Ahad, 8 Desember 1996/27 Rajab 1417 Brosur No. : 861/901/IF
Sujud
yang Kedua dan Wajib Thuma'ninah Pada Setiap Sujud, Rukuk dan Bangkit dari
Keduanya.
عَنْ
أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلُ اللهِ ص دَخَلَ الْمَسْجِدَ، فَدَخَلَ رَجُلٌ
فَصَلَّى ، ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىِّ ص، فَقَالَ : اِرْجِعْ فَصَلِّ
فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ ، فَرَجَعَ فَصَلَّى كَمَا صَلَّى ، ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ
عَلَى النَّبِىِّ ص، فَقَالَ : اِرْجِعْ فَصَلِّ فَإِنَّكَ لمَْ تُصَلِّ ، فَرَجَعَ
فَصَلَّى كَمَا صَلَّى ، ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىِّ ص فَقَالَ :
اِرْجِعْ فَصَلِّ فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ ثَلاَثـًا ، فَقَالَ : وَالَّذِى بَعَثَكَ
بِاالْحَقِّ مَاأُحْسِنُ غَيْرَهُ فَعَلِّمْنِى ، فَقَالَ : إِذَا قُمْتَ إِلَى
الصَّلاَةِ فَكَــبِّرْ ، ثُمَّ اقْرَأْمَا تَيَسَّرَ مَعَكَ مِنَ الْـقُرْآنِ ،
ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعَا ، ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَعْتَدِلَ
قَائِمًا ، ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ، ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى
تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ، ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ افْعَلْ
ذلِكَ فِى الصَّلاَةِ كُلِّهَا احمد و
البخارى و مسلم
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW masuk masjid. Kemudian
ada seorang laki-laki masuk masjid lalu shalat. Setelah shalat orang laki-laki
itu datang kepada Nabi SAW dan memberi salam, lalu Nabi SAW bersabda :
"Kembalilah dan shalatlah karena kamu belum shalat". Lalu orang laki-laki itu
kembali dan shalat sebagaimana dia shalat tadi. Kemudian orang itu datang kepada
Nabi SAW dan memberi salam. Lalu Nabi SAW bersabda : "Kembalilah dan shalatlah,
karena kamu belum shalat". Lalu orang laki-laki itu kembali dan shalat
sebagaimana dia shalat tadi. Kemudian orang itu datang kepada Nabi SAW dan
memberi salam. Lalu Nabi SAW bersabda : "Kembalilah dan shalatlah, karena kamu
belum shalat". Demikianlah sampai tiga kali, lalu orang laki-laki itu berkata :
"Demi Allah yang mengutusmu dengan membawa kebenaran, saya tidak bisa shalat
yang lebih baik selain itu. Maka ajarilah saya (wahai Rasulullah) !". Maka Nabi
SAW bersabda : "Apabila kamu berdiri shalat, bertakbirlah, kemudian bacalah apa
yang mudah yang ada padamu dari Al-Qur'an, kemudian ruku'lah hingga thuma'ninah
di dalam ruku' itu, kemudian bangkitlah dari ruku' hingga berdiri lurus,
kemudian sujudlah hingga thuma'ninah di dalam sujud itu, kemudian angkatlah
kepala dari sujud hingga thuma'ninah dalam duduk (antara dua sujud), kemudian
sujudlah (yang kedua) hingga thuma'ninah dalam sujud itu. Kemudian kerjakanlah
yang demikian itu dalam shalat semuanya".
[HR.
Ahmad, Bukhari dan Muslim dalam Nailul Authar II, 294].
عَنْ
أَبِى قَتَادَةَ قَالَ : قَالَ رَسُوْ لُ اللهِ ص. أَشَرُّالنَّاسِ سَرِقَةً
الَّذِى يَسْرِقُ مِنْ صَلاَ تِهِ ، فَقَالُوْا يَا رَسُوْلَ اللهِ وَكَيْفَ
يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ ؟ قَالَ لاَ يُتِمُّ رُكُوْعَهَا وَلاَ سُجُوْدَهَا ،
أَوْقَالَ : وَلاَ يُقِيْمُ صُلْبَهُ فِى الرُّكُوْعِ وَالسُّجُوْدِ. رواه
احمد
Dari
Abu Qotadah, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda : "Sejahat-jahat
manusia dalam mencuri itu ialah orang yang mencuri dari shalatnya". Lalu para
shahabat bertanya : "Ya Rasulullah, bagaimana orang mencuri dari shalatnya itu
?" Rasulullah SAW bersabda : "Yaitu orang yang tidak menyempurnakan ruku'nya dan
tidak pula sujudnya". Atau beliau bersabda : "Orang yang tidak meluruskan tulang
belakangnya di dalam ruku' dan sujud"
[HR. Ahmad]
Bangun
ke Raka'at Kedua
Setelah
kita mengerjakan sujud yang kedua, berarti kita telah mendapatkan satu raka'at.
Kemudian bangun dengan bertakbir untuk mengerjakan reka'at
berikutnya.
عَنْ
وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ أَنَّ النَّبِىَّ ص. لَمَّا سَجَدَوَقَعَتْ رُكْبَتَاهُ إِلَى
اْلاَرْضِ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ كَفَّاهُ ، فَلَمَّا سَجَدَ وَضَعَ جَبْهَتَهَ بَيْنَ
كَفَّيْهِ وَجَاَفَى عَنْ إِبْطَيْهِ، وَإِذَا نَهَضَ نَهَضَ عَلَى رُكْبَتَيْهِ
وَاعْتَمَدَ عَلَى فَخِذَيْهِ.رواه أبوداود
Dari
Waail bin Hujr, ia berkata : "Sesungguhnya Nabi SAW ketika akan sujud, dua
lututnya lebih dulu mengenai bumi sebelum dua tangannya. Dan ketika sujud beliau
meletakkan dahinya di antara dua tapak tangannya dan menjauhkan (tangannya) dari
ketiaknya. Dan apabila bangkit, beliau bangkit atas dua lututnya dan menekan
pada dua pahanya".
[HR. Abu Dawud, Nailul Author II : 300]
عَنْ
مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ أَنَّهُ رَأَى النَّبِىَّ ص. يُصَلِّى ، فَاِذَا كَانَ
فِى وِتْرٍ مِنْ صَلاَتِهِ لَمْ يَنْهَضْ حَتَّى َيسْتَوِيَ قَاعِدًا. رواه الجماعة
إلاّ مسلما وابن ماجه
Dari
Malik bin Al-Huwairits, sesungguhnya ia melihat Nabi SAW melakukan shalat. Maka
apabila bangkit dari raka'at yang ganjil dari shalatnya, beliau tidak bangkit
sehingga duduk dengan sempurna.
[HR. Jama'ah, kecuali Muslim dan Ibnu Majah, Nailul Author II :
300]
Memulai
Raka'at Kedua dengan Al-Fatihah
Raka'at
kedua dan reka'at selanjutnya, dimulai dengan membaca Al Fatihah, tanpa membaca
doa iftitah :
عَنْ
أَبِى هُرَبْرَةَ قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص. إِذَا نَهَضَ فِى الرَّكْعَةِ
الثَّانِيَةِ افْتَتَحَ اْلقِرَاءَةَ بِالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ وَلَمْ
يَسْكُتْ. رواه مسلم
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : "Adalah Rasulullah SAW apabila bangkit pada raka'at
kedua, beliau memulai membaca dengan Al-Hamdulillaahi robbil 'aalamiin,
dan beliau tidak diam (untuk membaca do'a iftitah)".
[H.R. Muslim]
Duduk
At-Tahiyat Awwal
عَنْ
أَبِى حُمَيْدٍ أَنَّهُ قَالَ وَهُوَ فِى نَفَرٍمِنْ اَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ ص.
كُـنْتُ أَحْفَظَكُمْ لِصَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ ص. رَأَيْتُهُ إِذَا كَبَّرَ جَعَلَ يَدَيْهِ
حِذَاءَ مَنْكِبَيْهِ ، وَإِذَا رَكَعَ اَمْكَنَ يَدَيْهِ مِنْ رُكْبَتَيْهِ ،
ثُمَّ هَصَرَ ظَهْرَهُ ، فَاِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ اسْتَوَى حَتَّى يَعُوْدَ كُلُّ
فَقَارٍ مَكَانَهُ ، فَاِذَا سَجَدَ وَضَعَ يَدَيْهِ غَيْرَ مُفْتَرِشٍ وَلاَ
قَابِضِهِمَا وَاسْتَقْبَلَ بَأَطْرَافِ أَصَابِعِ رِجْلَيْهِ الْقِبْلَةَ ،
فَإِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ الْيُسْرَى وَنَصَبَ
الْيُمْنَى ، فَإِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَةِ اْلأَخِيْرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ
الْيُسْرَى وَنَصَبَ اْلأُخْرَى وَقَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ.رواه
البخارى
Dari
Abu Humaid, dan pada waktu itu dia berada dalam satu rombongan dari
shahabat-shahabat Rasulullah SAW, ia berkata
"Saya adalah yang paling hafal shalatnya Rasulullah SAW di antara kamu
sekalian, saya melihat Nabi SAW apabila bertakbir menjadikan kedua tangannya
sejajar dengan dua bahunya, apabila ruku' beliau meletakkan dua tangannya pada
dua lututnya, kemudian membungkukkan tulang belakangnya. Apabila mengangkat
kepalanya (dari ruku'), beliau berdiri dengan sempurna hingga tiap tulang
kembali pada tempatnya. Apabila sujud beliau meletakkan dua tangannya dengan
tidak menghampar-kannya dan tidak pula merapatkannya, dan beliau menghadapkan
ujung-ujung jari kedua kakinya ke arah qiblat. Apabila duduk dalam raka'at kedua
(duduk At-Tahiyat Awwal), beliau duduk pada kakinya yang kiri dan menegakkan
kakinya yang kanan. Dan apabila duduk pada raka'at yang akhir (duduk At-Tahiyat
Akhir) beliau menjulurkan kakinya yang kiri dan menegakkan yang lain (kakinya
yang kanan) dan beliau duduk pada tempat duduk beliau".
[HR. Bukhari, Nailul Author II : 306]
عَنْ
عَائِشَةَ قَالَتْ: ... وَكَانَ يَقُوْلُ فِى كُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ.
وَكَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ اْليُسْرَى وَ يَنْصِبُ رِجْلَهُ اْليُمْنَى. رواه
مسلم
Dari
'Aisyah, ia berkata : "..... Dan adalah beliau SAW membaca Attahiyyat pada
setiap dua rekaat. Dan beliau duduk pada kakinya yang kiri danmenegakkan kakinya
yang kanan".
[HR. Muslim I, 357].
عَنِ
بْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص. إِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ
يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ ، وَرَفَعَ أُصْبُعَهُ الْيُمْنَى اَلَّتِى تَلِى
اْلإِبْهَامَ فَدَعَابِهَا، وَيَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى رُكْبَتِهِ بَاسَطُهَا
عَلَيْهَا وَفِى لَفْظٍ كَانَ إِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ كَفَّهُ
الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى وَقَبَضَ أَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَأَشَارَ
بِأُصْبُعِهِ الَّتِى تَلِى اْلإِبْهَامَ وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى
فَخِذِهِ الْيُسْرَى. رواه احمد و مسلم و النسائى
Dari
Ibnu 'Umar, ia berkata : "Adalah Rasulullah SAW apabila duduk dalam shalat
(duduk At-Tahiyat) beliau meletakkan dua tangannya pada dua lututnya dan
mengangkat jarinya yang kanan yaitu jari yang disebelahnya ibu jari (jari
telunjuk), lalu beliau berdo'a dengannya. Sedangkan tangannya yang kiri pada
lututnya yang kiri dengan melebarkan padanya". Dan dalam suatu lafadh : "Adalah
beliau SAW apabila duduk di dalam shalat (duduk At-Tahiyat), meletakkan tapak
tangannya yang kanan pada pahanya yang kanan dan menggenggam jari-jarinya
semuanya, dan beliau berisyarat dengan jarinya, yaitu jari yang sebelahnya ibu
jari (jari telunjuk). Dan beliau meletakkan tapak tangannya yang kiri pada
pahanya yang kiri".
[HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, Nailul Author II : 317]
عَنْ
وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ أَنَّهُ قَالَ فِى صِفَةِ صَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ ص. ثُمَّ
قَعَدَ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى، وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى
فَخِذِهِ وَرُكْبَتِهِ الْيُسْرَى، وَجَعَلَ حَدَّمِرْفَقِهِ اْلأَيـْمَنِ عَلَى
فَخِذِهِ الْيُمْنَى، ثُمَّ قَبَضَ ثِنْتَيْنِ مِنْ أَصَابِعِهِ وَحَلَّقَ
حَلْقَةً، ثُمَّ رَفَعَ أُصْبُعَهُ فَرَأَيْتُهُ يُحَرّكهُاَ يَدْعُوْبِهَا (رواه
احمد والنسائى وأبوداود)
Dari
Waail bin Hujr, bahwasanya ia berkata dalam menerangkan shalatnya
Rasulullah SAW : "Kemudian beliau SAW
duduk dengan duduk pada kakinya yang kiri, dan meletakkan tapak tangannya yang
kiri pada pahanya dan lututnya yang kiri dan menjadikan ujung sikunya yang kanan
pada pahanya yang kanan. Kemudian menggenggam dua jarinya (jari manis dan jari
kelingking) dan membentuk lingkaran (dengan menghubungkan jari tengah dengan ibu
jari) kemudian beliau mengangkat (berisyarat) dengan jarinya (jari telunjuk),
maka saya melihat beliau menggerak-gerakkannya dan berdo'a
dengannya.
[HR. Ahad, Nasai dan Abu Dawud. Nailul Authar II : 315]
Membaca
Tasyahhud
Di
dalam duduk At-Tahiyat, kita membaca bacaan tasyahud.
عَنِ
ابْنِ مِسْعُوْدٍ قَالَ عَلَّمَنِى رَسُوْلُ اللهِ ص. اَلتَّشَهُّدَ كَفِّى بَيْنَ
كَفَّيْهِ كَمَا يُعَلِّمُنِى السُّوْرَةَ مِنَ الْقُرْآنِ: اَلتَّحِيَّاتُ ِللهِ
وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَاالنَّبِىُّ
وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ
الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلهَ إِلاَّ اللهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ - رواه لجماعة -
Dari
Ibnu Mas'ud, ia berkata : "Rasulullah SAW mengajarkan tasyahhud kepada saya
dengan kedua tangan beliau memegang tapak tangan saya sebagaimana beliau
mengajarkan surat Al-Qur'an kepada saya, beliau membaca At-Tahiyyaatu lillaah
washsholawaatu wath-thoyyibaat. Assalaamu 'alaika ayyuhan-nabiyyu
warahmatulloohi wa barokaatuh assalamu'alainaa wa
'alaa'ibaadillaahish-shoolihin. Asyhadu allaa ilaaha illallooh wa asyhadu anna
muhammadan 'abduhu wa rasuuluh (Segala kehormatan itu kepunyaan Alloh ,
begitu pula segala ibadah dan segala yang baik-baik. Mudah-mudahan kesejahteraan
dilimpahkan kepadamu wahai Nabi, begitu pula rahmat Allah dan berkah-Nya.
Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba Allah yang
sholeh-sholeh. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan (yang sebenarnya)
melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad itu hambaNya dan
utusanNya".
[H.R. Jama'ah, Nailul Author II : 310]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص.
يُعَلِّمُنَا التَّشَهُّدَ كَمَا يُعَلِّمُنَا السُوْرَةَ مِنَ اْلقُرْآنِ ،
فَكَانَ يَقُوْلُ: اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ
ِللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ،
اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ
إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْ لُ اللهِ (رواه مسلم
وأبوداود)
Dari
Ibnu Abbas, ia berkata : "Adalah Rasulullah SAW mengajarkan tasyahhud kepada
kami sebagaimana beliau mengajarkan surat Al-Qur'an kepada kami. Dan adalah
beliau membaca At-Tahiyyaatul mubaarakaa-tush-sholawaatuth-thoyyibaatu
lillaah As-salaamu'alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatulloohi wa barokaatuh.
As-salaamu 'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish-shoolihin Asyhadu allaa ilaaha
illallooh wa asyhadu anna muhammadar rasuulullooh (Segala kehor-matan,
segala berkah, segala 'ibadah dan segala yang baik-baik itu kepunyaan Allah.
Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada-mu wahai Nabi, dan begitu pula
rahmat Allah dan berkah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada kami
dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih-shalih. Aku bersaksi bahwasanya tidak
ada Tuhan (yang sebenarnya) melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Nabi
Muhammad itu utusan Allah".
[HR. Muslim dan Abu Dawud, Nailul Author II : 313]
Di
samping itu masih ada lagi lafadh-lafadh bacaan tasyahud yang lain yang tidak
disebutkan disini.
[Bersambung]
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak