Ahad, 01 Agustus 2004/14 Jumadits tsaniyah 1425 Brosur no. :
1235/1275/IF
Shalat
(ke-7)
عَنْ
جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَجُلاً سَاَلَ النَّبِيَّ ص: اُصَلّى فِى
الثَّوْبِ الَّذِى آتِى فِيْهِ اَهْلِى؟ قَالَ: نَعَمْ، اِلاَّ اَنْ تَرَى فِيْهِ
شَيْئًا فَتَغْسِلُهُ.
احمد و ابن ماجه، فى نيل الاوطار 2: 132
Dari
Jabir bin Samurah, ia berkata : Saya mendengar seorang laki-laki bertanya kepada
Nabi SAW, “Apakah boleh saya shalat memakai pakaian yang sudah saya pakai
mengumpuli istri saya ?”. Nabi SAW menjawab, “Ya boleh, kecuali kalau kamu
melihat padanya ada sesuatu (kotoran), maka cucilah ia. [HR. Ahmad dan Ibnu
Majah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 132]
عَنْ
مُعَاوِيَةَ قَالَ: قُلْتُ ِلاُمّ حَبِيْبَةَ، هَلْ كَانَ يُصَلّى النَّبِيُّ ص فِى
الثَّوْبِ الَّذِى يُجَامِعُ فِيْهِ؟ قَالَتْ: نَعَمْ، اِذَا لَمْ يَكُنْ فِيْهِ
اَذًى.
الخمسة الا الترمذى، فى نيل الاوطار 2:
132
Dari
Mu’awiyah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Ummu Habibah, “Apakah Nabi
SAW pernah shalat memakai pakaian yang beliau pakai untuk bersetubuh ?". Ummu
Habibah menjawab, “Ya, apabila tidak ada sesuatu kotoran padanya”. [HR
Khomsah, kecuali Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 132].
Menggendong
anak kecil ketika shalat.
عَنْ
اَبِى قَتَادَةَ اْلاَنْصَارِيّ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى وَ هُوَ
حَامِلٌ اُمَامَةَ بِنْتَ زَيْنَبَ بِنْتِ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ ِلاَبِى اْلعَاصّ
ابْنِ رَبِيْعَةَ ابْنِ عَبْدِ شَمْسٍ فَاِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا، وَ اِذَا قَامَ
حَمَلَهَا.
البخارى 1: 131
Dari
Abu Qatadah Al-Anshariy, bahwasanya Rasulullah SAW pernah shalat dengan
menggendong Umamah binti Zainab binti Rasulullah SAW yaitu anak perempuan Abul
'Ash bin Rabi'ah bin 'Abdi Syamsin, "Lalu apabila sujud, beliau meletakkannya.
Dan apabila berdiri, beliau menggendongnya lagi. [HR Bukhari juz 1, hal.
131]
Keterangan
: Zainab adalah puteri Rasulullah SAW dan istri Abul 'Ash, jadi Umamah tersebut
adalah cucu Rasulullah SAW.
عَنْ
اَبِى قَتَادَةَ اْلاَنْصَارِيّ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص يَؤُمُّ النَّاسَ وَ
اُمَامَةُ بِنْتُ اَبِى اْلعَاصِ وَ هِيَ ابْنَةُ زَيْنَبَ بِنْتِ النَّبِيّ ص
عَلَى عَاتِقِهِ، فَاِذَا رَكَعَ وَضَعَهَا وَ اِذَا رَفَعَ مِنَ السُّجُوْدِ
اَعَادَهَا.
مسلم 1: 385
Dari
Abu Qatadah Al-Anshariy, ia berkata, "Saya melihat Nabi SAW sedang mengimami
orang banyak, sedangkan Umamah binti Abil 'Ash yaitu anak perempuan Zainab binti
Nabi SAW berada di pundak beliau. Lalu apabila ruku', beliau meletakkannya, dan
apabila bangkit dari sujud, beliau menggendongnya lagi".
[HR. Muslim juz 1, hal. 385]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كُنَّا نُصَلّى مَعَ النَّبِيّ ص اْلعِشَاءَ، فَاِذَا
سَجَدَ وَثَبَ اْلحَسَنُ وَ اْلحُسَيْنُ عَلَى ظَهْرِهِ، فَاِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ
اَخَذَهُمَا مِنْ خَلْفِهِ اَخْذًا رَفِيْقًا وَ يَضَعُهُمَا عَلَى اْلاَرْضِ،
فَاِذَا عَادَ عَادَا حَتَّى قَضَى صَلاَتَهُ، ثُمَّ اَقْعَدَ اَحَدَهُمَا عَلَى
فَخِذَيْهِ، قَالَ: فَقُمْتُ اِلَيْهِ فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ اَرُدُّهُمَا؟
فَبَرَقَتْ بَرْقَةٌ، فَقَالَ لَهُمَا: اَلْحِقَا بِاُمّكُمَا. فَمَكَثَ ضَوْؤُهَا
حَتَّى دَخَلاَ.
احمد، فى نيل الاوطار 2: 137
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Dahulu kami pernah shalat 'isyak bersama Nabi SAW,
apabila beliau sujud Hasan dan Husain melompat pada punggung beliau. Maka
apabila beliau mengangkat kepalanya (dari sujud), beliau ambil keduanya itu dari
belakangnya dengan pelan-pelan, lalu beliau letakkan keduanya di tanah. Dan
apabila beliau kembali (seperti semula), kedua anak itupun kembali lagi.
Begitulah seterusnya hingga beliau menyelesaikan shalatnya. Kemudian salah satu
dari keduanya itu beliau dudukkan di atas kedua paha beliau". Abu Hurairah
berkata, "Kemudian aku berdiri menghadap beliau dan berkata, "Ya Rasulullah,
apakah perlu kuantar kedua anak ini ?". Maka wajah beliau bercahaya sambil
menyuruh kedua anak itu, "Ikutlah kepada ibumu !". Maka cahaya itu masih ada
sehingga kedua anak itu masuk".
[HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 137]
Keterangan
: Hasan dan Husain adalah anak Fathimah, sedangkan Fathimah adalah putri beliau.
Jadi keduanya adalah cucu beliau.
Shalat
di atas kendaraan.
عَنْ
يَعْلَى بْنِ مُرَّةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص انْتَهَى اِلىَ مَضِيْقٍ هُوَ وَ
اَصْحَابُهُ وَ هُوَ عَلَى رَاحِلَتِهِ وَ السَّمَاءُ مِنْ فَوْقِهِمْ وَ
اْلبِلَّةُ مِنْ اَسْفَلَ مِنْهُمْ فَحَضَرَتِ الصَّلاَةُ فَاَمَرَ اْلمُؤَذّنَ
فَاَذَّنَ وَ اَقَامَ ثُمَّ تَقَدَّمَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى رَاحِلَتِهِ فَصَلَّى
بِهِمْ يُوْمِئُ اِيْمَاءً يَجْعَلُ السُّجُوْدَ اَخْفَضَ مِنَ
الرُّكُوْعِ.
احمد و الترمذى، فى نيل الاوطار 2: 159
Dari
Ya'la bin Murrah bahwasanya Nabi SAW bersama para shahabat sampai di suatu
lembah. Beliau berada di atas kendaraannya, padahal langit di atasnya tertutup
mendung dan di bawah sangat basah. Kemudian tibalah waktu shalat, maka beliau
menyuruh mu'adzdzin supaya beradzan, lalu ia adzan dan iqamah. Kemudian
Rasulullah SAW maju dengan tetap diatas kendaraannya, lalu shalat bersama mereka
di atas kendaraan dengan berisyarat, beliau menjadikan sujudnya lebih rendah
daripada ruku'.
[HR. Ahmad dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 159]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى سُبْحَتَهُ حَيْثُمَا
تَوَجَّهَتْ بِهِ نَاقَتُهُ.
مسلم 1: 486
Dari
Ibu 'Umar, bahwasanya Rasulullah SAW dahulu shalat sunnah (di atas unta beliau
dengan menghadap) menurut unta itu berjalan.
[HR. Muslim juz 1, hal. 486]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلّى وَ هُوَ مُقْبِلٌ مِنْ مَكَّةَ
اِلىَ اْلمَدِيْنَةِ عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ كَانَ وَجْهُهُ. قَالَ: وَ فِيْهِ
نَزَلَتْ فَاَيْنَمَا تُوَلُّوْا فَثَمَّ وَجْهُ اللهِ.
مسلم 1: 486
Dari
Ibnu 'Umar, ia berkata : Dahulu ketika Rasulullah SAW tiba di Madinah dari
Makkah, beliau shalat di atas kendaraannya (dengan menghadap) kemana saja
kendaraan itu menghadap. Dan berkenaan dengan itu turun ayat (yang artinya),
"Kemana saja kalian menghadap, maka di situlah wajah Allah". ~Al-baqarah :
115~.
