Ahad,
20 Juni 2004/02 Jumadil ula 1425 Brosur no. :
1229/1269/IF
Shalat
(ke-5)
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ مُغَفَّلٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ص: بَيْنَ كُلّ اَذَانَيْنِ
صَلاَةٌ بَيْنَ كُلّ اَذَانَيْنِ صَلاَةٌ. ثُمَّ قَالَ فِى الثَّالِثَةِ: لِمَنْ
شَاءَ.
البخارى1: 154
Dari
'Abdullah bin Mughaffal, ia berkata : Nabi SAW bersabda, "Diantara setiap dua
adzan (adzan dan iqamah) ada shalat, diantara dua adzan ada shalat". Kemudian
beliau bersabda pada yang ketiganya, "Bagi siapa yang mau".
[HR. Bukhari, juz 1, hal. 154]
عَنْ
اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ اْلمُؤَذّنُ اِذَا اَذَّنَ قَامَ نَاسٌ مِنْ
اَصْحَابِ النَّبِيّ ص يَبْتَدِرُوْنَ السَّوَارِيَ حَتَّى يَخْرُجَ النَّبِيُّ ص
وَ هُمْ كَذٰلِكَ يُصَلُّوْنَ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ اْلمَغْرِبِ وَ لَمْ يَكُنْ
بَيْنَ اْلاَذَانِ وَ اْلإِقَامَةِ شَيْءٌ. قَالَ شُعْبَةُ: لَمْ يَكُنْ
بَيْنَهُمَا اِلاَّ قَلِيْلٌ.
البخارى1: 154
Dari
Anas bin Malik, ia berkata, "Apabila muadzdzin telah selesai adzan, maka para
shahabat Nabi SAW menuju ke pilar-pilar masjid (untuk shalat sunnah) sampai Nabi
SAW keluar (ke masjid), dan dengan cara begitu mereka shalat dua rekaat sebelum
shalat Maghrib. Dan tidak ada diantara adzan dan iqamah itu sesuatu (waktu yang
lama)". Syu'bah berkata, "Tidak ada antara keduanya kecuali waktu yang
sebentar".
[HR. Bukhari, juz 1, hal. 154]
عَنْ
عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا سَكَتَ اْلمُؤَذّنُ بِاْلأُوْلَى
مِنْ صَلاَةِ اْلفَجْرِ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ
اْلفَجْرِ بَعْدَ اَنْ يَسْتَبِيْنَ اْلفَجْرُ ثُمَّ اضْطَجَعَ عَلَى شِقّهِ
اْلاَيْمَنِ حَتَّى يَأْتِيَهُ اْلمُؤَذّنُ لِلإِقَامَةِ.
البخارى1: 154
Dari
'Aisyah RA, ia berkata, "Apabila muadzdzin telah selesai adzan Shubuh maka
Rasulullah SAW sebelum shalat Shubuh, beliau shalat ringan lebih dahulu dua
rekaat sesudah terbit fajar. Setelah itu beliau berbaring pada lambung kanan
beliau sampai datang muadzdzin kepada beliau memberitahukan hendak iqamah untuk
shalat (Shubuh).
[HR. Bukhari, juz 1, hal. 154]
Adzan
sebelum dan setelah waktu Shubuh.
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: لاَ يَمْنَعَنَّ اَحَدَكُمْ
اَوْ اَحَدًا مِنْكُمْ اَذَانُ بِلاَلٍ مِنْ سَحُوْرِهَ فَاِنَّهُ يُؤَذّنُ اَوْ
يُنَادِى بِلَيْلٍ لِيَرْجِعَ قَائِمَكُمْ وَ لِيُنَبّهَ نَائِمَكُمْ وَ لَيْسَ
اَنْ يَقُوْلَ اْلفَجْرُ اَوِ الصُّبْحُ وَ قَالَ بِاَصَابِعِهِ وَ رَفَعَهَا اِلَى
فَوْقُ وَ طَأْطَأَ اِلَى اَسْفَلُ حَتَّى يَقُوْلَ هٰكَذَا. وَ قَالَ زُهَيْرٌ
بِسَبَّابَتَيْهِ اِحْدَاهُمَا فَوْقَ اْلاُخْرَى ثُمَّ مَدَّهُمَا عَنْ يَمِيْنِهِ
وَ شِمَالِهِ.
البخارى1: 153
Dari
'Abdullah bin Mas'ud, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Adzannya Bilal janganlah
menghalangi seseorang kalian atau seseorang diantara kalian dari makan sahurnya,
karena ia adzan atau memanggil di malam hari, agar orang yang mendirikan (shalat
malam) kembali, dan untuk membangunkan orang yang masih tidur diantara kalian,
bukan menunjukkan sudah Fajar atau Shubuh". Beliau berisyarat dengan jari-jari
diangkat ke atas dan menurunkannya ke bawah (mengisyaratkan fajar kadzib),
sehingga beliau berisyarat demikian. Zuhair (perawi) menjelaskan dengan
mengisyaratkan kedua jari telunjuknya, salah satunya diangkat atas yang lainnya
(menunjukkan fajar kadzib), kemudian membentangkan kedua jarinya itu ke kanan
dan ke kiri (menunjukkan fajar shadiq).
[HR. Bukhari, juz 1, hal. 153]
عَنْ
سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ يَغُرَّنَّكُمْ مِنْ
سَحُوْرِكُمْ اَذَانُ بِلاَلٍ، وَ لاَ بَيَاضُ اْلاُفُقِ اْلمُسْتَطِيْلُ هٰكَذَا
حَتَّى يَسْتَطِيْرَ هٰكَذَا.
مسلم2: 770
Dari
Samurah bin Jundab RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Jangan sekali-kali
adzannya Bilal itu mengecoh kalian dari sahur kalian, dan jangan pula putihnya
ufuq yang tegak seperti ini mengecoh kalian, sehingga ufuq itu melintang
begini".
[HR. Muslim juz 2, hal. 770]
عَنْ
عَائِشَةَ وَ ابْنِ عُمَرَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِنَّ بِلاَلاً يُؤَذّنُ
بِلَيْلٍ فَكُلُوْا وَ اشْرَبُوْا حَتَّى يُؤَذّنُ ابْنُ اُمّ
مَكْتُوْمٍ.
احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 2: 56
Dari
'Aisyah dan Ibnu 'Umar RA, bahwa Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya Bilal adzan
diwaktu malam, karena itu makanlah dan minumlah sehingga Ibnu Ummi Maktum
adzan".
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 56]
و
لاحمد و البخارى: فَاِنَّهُ
لاَ يُؤَذّنُ حَتَّى يَطْلُعَ اْلفَجْرُ.
فى نيل الاوطار2: 56
Dan
bagi Ahmad dan Bukhari disebutkan, "Karena sesungguhnya Ibnu Ummi Maktum tidak
adzan sehingga fajar (Shubuh) telah terbit".
[Dalam Nailul Authar juz 2, hal. 56]
Keterangan
:
Waktu
Shubuh ialah apabila sudah terbit ufuq yang melintang, bukan ufuq yang tegak
berdiri. Dan ufuq yang melintang itulah yang disebut "fajar shadiq" dan disebut
juga "fajar kedua" atau "mustathir". Adapun "mustathil" (yang tegak) adalah
fajar kadzib, yang bentuknya seperti ekor serigala.
Menjawab
(menirukan) Adzan ketika mendengarnya.
عَنْ
اَبِى سَعِيْدٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا سَمِعْتُمُ النّدَاءَ فَقُوْلُوْا
مِثْلَ مَا يَقُوْلُ اْلمُؤَذّنُ.
الجماعة، فى نيل الاوطار 2: 58
Dari
Abu Sa'id, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, "Apabila kamu mendengar adzan, maka
ucapkanlah seperti yang diucapkan oleh muadzdzin itu".
[HR. Jama'ah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 58]
قَالَ
يَحْيَى وَ حَدَّثَنِى بَعْضُ اِخْوَانِنَا اَنَّهُ قَالَ لَمَّا قَالَ حَيَّ عَلَى
الصَّلاَةِ، قَالَ: لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ. وَ قَالَ هٰكَذَا
سَمِعْنَا نَبِيَّكُمْ ص يَقُوْلُ.
البخارى 1: 152
Yahya
berkata : Dan menceritakan kepadaku sebagian dari saudara-saudara kami,
bahwasanya ia berkata, "Setelah muadzdzin berseru hayya 'alash sholaah,
maka orang yang mendengar mengucapkan Laa haula wa laa quwwata illaa
billaah". Dan ia mengatakan, "Demikianlah kami mendengar Nabi kalian SAW
bersabda".
[HR. Bukhari juz 1, hal. 152]
عَنْ
عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا قَالَ اْلمُؤَذّنُ:
اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ، فَقَالَ اَحَدُكُمْ: اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ
اَكْبَرُ. ثُمَّ قَالَ: اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ. قَالَ: اَشْهَدُ
اَنْ لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ. ثُمَّ قَالَ: اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ
اللهِ. قَالَ: اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ. ثُمَّ قَالَ: حَيَّ عَلَى
الصَّلاَةِ. قَالَ: لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ. ثُمَّ قَالَ: حَيَّ
عَلَى اْلفَلاَحِ. قَالَ: لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ. ثُمَّ قَالَ:
اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ. قَالَ: اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ. ثُمَّ
قَالَ: لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ. قَالَ: لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ مِنْ قَلْبِهِ
دَخَلَ اْلجَنَّةَ.
مسلم1: 289
Dari
'Umar bin Khaththab, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila muadzdzin
berseru Alloohu Akbar Alloohu Akbar lalu salah seorang diantara kalian
juga mengucapkan Alloohu Akbar Alloohu Akbar. Kemudian apabila muadzdzin
berseru Asyhadu allaa ilaaha illallooh, ia mengucapkan Asyhadu allaa
ilaaha illallooh. Kemudian apabila muadzdzin berseru Asyhadu anna
Muhammadar rasuulullooh, ia mengucapkan Asyhadu anna Muhammadar
Rasuulullooh. Kemudian apabila muadzdzin berseru Hayya 'alash
sholaah, ia mengucapkan Laa haula wa laa quwwata illaa billaah (Tidak
ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Kemudian apabila
muadzdzin berseru Hayya 'alal falaah, ia mengucapkan Laa haula wa laa
quwwata illaa billaah. Kemudian apabila muadzdzin berseru Alloohu Akbar
Alloohu Akbar, ia mengucapkan Alloohu Akbar Alloohu Akbar. Kemudian
apabila muadzdzin berseru Laa ilaaha illallooh, ia mengucapkan Laa
ilaaha illallooh, yang keluar dari hatinya (ikhlash), niscaya ia masuk
surga".
[HR. Muslim, juz 1, hal. 289]
Bacaan
sesudah Adzan
عَنْ
جَابِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: مَنْ قَالَ حِيْنَ يَسْمَعُ النّدَاءَ:
اَللّهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَ الصَّلاَةِ اْلقَائِمَةِ آتِ
مُحَمَّدًا اْلوَسِيْلَةَ وَ اْلفَضِيْلَةَ وَ ابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا
الَّذِيْ وَعَدْتَهُ. حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِى يَوْمَ اْلقِيَامَةِ.
الجماعة الا مسلما، فى نيل الاوطار2: 60
Dari
Jabir bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa setelah mendengar adzan lalu
membaca Alloohumma robba haadzihid da'watit taammah, washsholaatil qooimah,
aati Muhammadanil wasiilata wal fadliilah, wab'atshu maqoomam mahmuudanilladzii
wa'adtah. (Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan shalat
yang berdiri, berikanlah kepada Nabi Muhammad SAW derajat yang tinggi dan
pangkat yang mulia, dan tempatkanlah dia di tempat yang terpuji yang telah
Engkau janjikan kepadanya), niscaya dia akan mendapat syafa'atku nanti di hari
qiyamat".
[HR. Jama'ah, kecuali Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 60]
عَنْ
اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَلدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ
بَيْنَ اْلاَذَانِ وَ اْلاِقَامَةِ.
احمد و ابو داود و الترمذى، فىنيل الاوطار 2: 62
Dari
Anas bin Malik, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Doa antara adzan dan
iqamah itu tidak akan ditolak".
[HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal.
62]
Menunggu
imam walaupun sudah iqamat.
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص خَرَجَ وَ قَدْ اُقِيْمَتِ الصَّلاَةُ وَ
عُدّلَتِ الصُّفُوْفُ حَتَّى اِذَا قَامَ فِى مُصَلاَّهُ انْتَظَرْنَا اَنْ
يُكَبّرَ، انْصَرَفَ قَالَ: عَلَى مَكَانِكُمْ. فَمَكَثْنَا عَلَى هَيْئَتِنَا
حَتَّى خَرَجَ اِلَيْنَا يَنْطُفُ رَأْسُهُ مَاءً وَ قَدِ اغْتَسَلَ.
البخارى1: 157
Dari
Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW telah keluar (ke masjid), sedangkan
shalat telah diiqamati, dan shaff telah diluruskan, hingga Nabi SAW telah
berdiri di tempat beliau shalat dan kami menanti beliau takbir. Tiba-tiba beliau
pergi sambil bersabda, "Tetaplah di tempatmu masing-masing". Maka kami tetap
berdiri di tempat kami seperti semula, sehingga beliau datang kembali. Dan
ketika beliau datang, air di kepala beliau masih menetes, karena beliau baru
saja selesai mandi".
[HR. Bukhari, juz 1, hal. 157]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: اُقِيْمَتِ الصَّلاَةُ فَسَوَّى النَّاسُ صُفُوْفَهُمْ
فَخَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ ص فَتَقَدَّمَ وَ هُوَ جُنُبٌ فَقَالَ: عَلَى مَكَانِكُمْ.
فَرَجَعَ فَاغْتَسَلَ ثُمَّ خَرَجَ وَ رَأْسُهُ يَقْطُرُ مَاءً فَصَلَّى
بِهِمْ.
البخارى1: 157
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Shalat telah diiqamati dan jama'ah telah meluruskan
shaff mereka. Maka datanglah Rasulullah SAW dan beliau langsung maju ke depan,
padahal beliau junub. Kemudian beliau bersabda, "Tetaplah di tempat kalian
masing-masing". Lalu Rasulullah SAW pulang untuk mandi. Setelah beliau datang
kembali, air masih menetes dari kepala beliau. Kemudian Nabi SAW shalat
mengimami mereka.
[HR. Bukhari, juz 1, hal. 157]
Mendatangi
shalat hendaklah dengan tenang.
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اِذَا سَمِعْتُمُ اْلاِقَامَةَ
فَامْشُوْا اِلَى الصَّلاَةِ وَ عَلَيْكُمْ بِالسَّكِيْنَةِ وَ اْلوَقَارِ وَ لاَ
تُسَارِعُوْا، فَمَا اَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوْا وَ مَا فَاتَكُمْ
فَاَتِمُّوْا.
البخارى1: 156
Dari
Abu Hurairah, dari Nabi SAW beliau bersabda, "Apabila kalian telah mendengar
iqamah, maka berjalanlah untuk shalat (berjama'ah), dengan tenang dan tenteram,
jangan tergesa-gesa. Apa yang kalian dapati, maka shalatlah kalian (bersama
mereka), dan apa yang terlewatkan (ketinggalan) maka
sempurnakanlah".
[HR. Bukhari, juz 1, hal. 156]
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ اَبِى قَتَادَةَ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ نُصَلّى
مَعَ النَّبِيّ ص اِذْ سَمِعَ جَلَبَةَ الرّجَالِ. فَلَمَّا صَلَّى قَالَ: مَا
شَأْنُكُمْ؟ قَالُوْا: اِسْتَعْجَلْنَا اِلَى الصَّلاَةِ. قَالَ: فَلاَ
تَفْعَلُوْا، اِذَا اَتَيْتُمُ الصَّلاَةَ فَعَلَيْكُمْ بِالسَّكِيْنَةِ، فَمَا
اَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوْا وَ مَا فَاتَكُمْ فَاَتِمُّوْا.
البخارى1: 156
Dari
'Abdullah bin Abu Qatadah dari bapaknya, ia berkata : Ketika kami shalat bersama
Nabi SAW, tiba-tiba beliau mendengar keributan orang laki-laki. Maka setelah
selesai shalat beliau bersabda, "Ada apa kalian tadi ?". Mereka menjawab, "Kami
tergesa-gesa untuk shalat". Beliau bersabda, "Janganlah kalian berbuat demikian.
Apabila kalian datang untuk shalat, maka hendaklah kalian tenang. Apa yang
kalian dapati maka shalatlah (bersama mereka), dan apa yang terlewatkan
(ketinggalan) maka sempurnakanlah".
[HR. Bukhari, juz 1, hal. 156]
Bersambung……….
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak