POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE

JANAIZ (ke-8) 20. Shalat Jenazah di Masjid

Posted by

Ahad 05 April 1998/08 Dzulhijjah 1418                 Brosur no. : 927/967/IF
JANAIZ (ke-8)


20. Shalat Jenazah di Masjid
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّهَا قَالَتْ لَمَّا تُوُفِّيَ سَعْدُ بْنُ اَبِى وَقَّاصٍ، اُدْخُلُوْا بِهِ اْلمَسْجِدَ حَتَّى اُصَلِّيَ عَلَيْهِ، فَاَنْكَرُوْا ذلِكَ عَلَيْهَا فَقَالَتْ: وَ اللهِ لَقَدْ صَلَّى رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى ابْنَيْ بَيْضَاءَ فِى اْلمَسْجِدِ، سُهَيْلٍ وَ اَخِيْهِ. مسلم
Dari ‘Aisyah bahwa ketika Sa’ad bin Abu Waqqash meninggal dunia, ia berkata, “Masukkanlah jenazah itu ke masjid sehingga aku menshalatkannya”, lalu shahabat-shahabat menolak yang demikian itu, maka ‘Aisyah berkata (lagi), “Demi Allah, Rasulullah SAW pernah menshalatkan jenazah dua anak Baidla’ di masjid, yaitu Suhail dan saudaranya”. [HR. Muslim]
و فى رواية: مَا صَلَّى رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى سُهَيْلِ بْنِ اْلبَيْضَاءَ اِلاَّ فِى جَوْفِ اْلمَسْجِدِ. الجماعة الا البخارى. نيل الاوطار 4: 77
Dan dalam satu riwayat (dikatakan), “Rasulullah SAW tidak menshalatkan Suhail bin Baidla’ melainkan di tengah-tengah masjid”. [HR. Jama’ah, kecuali Bukhari. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 77]
عَنْ عُرْوَةَ قَالَ: صُلِّيَ عَلَى اَبِى بَكْرٍ فِى اْلمَسْجِدِ. سعيد. نيل الاوطار 4: 77
Dari ‘Urwah, ia berkata, “Abu Bakar dishalatkan jenazahnya di masjid”. [HR. Sa’id. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 77]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: صُلِّيَ عَلَى عُمَرَ فِى اْلمَسْجِدِ. سعيد و مالك. نيل الاوطار 4: 77
Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “ ‘Umar (jga) dishalatkan di masjid”. [HR. Sa’id dan Malik. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 77]

21. Keutamaan Shalat Jenazah
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: دَخَلَ النَّاسُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص اَرْسَالاً يُصَلُّوْنَ عَلَيْهِ، حَتَّى اِذَا فَرَغُوْا اَدْخَلُوا النِّسَاءَ، حَتَّى اِذَا فَرَغُوْا اَدْخَلُوا الصِّبْيَانَ. وَ لَمْ يَؤُمَّ النَّاسَ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص اَحَدٌ. ابن ماجه. نيل الاوطار 4: 47
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Orang-orang masuk kepada Rasulullah SAW dengan bergelombang untuk menshalatkannya, sehingga apabila mereka telah selesai lalu mereka memasukkan kaum wanita, setelah selesai mereka memasukkan anak-anak, sedang tidak seorangpun menjadi imam dalam menshalatkan jenazah Rasulullah SAW tersebut”. [HR. Ibnu Majah. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 47]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ شَهِدَ اْلجَنَازَةَ حَتَّى يُصَلَّى عَلَيْهَا فَلَهُ قِيْرَاطٌ. وَ مَنْ شَهِدَهَا حَتَّى تُدْفَنَ فَلَهُ قِيْرَاطَانِ. قِيْلَ: وَ مَا اْلقِيْرَاطَانِ؟ قَالَ: مِثْلُ اْلجَبَلَيْنِ اْلعَظِيْمَيْنِ. احمد و البخارى و مسلم
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menghadiri jenazah sehingga dishalatkannya, maka baginya (pahala) satu qirath, dan barangsiapa menghadirinya sehingga diqubur maka baginya (pahala) dua qirath”. Rasulullah SAW ditanya, “Seperti apa dua qirath itu ?”. Beliau SAW menjawab, “(Yaitu) seperti dua gunung yang besar”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 60]
عَنْ مَالِكِ بْنِ هُبَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَا مِنْ مُؤْمِنٍ يَمُوْتُ فَيُصَلِّى عَلَيْهِ اُمَّةٌ مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ يَبْلُغُوْنَ اَنْ يَكُوْنُوْا ثَلاَثَةَ صُفُوْفٍ اِلاَّ غُفِرَ لَهُ، فَكَانَ مَالِكُ بْنُ هُبَيْرَةَ يَتَحَرَّى اِذَا قَلَّ اَهْلُ اْلجَنَازَةِ اَنْ يَجْعَلُهُمْ ثَلاَثَةَ صُفُوْفٍ. الخمسة الا النسائى
Dari Malik bin Hubairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang mukmin meninggal, kemudian ia dishalatkan oleh segolongan kaum muslimin yang mencapai tiga shaff, melainkan diampuni baginya”. Maka Malik bin Hubairah apabila orang-orang yang menshalatkan itu sedikit, ia berusaha menjadikan mereka tiga shaff. [HR. Al-Khomsah, kecuali Nasai]
عَنْ عَائِشَةَ عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَا مِنْ مَيِّتٍ يُصَلِّى عَلَيْهِ اُمَّةٌ مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ يَبْلُغُوْنَ مِائَةً كُلُّهُمْ يَشْفَعُوْنَ لَهُ اِلاَّ شُفِّعُوْا فِيْهِ. احمد و مسلم و النسائى و الترمذى و صححه
Dari ‘Aisyah, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Tidaklah seorang mayyit dishalatkan oleh sekelompok kaum muslimin yang mencapai 100 orang yang semuanya mendoakannya, melainkan mereka dikabulkan permohonannya untuk mayyit itu”. [HR. Ahmad, Muslim, Nasai dan Tirmidzi dan ia mengesahkannya. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 62]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَا مِنْ رَجُلٍ مُسْلِمٍ يَمُوْتُ فَيَقُوْمُ عَلَى جَنَازَتِهِ اَرْبَعُوْنَ رَجُلاً لاَ يُشْرِكُوْنَ بِاللهِ شَيْئًا اِلاَّ شَفَّعَهُمُ اللهُ فِيْهِ. احمد و مسلم و ابو داود
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang laki-laki muslim meninggal, kemudian dishalatkan oleh 40 orang laki-laki yang tidak musyrik kepada Allah sedikitpun, melainkan Allah menerima permohonannya untuk si mayyit itu”. [HR. Ahmad, Muslim dan Abu Dawud]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوْتُ فَيَشْهَدُ لَهُ اَرْبَعَةُ اَبْيَاتٍ مِنْ جِيْرَانِهِ اْلاَدْنَيْنِ اِلاَّ قَالَ اللهُ تَعَالَى: قَدْ قَبِلْتُ عِلْمَهُمْ فِيْهِ، وَ غَفَرْتُ لَهُ مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ. احمد
Dari Anas bahwa Nabi SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim meninggal, kemudian disaksikan oleh 4 rumah dari tetangganya yang dekat-dekat melainkan Allah mengatakan, “Sungguh Aku menerima kesaksian mereka itu dan Aku mengampuni kesalahannya yang tidak mereka ketahui”. [HR. Ahmad]

22. Shalat Ghaib dan Shalat di atas Qubur
عَنْ جَابِرٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص صَلَّى عَلَى اَصْحَمَةَ النَّجَاشِيِّ فَكَبَّرَ عَلَيْهِ اَرْبَعًا. احمد و البخارى و مسلم
Dari Jabir, bahwa Nabi SAW pernah menshalatkan Ashhamah (Raja Najasyi, dan beliau takbir emat kali. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
و فى لفظ قال: قَدْ تُوُفِّيَ اْليَوْمَ رَجُلٌ صَالِحٌ مِنَ اْلحَبَشِ فَهَلُمُّوْا فَصَلُّوْا عَلَيْهِ. فَصَفَفْنَا خَلْفَهُ. قَالَ: فَصَلَّ رَسُوْلُ اللهِ ص وَ نَحْنُ صُفُوْفٌ. احمد و البخارى و مسلم
Dan dalam satu lafadh (dikatakan), Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari ini seorang laki-laki yang shalih dari Habasyah telah meninggal dunia, maka mari shalatkanlah dia !”. Kemudian kami disuruh baris di belakang Nabi SAW. Jabir berkata, “Kemudian Rasulullah SAW menshalatkannya sedang kami berbaris di belakangnya”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص نَعَى النَّجَاشِيَّ فِى اْليَوْمِ الَّذِى مَاتَ فِيْهِ. وَ خَرَجَ بِهِمْ اِلَى اْلمُصَلَّى، فَصَفَّ بِهِمْ وَ كَبَّرَ عَلَيْهِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ. الجماعة
Dari Abu Hurairah bahwa Nabi SAW mengkhabarkan kematian raja Najasyi pada hari meninggalnya, lalu beliau keluar ke mushallat bersama orang banyak, kemudian mengatur barisan mereka dan takbir 4 kali. [HR. Jama’ah]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: اِنْتَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص اِلَى قَبْرٍ رَطْبٍ، فَصَلَّى عَلَيْهِ. وَ صَفُّوْا خَلْفَهُ، وَ كَبَّرَ اَرْبَعًا. احمد و البخارى و مسلم
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Sampailah Rasulullah SAW ke sebuah quburan yang masih basah (baru), lalu beliau shalat di atasnya, sedang shahabat-shahabat berbaris di belakangnya, dan bertakbir 4 kali. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ امْرَأَةً سَوْدَاءَ كَانَتْ تَقُمُّ اْلمَسْجِدَ اَوْ شَابًا، فَفَقَدَهَا رَسُوْلُ اللهِ ص، فَسَأَلَ عَنْهَا اَوْ عَنْهُ. فَقَالُوْا: مَاتَ. فَقَالَ: اَفَلاَ آذَنْتُمُوْنِى؟ قَالَ: فَكَاَنَّهُمْ صَغَّرُوْا اَمْرَهَا اَوْ اَمْرَهُ. فَقَالَ: دُلُّوْنِى عَلَى قَبْرِهِ. فَدَلُّوْهُ. فَصَلَّى عَلَيْهَا ثُمَّ قَالَ: اِنَّ هذِهِ اْلقُبُوْرَ مَمْلُوْءَةٌ ظُلْمَةٌ عَلَى اَهْلِهَا، وَ اِنَّ اللهَ يُنَوِّرُهَا لَهُمْ بِصَلاَتِى عَلَيْهِمْ. احمد و البخارى و مسلم
Dari Abu Hurairah bahwa ada seorang perempuan hitam atau seorang pemuda tukang sapu masjid (telah meninggal), maka Rasulullah SAW kehilangan dia, kemudian beliau menanyakan tentang perampuan (atau pemuda tadi), lalu para shahabat menjawab, “Dia telah meninggal”. Kemudian Rasulullah SAW bertanya, “Mengapa kalian tidak memberitahukan kepadaku ?”. Abu Hurairah berkata, “Seolah-olah mereka meremehkan persoalan perempuan atau pemuda itu, kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Tunjukkanlah quburannya kepadaku”. Lalu mereka menunjukkannya, kemudian beliau menshalatkannya, lalu bersabda, “Sesungguhnya quburan ini penuh kegelapan bagi penghuninya, kemudian Allah menerangi qubur ini sebab shalatku atas mereka”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
وَ لَيْسَ لِلْبُخَارِى اِنَّ هذِهِ اْلقُبُوْرَ مَمْلُوْءَةٌ ظُلْمَةٌ اِلَى آخِرِ اْلخَبَرِ
Tetapi di dalam Bukhari tidak ada kalimat, “Sesungguhnya qubur ini penuh kegelapan”, dan seterusnya.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص صَلَّى عَلَى مَيِّتٍ بَعْدَ شَهْرٍ. الدارقطنى
Dari Ibnu ‘Abbas bahwa Nabi SAW pernah shalat di atas qubur sesudah sebulan. [HR. Daruquthni]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص صَلَّى عَلَى مَيِّتٍ بَعْدَ ثَلاَثٍ. الدارقطنى
Dari Ibnu ‘Abbas, bahwa Nabi SAW pernah menshalatkan mayyit sesudah (diqibur) tiga hari lamanya. [HR. Daruquthni. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 58]
عَنْ سَعِيْدِ بْنِ اْلمُسَيَّبِ اَنَّ اُمَّ سَعْدٍ مَاتَتْ وَ النَّبِيُّ ص غَائِبٌ. فَلَمَّا قَدِمَ صَلَّى عَلَيْهَا. وَ قَدْ مَضَى لِذلِكَ شَهْرٌ. الترمذى
Dari Sa’id bin Musayyab bahwa Ummu Sa’ad telah mati, sedang Nabi SAW tidak di rumah, kemudian setelah datang maka beliau menshalatkannya, padahal telah lewat waktu sebulan lamanya. [HR. Tirmidzi]

23. Shalat Jenazah utuk orang yang dihukum Had
عَنْ جَابِرٍ اَنَّ رَجُلاً مِنْ اَسْلَمَ جَاءَ اِلَى النَّبِيِّ ص فَاعْتَرَفَ الزِّنَا، فَاَعْرَضَ عَنْهُ حَتَّى شَهِدَ عَلَى نَفْسِهِ اَرْبَعَ مَرّاتٍ. فَقَالَ لَهُ: اَبِكَ جُنُوْنٌ؟ قَالَ: لاَ. قَالَ: اَحْصَنْتَ؟ قَالَ: نَعَمْ. فَاَمَرَ بِهِ فَرُجِمَ بِاْلمُصَلَّى. فَلَمَّا اَذْلَقَتْهُ اْلحِجَارَةُ فَرَّ، فَاُدْرِكَ فَرُجِمَ حَتَّى مَاتَ. فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ ص: خَيْرًا. وَ صَلَّى عَلَيْهِ. البخارى
Dari Jabir bahwa ada seorang laki-laki dari suku Aslam datang kepada Nabi SAW lalu ia mengaku berzina, maka Nabi SAW berpaling daripadanya, sehingga ia bersumpah 4 kali, kemudian Nabi SAW bertanya lagi, “Apakah kamu gila ?”. Ia menjawab, “Tidak”. Nabi SAW bertanya lagi, “Apakah kamu pernah beristri ?”. Ia menjawab, “Ya”. Kemudian Nabi SAW memerintahkan terhadapnya, lalu ia dirajam di Mushalla. Kemudian ketika terkena lemparan batu ia lari, lalu ditangkap, kemudian dirajam lagi sampai meninggal, kemudian Nabi SAW bersabda, “Ya, ia mendapat kebaikan”, dan Nabi SAW menshalatkannya. [HR. Bukhari. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 54]
عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ اَنَّ امْرَأَةً مِنْ جُهَيْنَةَ اَتَتِ النَّبِيَّ ص وَ هِيَ حُبْلَى مِنَ الزِّنَا، فَقَالَتْ: يَا نَبِيَّ اللهِ، اَصَبْتُ حَدًّا فَاَقِمْهُ عَلَيَّ. فَدَعَا النَّبِيُّ ص وَلِيَّهَا فَقَالَ: اَحْسِنْ اِلَيْهَا. فَاِذَا وَضَعَتْ فَائْتِنِى بِهَا، فَفَعَلَ. فَاَمَرَ بِهَا نَبِيُّ اللهِ ص فَشُكَّتْ عَلَيْهَا ثِيَابُهَا. ثُمَّ اَمَرَ بِهَا فَرُجِمَتْ. ثُمَّ صَلَّى عَلَيْهَا. فَقَالَ لَهُ عُمَرُ: تُصَلِّى عَلَيْهَا يَا نَبِيَّ اللهِ، وَ قَدْ زَنَتْ؟ فَقَالَ: لَقَدْ تَابَتْ تَوْبَةً لَوْ قُسِمَتْ بَيْنَ سَبْعِيْنَ مِنْ اَهْلِ اْلمَدِيْنَةِ لَوَسِعَتْهُمْ. وَ هَلْ وَجَدْتَ تَوْبَةً اَفْضَلَ مِنْ اَنْ جَادَتْ بِنَفْسِهَا ِللهِ تَعَالَى؟ مسلم 3: 1324
Dari ‘Imran bin Hushain bahwasanya seorang perempuan dari (suku) Juhainah datang kepada Nabi SAW, sedang ia dalam keadaan mengandung karena berzina. Lalu ia berkata, “Ya Nabiyallah, saya wajib dihukum had, karena itu laukanlah kepadaku !”. Kemudian Nabi SAW memanggil walinya dan bersabda, “Berbuat baiklah kepadanya, dan apabila ia telah melahirkan, bawalah ia kemari”. Maka walinya pun melaksanakan perintah itu. Kemudian Nabi SAW memerintahkan supaya hukuman itu dilaksanakan terhadapnya, lalu dibetulkan dan diikat pakaiannya dan diperintahkan supaya dirajam, lalu ia dirajam. Kemudian beliau menshalatkannya. Lalu ‘Umar bertanya, “Mengapa engkau mensalatkannya, ya Nabiyallah, padahal ia telah berzina ?”. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya ia telah bertaubat dengan suatu taubat yang seandainya dibagikan diantara tujuh puluh dari penduduk Madinah niscaya cukup buat mereka. Apakah engkau mendapati suatu taubat yang lebih utama dari pada perempuan yang menyerahkan dirinya karena Allah Ta’ala ?“. [HR. Muslim juz 3, hal. 1324]

24.  Nabi SAW tidak mau menshalatkan orang yang berkhianat dan yang mati bunuh diri.
عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدِ اْلجُهَنِيِّ اَنَّ رَجُلاً مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ تُوُفِّيَ بِخَيْبَرَ اَنَّهُ ذُكِرَ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ: صَلُّوْا عَلَى صَاحِبِكُمْ. فَتَغَيَّرَتْ وَجُوْهُ اْلقَوْمِ لِذلِكَ. فَلَمَّا رَأَى الَّذِيْ بِهِمْ قَالَ: اِنَّ صَاحِبَكُمْ غَلَّ فِى سَبِيْلِ اللهِ. فَفَتَّشْنَا مَتَاعَهُ. فَوَجَدْنَا فِيْهِ خَرَزًا مِنْ خَرَزِ اْليَهُوْدِ، مَا يُسَاوِى دِرْهَمَيْنِ. الخمسة الا الترمذى
Dari Zaid bin Khalid Al-Juhaniy bahwa ada seorang laki-laki muslim yang meninggal di Khaibar, lalu hal itu diberitakan kepada Rasulullah SAW, maka beliau bersabda, “Shalatkanlah saudaramu itu”. Kemudian barubahlah wajah orang-orang setelah mendengar itu. Setelah Rasulullah SAW menetahui apa yang terjadi pada mereka lalu bersabda, “Sesungguhnya saudaramu itu pernah berkhianat dalam peperangan”. Kemudian kami mencari barang-barangnya, maka kami temukan sebuah permata orang Yahudi yang kira-kira bernilai dua dirham. [HR. Khomsah, kecuali Tirmidzi. Dalam Nailul Authar juz 3, hal. 53]
عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ اَنَّ رَجُلاً قَتَلَ نَفْسَهُ بِمَشَاقِصَ، فَلَمْ يُصَلِّ عَلَيْهِ النَّبِيُّ ص. الجماعة الا البخارى
Dari Jabir bin Samurah bahwa ada seorang laki-laki yang bunuh diri dengan tombak, kemudian Nabi SAW tidak menshalatkannya. [HR. Jama’ah, kecuali Bukhari]

[Bersambung]


Demo Blog NJW V2 Updated at: Oktober 16, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang bijak