[HR. Muslim juz 1, hal. 486]
عَنْ
اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا اَرَادَ اَنْ يُصَلّيَ
عَلَى رَاحِلَتِهِ تَطَوُّعًا اسْتَقْبَلَ اْلقِبْلَةَ، فَكَبَّرَ لِلصَّلاَةِ
ثُمَّ خَلَّى عَنْ رَاحِلَتِهِ فَصَلَّى حَيْثُمَا تَوَجَّهَتْ بِهِ.
احمد و ابو داود، فى نيل الاوطار 2: 192
Dari
Anas bin Malik, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila akan shalat sunnah di
atas kendaraannya, beliau menghadap qiblat, lalu bertakbir untuk shalat,
kemudian membiarkan kendaraannya, maka beliau shalat (dengan menghadap) kemana
saja kendaraan itu menuju".
[HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 192]
عَنْ
جَابِرٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلّى عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ
تَوَجَّهَتْ. فَاِذَا اَرَادَ اْلفَرِيْضَةَ نَزَلَ فَاسْتَقْبَلَ
اْلقِبْلَةَ.
البخارى 1: 104
Dari
Jabir, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW shalat (sunnah) diatas kendaraannya
kemana saja kendaraan itu menghadap. Maka apabila akan shalat fardlu, beliau
turun, lalu menghadap qiblat".
[HR. Bukhari juz 1, hal. 104]
Tempat-tempat
yang dilarang untuk shalat dan yang diperbolehkan
عَنْ
جَابِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: جُعِلَتْ لِيَ اْلاَرْضُ طَهُوْرًا وَ
مَسْجِدًا. فَاَيُّمَا رَجُلٍ اَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلّ حَيْثُ
اَدْرَكَتْهُ.
احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 2: 146
Dari
Jabir, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Bumi ini dijadikan untukku sebagai
pensuci dan untuk tempat sujud. Maka dari itu siapasaja yang menjumpai waktu
shalat, maka shalatlah di tempat ia menjumpainya".
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 146]
عَنْ
اَبِى سَعِيْدٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: َاْلاَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ اِلاَّ
اْلمَقْبَرَةَ وَ اْلحَمَّامَ.
الخمسة الا النسائى، فى نيل الاوطار 2: 148
Dari
Abu Sa'id, bahwasanya Nabi SAW bersabda, "Bumi ini semuanya tempat bersujud,
kecuali quburan dan kamar mandi".
[HR. Khomsah, kecuali Nasaiy, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 148]
عَنْ
اَبِى مَرْثَدِ اْلغَنَوِيّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ تُصَلُّوْا اِلىَ
اْلقُبُوْرِ، وَ لاَ تَجْلِسُوْا عَلَيْهَا.
الجماعة الا البخارى و ابن ماجه، فى نيل الاوطار 2: 150
Dari
Abu Martsad Al-Ghanawiy, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian
shalat menghadap quburan, dan janganlah kalian duduk di atasnya".
[HR. Jama'ah, kecuali Bukhari dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 2, hal.
150]
عَنْ
جُنْدَبٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص قَبْلَ اَنْ يَمُوْتَ بِخَمْسٍ وَ هُوَ
يَقُوْلُ: اِنّى اَبْرَأُ اِلىَ اللهِ اَنْ يَكُوْنَ لِى مِنْكُمْ خَلِيْلٌ فَاِنَّ
اللهَ تَعَالَى قَدِ اتَّخَذَنِى خَلِيْلاً كَمَا اتَّخَذَ اِبْرَاهِيْمَ
خَلِيْلاً. وَ لَوْ كُنْتُ مُتَخّذًا مِنْ اُمَّتِى خَلِيْلاً لاَتَّخَذْتُ اَبَا
بَكْرٍ خَلِيْلاً، اَلاَ وَ اِنَّ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ كَانُوْا يَتَّخِذُوْنَ
قُبُوْرَ اَنْبِيَائِهِمْ وَ صَالِحِيْهِمْ مَسَاجِدَ. اَلاَ فَلاَ تَتَّخِذُوا
اْلقُبُوْرَ مَسَاجِدَ، اِنّى اَنْهَاكُمْ عَنْ ذٰلِكَ.
مسلم 1: 377
Dari
Jundab, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW sebelum beliau wafat kurang
lima hari, beliau bersabda, "Sesungguhnya aku serahkan kepada Allah orang yang
menjadi kekasihku, karena Allah Ta'ala telah menjadikanku kekasih sebagaimana
Dia menjadikan Ibrahim sebagai kekasih. Dan seandainya aku menjadikan seseorang
kekasih diantara ummatku, tentu aku menjadikan Abu Bakar sebagai kekasihku.
Ketahuilah, sesungguhnya orang-orang dahulu sebelum kalian biasa menjadikan
qubur Nabi-nabi mereka dan qubur orang-orang shalih mereka itu sebagai tempat
ibadah. Maka dari itu, ingatlah ! janganlah sekali-kali kalian menjadikan
qubur-qubur sebagai masjid-masjid. Sesungguhnya aku melarang kalian dari berbuat
demikian".
[HR. Muslim juz 1, hal. 377]
Mendirikan
masjid di bekas quburan orang kafir
عَنْ
اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيّ ص كَانَ يُحِبُّ اَنْ يُصَلّي حَيْثُ اَدْرَكَتْهُ
الصَّلاَةُ. وَ يُصَلّى فِى مَرَابِضِ اْلغَنَمِ. وَ اَنَّهُ اَمَرَ بِبِنَاءِ
اْلمَسْجِدِ، فَاَرْسَلَ اِلَى مَـَلإِ مِنْ بَنِى النَّجَّارِ فَقَالَ: يَا بَنِى
النَّجَّارِ، ثَامِنُوْنِى بِحَائِطِكُمْ هٰذَا. قَالُوْا: لاَ، وَ اللهِ مَا
نَطْلُبُ ثَمَنَهُ اِلاَّ اِلىَ اللهِ. فَقَالَ اَنَسٌ: وَ كَانَ فِيْهِ مَا
اَقُوْلُ لَكُمْ. قُبُوْرُ اْلمُشْرِكِيْنَ. وَ فِيْهِ خَرِبٌ وَ فِيْهِ نَخْلٌ.
فَاَمَرَ النَّبِيُّ ص بِقُوُرِ اْلمُشْرِكِيْنَ فَنُبِشَتْ ثُمَّ بِالْخَرِبِ
فَسُوّيَتْ، ثُمَّ بِالنَّخْلِ فَقُطِعَ. فَصَفُّوا النَّخْلَ قِبْلَةَ اْلمَسْجِدِ
وَ جَعَلُوْا عِضَادَتَيْهِ اْلحِجَارَةَ. وَ جَعَلُوْا يَنْقُلُوْنَ الصَّخْرَ وَ
هُمْ يَرْتَجِزُوْنَ وَ النَّبِيُّ ص مَعَهُمْ. وَ هُوَ يَقُوْلُ: اَللّهُمَّ
لاَ خَيْرَ اِلاَّ خَيْرُ اْلآخِرَه، فَاغْفِرْ ِلـْلاَنْصَارِ وَ
اْلمُهَاجِرَه.
احمد و البخارى و مسلم (مختصر)، فى نيل الاوطار 2: 163
Dari
Anas, ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW senang sekali shalat dimana beliau
mendapatkan (waktu) untuk shalat itu. Dan beliau pernah shalat di kandang
kambing. Dan sesungguhnya beliau menyuruh mendirikan masjid, lalu beliau
menyuruh kepada para ketua bani Najjar, dan bersabda, "Hai banu Najjar, juallah
kebunmu ini kepadaku !". Mereka menjawab, "Demi Allah, kami tidak akan meminta
harganya melainkan (kami berikan) kepada Allah". Lalu Anas berkata, "Di dalam
kebun itu ada apa yang kami katakan kepada kalian, yaitu qubur orang-orang
musyrik, ada lubang-lubang dan ada pohon kurmanya". Nabi SAW menyuruh membongkar
qubur orang-orang musyrik itu, lalu qubur itu dibongkar, lubang-lubang itu
diratakan, dan pohon-pohon kurmanya dipotong. Kemudian shahabat-shahabat
mengatur pohon kurma itu di bagian qiblat masjid, dan mereka membuat dua tiang
pintunya dari batu. Mereka sama memindahkan batu-batu sambil bersya'ir, sedang
Nabi SAW bersama mereka, dan beliau pun mengucapkan (yang artinya), "Ya
Allah, tiada kebaikan selain kebaikan akhirat, maka ampunilah shahabat-shahabat
Anshar dan Muhajirin". [Diringkas dari hadits Ahmad, Bukhari dan Muslim,
dalam Nailul Authar juz 2, hal. 163]
Bersambung……..
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak