POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE

Halal Haram Dalam Islam (ke-28) Orang Islam yang membunuh orang kafir.

Posted by

Ahad, 19 Maret 2000/13 Dzulhijjah 1420          Brosur no. : 1026/1066/IA
Halal Haram Dalam Islam (ke-28)


Orang Islam yang membunuh orang kafir.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَنْ قَتَلَ مُعَاهَدًا لَمْ يَرِحْ رَائِحَةَ اْلجَنَّةِ، وَ اِنَّ رِيْحَهَا لَيُوْجَدُ مِنْ مَسِيْرَةِ اَرْبَعِيْنَ خَرِيْفًا. احمد و البخارى و النسائى و ابن ماجه
Dari Abdullah bin ‘Amr dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Barangsiapa yang membunuh orang (kafir) yang mempunyai ikatan perjanjian, ia tidak akan mencium bau surga, sedang bau surga itu tercium dari sejauh perjalanan empat puluh musim”. [HR. Ahmad, Bukhari, Nasa’i dan Ibnu Majah].
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: اَلاَ مَنْ قَتَلَ نَفْسًا مُعَاهَدَةً لَهَا ذِمَّةُ اللهِ وَ ذِمَّةُ رَسُوْلِهِ ص. فَقَدْ اَخْفَرَ ذِمَّةَ اللهِ وَ لاَ يَرِحْ رَائِحَةَ اْلجَنَّةِ، وَ اِنَّ رِيْحَهَا لَيُوْجَدُ مِنْ مَسِيْرَةِ اَرْبَعِيْنَ خَرِيْفًا. ابن ماجه و الترمذى
Dari Abu Hurairah RA dari Nabi SAW beliau bersabda, “Ingatlah, barangsiapa yang membunuh jiwa yang telah mengikat perjanjian, yang memang dia itu mendapat perlindungan dari Allah dan Rasul-Nya, maka benar-benar ia telah melepaskan (ikatan) tanggungan Allah dan ia tidak akan mencium bau surga, sedang bau surga itu tercium dari sejauh perjalanan empat puluh musim”. [HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi dan Tirmidzi].
عَنْ اَبِى جُحَيْفَةَ قَالَ: قُلْتُ لِعَلِيٍّ: هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ مِنَ اْلوَحْيِ مَا لَيْسَ فِى اْلقُرْانِ؟ فَقَالَ: لاَ، وَ الَّذِى فَلَقَ اْلحَبَّةَ وَ بَرَأَ النَّسَمَةَ اِلاَّ فَهْمًا يُعْطِيْهِ اللهُ رَجُلاً فِى اْلقُرْانِ وَ مَا فِى هذِهِ الصَّحِيْفَةِ. قُلْتُ: وَ مَا فِى هذِهِ الصَّحِيْفَةِ؟ قَالَ: اَلْعَقْلُ وَ فِكَاكُ اْلاَسِيْرِ وَ اَنْ لاَ يُقْتَلَ مُسْلِمٌ بِكَافِرٍ. احمد و البخارى و النسائى و ابو داود و الترمذى
Dari Abu Juhaifah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Ali, “Apakah engkau mempunyai sesuatu dari wahyu yang tidak termasuk dalam Al-Qur’an ?”. Kemudian Ali menjawab, “Tidak ! Demi Dzat yang menumbuhkan biji dan yang menciptakan makhluq, hanya pengertian yang diberikan oleh Allah kepada seseorang tentang Al-Qur’an dan apa yang ada dalam shahifah ini”. Aku bertanya, “Apa yang ada dalam shahifah ini ?”. Ali menjawab, “(Hukum-hukum tentang) diyat, melepaskan tawanan dan tidak dibunuh seorang Islam dengan sebab (membunuh) orang kafir”. [HR. Ahmad, Bukhari, Nasa’i, Abu Dawud dan Tirmidzi]
عَنْ عَلِيٍّ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَلْمُؤْمِنُوْنَ تَتَكَافَأُ دِمَاؤُهُمْ يَدٌ عَلَى مَنْ سِوَاهُمْ وَ يَسْعَى بِذِمَّتِهِمْ اَدْنَاهُمْ، اَلاَ لاَ يُقْتَلُ مُؤْمِنٌ بِكَافِرٍ وَ لاَ ذُوْ عَهْدٍ فِى عَهْدِهِ. احمد و النسائى و ابو داود
Dari Ali RA, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, “Orang-orang mukmin itu sama (harga) darah mereka. Dan mereka bersatu dalam melawan orang lain (musuh). Dan orang-orang yang dipandang rendah dari mereka boleh memberikan perlindungan (pada orang kafir yang minta perlindungan). Ingatlah tidak boleh seorang mukmin dibunuh sebab (membunuh) orang kafir dan (tidak boleh dibunuh) orang (kafir) yang telah mengikat janji selama masa perjanjiannya”. [HR. Ahmad, Nasa’i dan Abu Dawud].
