Islam. Sedang perhitungan mereka, adalah di tangan Allah ‘Azza wa
Jalla”.
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 336]
عَنْ
اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ قَالَ: بَعَثَ عَلِيٌّ وَ هُوَ بِاْليَمَنِ اِلَى
النَّبِيّ ص بِذُهَيْبَةٍ فَقَسَّمَهَا بَيْنَ اَرْبَعَةٍ. فَقَالَ رَجُلٌ: يَا
رَسُوْلَ اللهِ، اِتَّقِ اللهَ. فَقَالَ: وَيْلَكَ اَوَلَسْتُ اَحَقَّ اَهْلِ
اْلاَرْضِ اَنْ يَتَّقِيَ اللهَ! ثُمَّ وَلَّى الرَّجُلُ. فَقَالَ خَالِدُ بْنُ
اْلوَلِيْدِ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَلاَ اَضْرِبُ عُنُقَهُ؟ فَقَالَ: لاَ،
لَعَلَّهُ اَنْ يَكُوْنَ يُصَلّى. فَقَالَ خَالِدٌ: وَ كَمْ مِنْ مُصَلّ يَقُوْلُ
بِلِسَانِهِ مَا لَيْسَ فِى قَلْبِهِ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنّى لَمْ
اُوْمَرْ اَنْ اُنَقّبَ عَنْ قُلُوْبِ النَّاسِ وَ لاَ اَشُقَّ بُطُوْنَهُمْ. مختصر
من حديث احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 1: 338
Dari
Abu Sa’id Al-Khudriy, ia berkata : Ali yang waktu itu berada di Yaman, pernah
mengirim sekeping emas pada Nabi SAW. Lalu Nabi SAW membagikannya kepada empat
orang. Kemudian ada seorang laki-laki berkata, “Ya Rasulullah, takutlah kepada
Allah (karena menganggap Nabi SAW tidak adil dalam pembagian itu). Lalu Nabi SAW
menjawab, “Celaka kamu, bukankah aku orang yang paling baik diantara penduduk
bumi ini yang bertaqwa kepada Allah ?”. Kemudian laki-laki itu berpaling. Lalu
Khalid bin Walid bertanya, “Ya Rasulullah, bolehkah aku penggal lehernya ?”.
Nabi SAW menjawab, “Jangan, barangkali dia melakukan shalat”. Khalid berkata,
“Berapa banyak orang yang shalat yang hanya menyatakan dengan lisannya saja,
tetapi tidak demikian di dalam hatinya”. Lalu Rasulullah SAW menjawab,
“Sesungguhnya aku tidak diperintahkan untuk menyelidiki hati-hati manusia, dan
tidak pula untuk membelah perut-perut mereka”.
[Diringkas dari suatu hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Bukhari dan Muslim,
dalam Nailul Authar juz 1, hal. 338]
Menyuruh
anak kecil untuk shalat.
عَنْ
عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدّهِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص.
مُرُوْا صِبْيَانَكُم بِالصَّلاَةِ لِسَبْعِ سِنِيْنَ وَ اضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا
لِعَشْرِ سِنِيْنَ وَ فَرّقُوْا بَيْنَهُمْ فِى اْلمَضَاجِعِ. احمد و ابو داود، فى
نيل الاوطار 1: 348
Dari
‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari datuknya, ia berkata : Rasulullah SAW
bersabda, “Suruhlah anak-anak kecilmu melakukan shalat pada (usia) tujuh tahun,
dan pukullah mereka (bila lalai) atasnya pada (usia) sepuluh tahun, dan
pisahkanlah mereka pada tempat-tempat tidur”.
[HR. Ahmad dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 348]
Keterangan
:
Hadits
tersebut menunjukkan wajibnya bagi orang tua menyuruh (mendidik) anak-anaknya
untuk melakukan shalat, apabila mereka berusia tujuh tahun. Dan mereka harus
dipukul (diberi hukuman) karena meninggalkannya, apabila berusia sepuluh tahun.
Dan mereka harus dipisahkan tempat tidurnya.
Bersambung……..
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak