Ahad,
19 Maret 2000/13 Dzulhijjah 1420
Brosur no. : 1026/1066/IA
Halal
Haram Dalam Islam (ke-28)
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَنْ قَتَلَ مُعَاهَدًا لَمْ
يَرِحْ رَائِحَةَ اْلجَنَّةِ، وَ اِنَّ رِيْحَهَا لَيُوْجَدُ مِنْ مَسِيْرَةِ
اَرْبَعِيْنَ خَرِيْفًا. احمد و البخارى و النسائى و ابن ماجه
Dari
Abdullah bin ‘Amr dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Barangsiapa yang membunuh
orang (kafir) yang mempunyai ikatan perjanjian, ia tidak akan mencium bau surga,
sedang bau surga itu tercium dari sejauh perjalanan empat puluh
musim”.
[HR. Ahmad, Bukhari, Nasa’i dan Ibnu Majah].
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: اَلاَ مَنْ قَتَلَ نَفْسًا
مُعَاهَدَةً لَهَا ذِمَّةُ اللهِ وَ ذِمَّةُ رَسُوْلِهِ ص. فَقَدْ اَخْفَرَ ذِمَّةَ
اللهِ وَ لاَ يَرِحْ رَائِحَةَ اْلجَنَّةِ، وَ اِنَّ رِيْحَهَا لَيُوْجَدُ مِنْ
مَسِيْرَةِ اَرْبَعِيْنَ خَرِيْفًا. ابن ماجه و الترمذى
Dari
Abu Hurairah RA dari Nabi SAW beliau bersabda, “Ingatlah, barangsiapa yang
membunuh jiwa yang telah mengikat perjanjian, yang memang dia itu mendapat
perlindungan dari Allah dan Rasul-Nya, maka benar-benar ia telah melepaskan
(ikatan) tanggungan Allah dan ia tidak akan mencium bau surga, sedang bau surga
itu tercium dari sejauh perjalanan empat puluh musim”.
[HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi dan Tirmidzi].
عَنْ
اَبِى جُحَيْفَةَ قَالَ: قُلْتُ لِعَلِيٍّ: هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ مِنَ اْلوَحْيِ
مَا لَيْسَ فِى اْلقُرْانِ؟ فَقَالَ: لاَ، وَ الَّذِى فَلَقَ اْلحَبَّةَ وَ بَرَأَ
النَّسَمَةَ اِلاَّ فَهْمًا يُعْطِيْهِ اللهُ رَجُلاً فِى اْلقُرْانِ وَ مَا فِى
هذِهِ الصَّحِيْفَةِ. قُلْتُ: وَ مَا فِى هذِهِ الصَّحِيْفَةِ؟ قَالَ: اَلْعَقْلُ
وَ فِكَاكُ اْلاَسِيْرِ وَ اَنْ لاَ يُقْتَلَ مُسْلِمٌ بِكَافِرٍ. احمد و البخارى و
النسائى و ابو داود و الترمذى
Dari
Abu Juhaifah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Ali, “Apakah engkau
mempunyai sesuatu dari wahyu yang tidak termasuk dalam Al-Qur’an ?”. Kemudian
Ali menjawab, “Tidak ! Demi Dzat yang menumbuhkan biji dan yang menciptakan
makhluq, hanya pengertian yang diberikan oleh Allah kepada seseorang tentang
Al-Qur’an dan apa yang ada dalam shahifah ini”. Aku bertanya, “Apa yang ada
dalam shahifah ini ?”. Ali menjawab, “(Hukum-hukum tentang) diyat, melepaskan
tawanan dan tidak dibunuh seorang Islam dengan sebab (membunuh) orang
kafir”.