Keterangan :
a.  Orang mukmin tidak dibalas bunuh karena membunuh orang kafir, maksudnya orang mukmin tidak dibalas bunuh karena membunuh orang kafir harbi, yaitu orang kafir yang memusuhi Islam.
b.  Adapun terhadap orang mukmin yang membunuh orang kafir dzimmi (orang kafir yang dalam perlindungan orang Islam), dan kafir mu’ahad (orang kafir yang ada perjanjian dengan orang Islam) maka hukumnya sama dengan membunuh orang Islam.
2. Hukuman bagi perampok dan pembunuh.
عَنْ اَبِى قِلاَبَةَ حَدَّثَنِى اَنَسٌ: اَنَّ نَفَرًا مِنْ عُكْلٍ ثَمَانِيَةً قَدِمُوْا عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَبَايَعُوْهُ عَلَى اْلاِسْلاَمِ فَاسْتَوْخَمُوا اْلاَرْضَ وَ سَقُمَتْ اَجْسَامُهُمْ، فَشَكَوْا ذلِكَ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ: اَلاَ تَخْرُجُوْنَ مَعَ رَاعِيْنَا فِى اِبِلِهِ فَتُصِيْبُوْنَ مِنْ اَبْوَالِهَا وَ اَلْبَانِهَا؟ فَقَالُوْا: بَلَى. فَخَرَجُوْا فَشَرِبُوْا مِنْ اَبْوَالِهَا وَ اَلْبَانِهَا. فَصَحُّوْا. فَقَتَلُوا الرَّاعِيَ وَ طَرَدُوْا اْلاِبِلَ. فَبَلَغَ ذلِكَ رَسُوْلَ اللهِ ص. فَبَعَثَ فِى آثَارِهِمْ فَاُدْرِكُوْا فَجِيْءَ بِهِمْ فَاَمَرَ بِهِمْ فَقُطِعَتْ اَيْدِيْهِمْ وَ اَرْجُلُهُمْ وَ سُمِرَ اَعْيُنُهُمْ ثُمَّ نُبِذُوْا فِى الشَّمْسِ حَتَّى مَاتُوْا. مسلم
Dari Abu Qilabah ia berkata, “Anas menceritakan kepadaku bahwasanya ada sekelompok orang dari suku ‘Ukal sebanyak delapan orang datang kepada Rasulullah SAW, lalu mereka itu berbai’at kepada beliau untuk masuk Islam. Kemudian mereka tidak cocok dengan iklim di situ, sehingga sakit. Maka mereka mengadukan hal tersebut kepada Rasulullah SAW. Beliau bersabda, “Maukah kalian keluar bersama penggembala kami di tempat untanya sehingga kalian bisa mendapatkan kencing dan susu unta itu ?”. Mereka menjawab, “Mau”. Lalu mereka keluar dan minum dari kencing dan susu unta itu, sehingga sembuh. Kemudian mereka membunuh penggembala, dan membawa lari unta-unta itu, lalu berita itu sampai kepada Rasulullah SAW, maka beliau mengutus para shahabat untuk mengejar mereka. Kemudian mereka itu tertangkap dan dibawa (menghadap Nabi SAW). Lalu Nabi SAW memerintahkan terhadap mereka itu, maka mereka dipotong tangan dan kaki mereka serta mata mereka dipaku. Kemudian mereka dipanaskan di terik matahari hingga mati”. [HR. Muslim juz 3, hal 1296]
عَنْ قَتَادَةَ عَنْ اَنَسٍ اَنَّ نَاسًا مِنْ عُكْلٍ وَ عُرَيْنَةَ قَدِمُوْا عَلَى النَّبِيِّ ص وَ تَكَلَّمُوْا بِاْلاِسْلاَمِ فَاسْتَوْخَمُوا اْلمَدِيْنَةَ، فَاَمَرَ لَهُمُ النَّبِيُّ ص بِذَوْدٍ وَ رَاعٍ وَ اَمَرَهُمْ اَنْ يَخْرُجُوْا فَلْيَشْرَبُوْا مِنْ اَبْوَالِهَا وَ اَلْبَانِهَا فَانْطَلَقُوْا حَتَّى اِذَا كَانُوْا بِنَاحِيَةِ اْلحَرَّةِ كَفَرُوْا بِاِسْلاَمِهِمْ وَ قَتَلُوْا رَاعِيَ النَّبِيِّ ص وَ اسْتَاقُوا الذَّوْدَ، فَبَلَغَ ذلِكَ النَّبِيَّ ص فَبَعَثَ طَلَبَ فِى آثَارِهِمْ، فَاَمَرَ بِهِمْ فَسَمَّرُوْا اَعْيُنَهُمْ وَ قَطَّعُوْا اَيْدِيَهُمْ. وَ تَرَكُوْا فِى نَاحِيَةِ اْلحَرَّةِ حَتَّى مَاتُوْا عَلَى حَالِهِمْ. الجماعة
Dari Qatadah, dari Anas, sesungguhnya (sekelompok) orang dari ‘Ukal dan ’Urainah datang menghadap Rasulullah SAW dan membicarakan tentang Islam, lalu mereka terserang penyakit di Madinah, kemudian Nabi SAW memerintahkan untuk mereka agar dikirim unta dan penggembala, lalu beliau menyuruh mereka supaya keluar untuk minum kencing dan air susunya (unta), lalu mereka berangkat, sehingga ketika mereka berada di pinggiran Harrah (nama suatu tempat di Madinah) mereka kufur sesudah Islam (murtad), serta membunuh penggembala Nabi SAW dan membawa lari unta-unta tadi. Maka setelah berita itu sampai kepada Nabi SAW, beliau mengirim utusan untuk mencari jejak mereka dan diperintahkan (supaya) menangkap mereka. (Setelah tertangkap) lalu matanya dipaku dan tangannya dipotong serta dibiarkan di pinggiran Harrah itu, sehingga mati dalam keadaan demikian. [HR. Jamaah]
و زاد البخارى، قال قتادة: بَلَغَنَا اَنَّ النَّبِيَّ ص بَعْدَ ذلِكَ كَانَ يَحُثُّ عَلَى الصَّدَقَةِ وَ يَنْهَى عَنِ اْلمُثْلَةِ.
Dan Bukhari menambah : Qatadah berkata, “Telah sampai berita kepada kami, bahwa sesudah itu Nabi SAW, menganjurkan untuk bersedekah dan melarang mencincang”.
عَنْ سُلَيمَانَ التَّيْمِيِّ عَنْ اَنَسٍ قَالَ: اِنَّمَا سَمَّلَ النَّبِيُّ ص اَعْيُنَ اُولئِكَ ِلاَنَّهُمْ  سَمَّلُوْا اَعْيُنَ الرُّعَاةِ. مسلم النسائى و الترمذى
Dari Sulaiman At-Taimiy, dari Anas, ia berkata : Nabi SAW mencungkil mata mereka itu lantaran mereka telah mencungkil mata para penggembala. [HR. Muslim, Nasai, dan Tirmidzi].
عَنْ اَبِى الزَّنَادِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص لَمَّا قَطَعَ الَّذِيْنَ سَرَقُوْا لِقَاحَهُ وَ سَمَّلَ اَعْيُنَهُمْ بِالنَّارِ عَاتَبَهُ اللهُ فِى ذلِكَ فَاَنْزَلَ { اِنَّمَا جَزَآءُ الَّذِيْنَ يُحَارِبُوْنَ اللهَ وَ رَسُوْلَه وَ يَسْعَوْنَ فِى اْلاَرْضِ فَسَادًا اَنْ يُّقَتَّلُوْا اَوْ يُصَلَّبُوْا ..... الاية } ابو داود و النسائى
Dari Abuz Zanaad, sesungguhnya Rasulullah SAW tatkala memotong orang-orang yang mencuri unta-untanya serta mencungkil mata mereka dengan (dibakar) api itu, lalu Allah mencelanya dalam (perlakuan) yang demikian itu, seraya menurunkan ayat, “Sesungguhnya balasan orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka itu dibunuh atau disalib ... (QS. Al-Maidah : 33)”. [HR. Abu Dawud dan Nasai]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ فِى قُطَّاعِ الطَّرِيْقِ: اِذَا قَتَلُوْا اَوْ اَخَذُوْا اْلمَالَ قَتَلُوْا وَ صَلَّبُوْا، وَ اِذَا قَتَلُوْا وَ لَمْ يَأْخُذُوا اْلمَالَ قُتِلُوْا وَ لَمْ يُصْلَبُوْا، وَ اِذَا اَخَذُوا اْلمَالَ وَ لَمْ يَقْتُلُوْا قُطِّعَتْ اَيْدِيْهِمْ وَ اَرْجُلُهُمْ مِنْ خِلاَفٍ، وَ اِذَا اَخَافُوْا السَّبِيْلَ وَ لَمْ يَأْخُذُوْا مَالاً نُفُوْا مِنَ اْلاَرْضِ. الشافعى فى مسنده
Dari Ibnu ‘Abbas RA tentang para perampok, apabila mereka itu membunuh dan merampas harta, maka mereka harus dibunuh dan disalib. Apabila mereka itu membunuh tetapi tidak merampas harta, maka mereka cukup dibunuh tanpa disalib. Dan apabila mereka itu merampas harta tetapi tidak membunuh, maka tangan dan kakinya dipotong dengan bersilang. Dan apabila mereka menakut-nakuti (orang yang berjalan), tetapi tidak merampas harta, maka ia cukup diasingkan (dibuang) dari negri (tempat mereka tinggal). [HR. Syafi’i dalam musnadnya].
3. Qishash anggota tubuh
وَ كَتَبْنَا عَلَيْهِمْ فِيْهَا اَنَّ النَّفْسَ بِالنَّفْسِ وَ الْعَيْنَ بِالْعَيْنِ وَ اْلاَنْفَ بِاْلاَنْفِ وَ اْلاُذُنَ بِاْلاُذُنِ وَ السّنَّ بِالسّنّ وَ الْجُرُوْحَ قِصَاصٌ، فَمَنْ تَصَدَّقَ بِه فَهُوَ كَفَّارَةٌ لَّه، وَ مَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ فَاُولئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ.
Dan Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At-Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka-luka (pun) ada qishashnya. Barangsiapa yang melepaskan (hak qishas)nya, maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang dhalim. [QS. Al-Maidah : 45]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ الرُّبَيِّعَ عَمَّتَهُ كَسَرَتْ ثَنِيَّةَ جَارِيَةٍ فَطَلَبُوْا اِلَيْهَا اْلعَفْوَ فَاَبَوْا، فَعَرَضُوا اْلاَرْشَ فَاَبَوْا، فَاَتَوْا رَسُوْلَ اللهِ ص فَاَبَوْا اِلاَّ اْلقِصَاصَ، فَاَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ ص بِاْلقِصَاصِ، فَقَالَ اَنَسُ بْنُ النَّضْرِ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَتُكْسَرُ ثَنِيَّةُ اْلرُّبَيِّعِ؟ لاَ وَ الَّذِى بَعَثَكَ بِاْلحَقِّ، لاَ تُكْسَرُ ثَنِيَّتُهَا؟، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: يَا اَنَسُ كِتَابُ اللهِ اْلقِصَاصُ فَرَضِيَ اْلقَوْمُ فَعَفَوْا، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ مِنْ عِبَادِ اللهِ مَنْ لَوْ اَقْسَمَ عَلَى اللهِ َلأَبَرَّهُ.
Dari Anas, bahwa sesungguhnya Rubayyi’ bibinya, telah mematahkan gigi seorang perempuan, lalu mereka (keluarga Anas) mohon maaf tetapi mereka (keluarga korban) menolak, kemudian mereka menawarkan denda, tetapi mereka tetap menolak. Lalu mereka datang kepada Rasulullah SAW, namun keluarga korban tetap hanya menuntut qishash. Kemudian Rasulullah SAW memerintahkan (dilaksanakan) hukuman qishash (kepada Rubayyi’) lalu Anas bin Nadlr bertanya, “Ya Rasulullah, apakah akan dipatahkan gigi Rubayyi’ ? Demi Dzat yang mengutusmu dengan benar, tidak akan dipatahkan giginya Rubayyi’ !”. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Hai Anas, Kitab Allah (menetapkan) qishash”. Lalu pihak keluarga korban tersebut merasa puas dan mereka memaafkan (Rubayyi’). Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya diantara hamba-hamba Allah, ada orang yang kalau ia bersumpah atas nama Allah, tentu Allah sempurnakan sumpahnya itu”. [HR. Bukhari dan Khamsah kecuali Tirmidzi].
عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ اَنَّ رَجُلاً عَضَّ يَدَ رَجُلٍ فَنَزَعَ يَدَهُ مِنْ فِيْهِ، فَوَقَعَتْ ثَنِيَّتَاهُ، فَاخْتَصَمُوْا اِلَى النَّبِيِّ ص فَقَالَ: يَعَضُّ اَحَدُكُمْ يَدَ اَخِيْهِ كَمَا يَعَضُّ اْلفَحْلُ لاَ دِيَةَ لَكَ. الجماعة الا ابا داود
Dari Imran bin Hushain, sesungguhnya pernah ada seorang laki-laki menggigit tangan seseorang, lalu ia menarik tangannya dari mulut penggigit itu, kemudian tanggallah dua buah giginya. Kemudian mereka mengadukan (hal mereka itu) kepada Nabi SAW, lalu Nabi SAW bersabda, “Salah seorang diantara kamu menggigit tangan kawannya sebagaimana binatang pejantan menggigit, tidak ada denda bagimu”. [HR. Jamaah kecuali Abu Dawud].
عَنْ يَعْلَى بْنِ اُمَيَّةَ قَالَ: كَانَ لِى اَجِيْرٌ فَقَاتَلَ اِنْسَانًا فَعَضَّ اَحَدُهُمَا صَاحِبَهُ، فَانْتَزَعَ اُصْبُعَهُ، فَاَنْدَرَ ثَنِيَّتَهُ، فَسَقَطَتْ فَانْطَلَقَ اِلَى النَّبِيِّ ص، فَاَهْدَرَ ثَنِيَّتَهُ وَ قَالَ: اَيَدَعُ يَدَهُ فِى فِيْكَ تَقْضَمُهَا كَمَا يَقْضَمُ اْلفَحْلُ؟ الجماعة الا الترمذى
Dari Ya’la bin Umayyah, ia berkata : Aku mempunyai seorang pekerja, kemudian bertengkar dengan seseorang, lalu salah seorang diantara mereka itu menggigit tangan kawannya, kemudian yang digigit tangannya itu menarik jari-jarinya sehingga gigi seri penggigit itu berdarah kemudian lepas. Maka ia pergi kepada Nabi SAW kemudian Nabi SAW tidak memberikan qishash (maupun tebusan) untuk giginya yang tanggal itu dan bersabda, “Apakah ia suruh membiarkan saja tangannya dalam mulutmu yang kamu gigit seperti pejantan menggigit ?”. [HR. Jama’ah kecuali Tirmidzi].
Keterangan :
Pada dua hadits tersebut, Nabi SAW tidak memberikan hak qishash maupun denda  kepada korban karena kesalahan terletak pada pihak korban sendiri.

[Bersambung]


Demo Blog NJW V2 Updated at: November 10, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang bijak