[HR. Ahmad, Bukhari, Nasa’i, Abu Dawud dan Tirmidzi]
عَنْ
عَلِيٍّ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَلْمُؤْمِنُوْنَ تَتَكَافَأُ دِمَاؤُهُمْ
يَدٌ عَلَى مَنْ سِوَاهُمْ وَ يَسْعَى بِذِمَّتِهِمْ اَدْنَاهُمْ، اَلاَ لاَ
يُقْتَلُ مُؤْمِنٌ بِكَافِرٍ وَ لاَ ذُوْ عَهْدٍ فِى عَهْدِهِ. احمد و النسائى و
ابو داود
Dari
Ali RA, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, “Orang-orang mukmin itu sama (harga)
darah mereka. Dan mereka bersatu dalam melawan orang lain (musuh). Dan
orang-orang yang dipandang rendah dari mereka boleh memberikan perlindungan
(pada orang kafir yang minta perlindungan). Ingatlah tidak boleh seorang mukmin
dibunuh sebab (membunuh) orang kafir dan (tidak boleh dibunuh) orang (kafir)
yang telah mengikat janji selama masa perjanjiannya”.
[HR. Ahmad, Nasa’i dan Abu Dawud].
Keterangan
:
a. Orang mukmin tidak dibalas bunuh karena
membunuh orang kafir, maksudnya orang mukmin tidak dibalas bunuh karena membunuh
orang kafir harbi, yaitu orang kafir yang memusuhi Islam.
b. Adapun terhadap orang mukmin yang membunuh
orang kafir dzimmi (orang kafir yang dalam perlindungan orang Islam), dan kafir
mu’ahad (orang kafir yang ada perjanjian dengan orang Islam) maka hukumnya sama
dengan membunuh orang Islam.
2.
Hukuman bagi perampok dan pembunuh.
عَنْ
اَبِى قِلاَبَةَ حَدَّثَنِى اَنَسٌ: اَنَّ نَفَرًا مِنْ عُكْلٍ ثَمَانِيَةً
قَدِمُوْا عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَبَايَعُوْهُ عَلَى اْلاِسْلاَمِ
فَاسْتَوْخَمُوا اْلاَرْضَ وَ سَقُمَتْ اَجْسَامُهُمْ، فَشَكَوْا ذلِكَ اِلَى
رَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ: اَلاَ تَخْرُجُوْنَ مَعَ رَاعِيْنَا فِى اِبِلِهِ
فَتُصِيْبُوْنَ مِنْ اَبْوَالِهَا وَ اَلْبَانِهَا؟ فَقَالُوْا: بَلَى. فَخَرَجُوْا
فَشَرِبُوْا مِنْ اَبْوَالِهَا وَ اَلْبَانِهَا. فَصَحُّوْا. فَقَتَلُوا الرَّاعِيَ
وَ طَرَدُوْا اْلاِبِلَ. فَبَلَغَ ذلِكَ رَسُوْلَ اللهِ ص. فَبَعَثَ فِى آثَارِهِمْ
فَاُدْرِكُوْا فَجِيْءَ بِهِمْ فَاَمَرَ بِهِمْ فَقُطِعَتْ اَيْدِيْهِمْ وَ
اَرْجُلُهُمْ وَ سُمِرَ اَعْيُنُهُمْ ثُمَّ نُبِذُوْا فِى الشَّمْسِ حَتَّى
مَاتُوْا. مسلم
Dari
Abu Qilabah ia berkata, “Anas menceritakan kepadaku bahwasanya ada sekelompok
orang dari suku ‘Ukal sebanyak delapan orang datang kepada Rasulullah SAW, lalu
mereka itu berbai’at kepada beliau untuk masuk Islam. Kemudian mereka tidak
cocok dengan iklim di situ, sehingga sakit. Maka mereka mengadukan hal tersebut
kepada Rasulullah SAW. Beliau bersabda, “Maukah kalian keluar bersama
penggembala kami di tempat untanya sehingga kalian bisa mendapatkan kencing dan
susu unta itu ?”. Mereka menjawab, “Mau”. Lalu mereka keluar dan minum dari
kencing dan susu unta itu, sehingga sembuh. Kemudian mereka membunuh
penggembala, dan membawa lari unta-unta itu, lalu berita itu sampai kepada
Rasulullah SAW, maka beliau mengutus para shahabat untuk mengejar mereka.
Kemudian mereka itu tertangkap dan dibawa (menghadap Nabi SAW). Lalu Nabi SAW
memerintahkan terhadap mereka itu, maka mereka dipotong tangan dan kaki mereka
serta mata mereka dipaku. Kemudian mereka dipanaskan di terik matahari hingga
mati”.
[HR. Muslim juz 3, hal 1296]
عَنْ
قَتَادَةَ عَنْ اَنَسٍ اَنَّ نَاسًا مِنْ عُكْلٍ وَ عُرَيْنَةَ قَدِمُوْا عَلَى
النَّبِيِّ ص وَ تَكَلَّمُوْا بِاْلاِسْلاَمِ فَاسْتَوْخَمُوا اْلمَدِيْنَةَ،
فَاَمَرَ لَهُمُ النَّبِيُّ ص بِذَوْدٍ وَ رَاعٍ وَ اَمَرَهُمْ اَنْ يَخْرُجُوْا
فَلْيَشْرَبُوْا مِنْ اَبْوَالِهَا وَ اَلْبَانِهَا فَانْطَلَقُوْا حَتَّى اِذَا
كَانُوْا بِنَاحِيَةِ اْلحَرَّةِ كَفَرُوْا بِاِسْلاَمِهِمْ وَ قَتَلُوْا رَاعِيَ
النَّبِيِّ ص وَ اسْتَاقُوا الذَّوْدَ، فَبَلَغَ ذلِكَ النَّبِيَّ ص فَبَعَثَ
طَلَبَ فِى آثَارِهِمْ، فَاَمَرَ بِهِمْ فَسَمَّرُوْا اَعْيُنَهُمْ وَ قَطَّعُوْا
اَيْدِيَهُمْ. وَ تَرَكُوْا فِى نَاحِيَةِ اْلحَرَّةِ حَتَّى مَاتُوْا عَلَى
حَالِهِمْ. الجماعة
Dari
Qatadah, dari Anas, sesungguhnya (sekelompok) orang dari ‘Ukal dan ’Urainah
datang menghadap Rasulullah SAW dan membicarakan tentang Islam, lalu mereka
terserang penyakit di Madinah, kemudian Nabi SAW memerintahkan untuk mereka agar
dikirim unta dan penggembala, lalu beliau menyuruh mereka supaya keluar untuk
minum kencing dan air susunya (unta), lalu mereka berangkat, sehingga ketika
mereka berada di pinggiran Harrah (nama suatu tempat di Madinah) mereka kufur
sesudah Islam (murtad), serta membunuh penggembala Nabi SAW dan membawa lari
unta-unta tadi. Maka setelah berita itu sampai kepada Nabi SAW, beliau mengirim
utusan untuk mencari jejak mereka dan diperintahkan (supaya) menangkap mereka.
(Setelah tertangkap) lalu matanya dipaku dan tangannya dipotong serta dibiarkan
di pinggiran Harrah itu, sehingga mati dalam keadaan demikian.
[HR. Jamaah]
و
زاد البخارى، قال قتادة: بَلَغَنَا اَنَّ النَّبِيَّ ص بَعْدَ ذلِكَ كَانَ يَحُثُّ
عَلَى الصَّدَقَةِ وَ يَنْهَى عَنِ اْلمُثْلَةِ.
Dan
Bukhari menambah : Qatadah berkata, “Telah sampai berita kepada kami, bahwa
sesudah itu Nabi SAW, menganjurkan untuk bersedekah dan melarang
mencincang”.
عَنْ
سُلَيمَانَ التَّيْمِيِّ عَنْ اَنَسٍ قَالَ: اِنَّمَا سَمَّلَ النَّبِيُّ ص
اَعْيُنَ اُولئِكَ ِلاَنَّهُمْ سَمَّلُوْا
اَعْيُنَ الرُّعَاةِ. مسلم النسائى و الترمذى
Dari
Sulaiman At-Taimiy, dari Anas, ia berkata : Nabi SAW mencungkil mata mereka itu
lantaran mereka telah mencungkil mata para penggembala.
[HR. Muslim, Nasai, dan Tirmidzi].
عَنْ
اَبِى الزَّنَادِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص لَمَّا قَطَعَ الَّذِيْنَ سَرَقُوْا
لِقَاحَهُ وَ سَمَّلَ اَعْيُنَهُمْ بِالنَّارِ عَاتَبَهُ اللهُ فِى ذلِكَ
فَاَنْزَلَ { اِنَّمَا جَزَآءُ الَّذِيْنَ يُحَارِبُوْنَ اللهَ وَ رَسُوْلَه وَ
يَسْعَوْنَ فِى اْلاَرْضِ فَسَادًا اَنْ يُّقَتَّلُوْا اَوْ يُصَلَّبُوْا .....
الاية } ابو داود و النسائى
Dari
Abuz Zanaad, sesungguhnya Rasulullah SAW tatkala memotong orang-orang yang
mencuri unta-untanya serta mencungkil mata mereka dengan (dibakar) api itu, lalu
Allah mencelanya dalam (perlakuan) yang demikian itu, seraya menurunkan ayat,
“Sesungguhnya balasan orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat
kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka itu dibunuh atau disalib ... (QS.
Al-Maidah : 33)”.
[HR. Abu Dawud dan Nasai]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ فِى قُطَّاعِ الطَّرِيْقِ: اِذَا قَتَلُوْا اَوْ اَخَذُوْا اْلمَالَ
قَتَلُوْا وَ صَلَّبُوْا، وَ اِذَا قَتَلُوْا وَ لَمْ يَأْخُذُوا اْلمَالَ
قُتِلُوْا وَ لَمْ يُصْلَبُوْا، وَ اِذَا اَخَذُوا اْلمَالَ وَ لَمْ يَقْتُلُوْا
قُطِّعَتْ اَيْدِيْهِمْ وَ اَرْجُلُهُمْ مِنْ خِلاَفٍ، وَ اِذَا اَخَافُوْا
السَّبِيْلَ وَ لَمْ يَأْخُذُوْا مَالاً نُفُوْا مِنَ اْلاَرْضِ. الشافعى فى
مسنده
Dari
Ibnu ‘Abbas RA tentang para perampok, apabila mereka itu membunuh dan merampas
harta, maka mereka harus dibunuh dan disalib. Apabila mereka itu membunuh tetapi
tidak merampas harta, maka mereka cukup dibunuh tanpa disalib. Dan apabila
mereka itu merampas harta tetapi tidak membunuh, maka tangan dan kakinya
dipotong dengan bersilang. Dan apabila mereka menakut-nakuti (orang yang
berjalan), tetapi tidak merampas harta, maka ia cukup diasingkan (dibuang) dari
negri (tempat mereka tinggal).
[HR. Syafi’i dalam musnadnya].
3.
Qishash anggota tubuh
وَ
كَتَبْنَا عَلَيْهِمْ فِيْهَا اَنَّ النَّفْسَ بِالنَّفْسِ وَ الْعَيْنَ
بِالْعَيْنِ وَ اْلاَنْفَ بِاْلاَنْفِ وَ اْلاُذُنَ بِاْلاُذُنِ وَ السّنَّ
بِالسّنّ وَ الْجُرُوْحَ قِصَاصٌ، فَمَنْ تَصَدَّقَ بِه فَهُوَ كَفَّارَةٌ لَّه، وَ
مَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ فَاُولئِكَ هُمُ
الظَّالِمُونَ.
Dan
Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At-Taurat) bahwasanya jiwa
(dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan
telinga, gigi dengan gigi, dan luka-luka (pun) ada qishashnya. Barangsiapa yang
melepaskan (hak qishas)nya, maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa
baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah,
maka mereka itu adalah orang-orang yang dhalim.
[QS. Al-Maidah : 45]
عَنْ
اَنَسٍ اَنَّ الرُّبَيِّعَ عَمَّتَهُ كَسَرَتْ ثَنِيَّةَ جَارِيَةٍ فَطَلَبُوْا
اِلَيْهَا اْلعَفْوَ فَاَبَوْا، فَعَرَضُوا اْلاَرْشَ فَاَبَوْا، فَاَتَوْا
رَسُوْلَ اللهِ ص فَاَبَوْا اِلاَّ اْلقِصَاصَ، فَاَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ ص
بِاْلقِصَاصِ، فَقَالَ اَنَسُ بْنُ النَّضْرِ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَتُكْسَرُ
ثَنِيَّةُ اْلرُّبَيِّعِ؟ لاَ وَ الَّذِى بَعَثَكَ بِاْلحَقِّ، لاَ تُكْسَرُ
ثَنِيَّتُهَا؟، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: يَا اَنَسُ كِتَابُ اللهِ اْلقِصَاصُ
فَرَضِيَ اْلقَوْمُ فَعَفَوْا، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ مِنْ عِبَادِ اللهِ
مَنْ لَوْ اَقْسَمَ عَلَى اللهِ َلأَبَرَّهُ.
Dari
Anas, bahwa sesungguhnya Rubayyi’ bibinya, telah mematahkan gigi seorang
perempuan, lalu mereka (keluarga Anas) mohon maaf tetapi mereka (keluarga
korban) menolak, kemudian mereka menawarkan denda, tetapi mereka tetap menolak.
Lalu mereka datang kepada Rasulullah SAW, namun keluarga korban tetap hanya
menuntut qishash. Kemudian Rasulullah SAW memerintahkan (dilaksanakan) hukuman
qishash (kepada Rubayyi’) lalu Anas bin Nadlr bertanya, “Ya Rasulullah, apakah
akan dipatahkan gigi Rubayyi’ ? Demi Dzat yang mengutusmu dengan benar, tidak
akan dipatahkan giginya Rubayyi’ !”. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Hai
Anas, Kitab Allah (menetapkan) qishash”. Lalu pihak keluarga korban tersebut
merasa puas dan mereka memaafkan (Rubayyi’). Kemudian Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya diantara hamba-hamba Allah, ada orang yang kalau ia bersumpah atas
nama Allah, tentu Allah sempurnakan sumpahnya itu”.
[HR. Bukhari dan Khamsah kecuali Tirmidzi].
عَنْ
عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ اَنَّ رَجُلاً عَضَّ يَدَ رَجُلٍ فَنَزَعَ يَدَهُ مِنْ
فِيْهِ، فَوَقَعَتْ ثَنِيَّتَاهُ، فَاخْتَصَمُوْا اِلَى النَّبِيِّ ص فَقَالَ:
يَعَضُّ اَحَدُكُمْ يَدَ اَخِيْهِ كَمَا يَعَضُّ اْلفَحْلُ لاَ دِيَةَ لَكَ.
الجماعة الا ابا داود
Dari
Imran bin Hushain, sesungguhnya pernah ada seorang laki-laki menggigit tangan
seseorang, lalu ia menarik tangannya dari mulut penggigit itu, kemudian
tanggallah dua buah giginya. Kemudian mereka mengadukan (hal mereka itu) kepada
Nabi SAW, lalu Nabi SAW bersabda, “Salah seorang diantara kamu menggigit tangan
kawannya sebagaimana binatang pejantan menggigit, tidak ada denda
bagimu”.
[HR. Jamaah kecuali Abu Dawud].
عَنْ
يَعْلَى بْنِ اُمَيَّةَ قَالَ: كَانَ لِى اَجِيْرٌ فَقَاتَلَ اِنْسَانًا فَعَضَّ
اَحَدُهُمَا صَاحِبَهُ، فَانْتَزَعَ اُصْبُعَهُ، فَاَنْدَرَ ثَنِيَّتَهُ،
فَسَقَطَتْ فَانْطَلَقَ اِلَى النَّبِيِّ ص، فَاَهْدَرَ ثَنِيَّتَهُ وَ قَالَ:
اَيَدَعُ يَدَهُ فِى فِيْكَ تَقْضَمُهَا كَمَا يَقْضَمُ اْلفَحْلُ؟ الجماعة الا
الترمذى
Dari
Ya’la bin Umayyah, ia berkata : Aku mempunyai seorang pekerja, kemudian
bertengkar dengan seseorang, lalu salah seorang diantara mereka itu menggigit
tangan kawannya, kemudian yang digigit tangannya itu menarik jari-jarinya
sehingga gigi seri penggigit itu berdarah kemudian lepas. Maka ia pergi kepada
Nabi SAW kemudian Nabi SAW tidak memberikan qishash (maupun tebusan) untuk
giginya yang tanggal itu dan bersabda, “Apakah ia suruh membiarkan saja
tangannya dalam mulutmu yang kamu gigit seperti pejantan menggigit
?”.
[HR. Jama’ah kecuali Tirmidzi].
Keterangan
:
Pada
dua hadits tersebut, Nabi SAW tidak memberikan hak qishash maupun denda kepada korban karena kesalahan terletak pada
pihak korban sendiri.
[Bersambung]
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak