Ahad,
03 September 2000/04 Jumadits tsaniyah 1421 Brosur no. :
1050/1090/IF
8.
Tentang wajibnya mahar (maskawin)
وَ
اتُوا النّسَآءَ صَدُقَاتِهِنَّ نِحْلَةً، فَاِنْ طِبْنَ لَكُمْ عَنْ شَيْءٍ مّنْهُ
نَفْسًا فَكُلُوْهُ هَنِيْئًا مَّرِيْئًا. النساء:4
Berikanlah
maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh
kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin
itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan)
yang sedap lagi baik akibatnya.
[QS. An-Nisaa’ : 4]
... وَ اُحِلَّ لَكُمْ مَّا وَرَاءَ ذلِكُمْ اَنْ تَبْتَغُوْا
بِاَمْوَالِكُمْ مُّحْصِنِيْنَ غَيْرَ مُسَافِحِيْنَ، فَمَا اسْتَمْتَعْتُمْ بِه
مِنْهُنَّ فَآتُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّ، فَرِيْضَةً، وَ لاَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ
فِيْمَا تَرَاضَيْتُمْ بِه مِنْ بَعْدِ اْلفَرِيْضَةِ، اِنَّ اللهَ كَانَ عَلِيْمًا
حَكِيْمًا. النساء:24
..... Dan dihalalkan bagi kamu selain yang demikian (yaitu)
mencari istri-istri dengan hartamu untuk dikawini bukan untuk berzina. Maka
istri-istri yang telah kamu nikmati (campuri) diantara mereka, berikanlah kepada
mereka maharnya (dengan sempurna), sebagai suatu kewajiban. Dan tiadalah mengapa
bagi kamu terhadap sesuatu yang kamu telah saling merelakannya, sesudah
menentukan mahar itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha
Bijaksana.
[QS. An-Nisaa’ : 24]
.... وَاْلمُحْصَنَاتُ مِنَ اْلمُؤْمِنَاتِ وَ اْلمُحْصَنَاتُ مِنَ
الَّذِيْنَ اُوْتُوا اْلكِتبَ مِنْ قَبْلِكُمْ اِذَا اتَيْتُمُوْهُنَّ
اُجُوْرَهُنَّ مُحْصِنِيْنَ غَيْرَ مُسَافِحِيْنَ وَ لاَ مُتَّخِذِيْ اَخْدَانٍ...
المائدة:5
......
(Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan diantara
wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan diantara
orang-orang yang diberi Al-Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas
kawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak
(pula) menjadikannya gundik-gundik.......
[QS. Al-Maaidah : 5]
لاَ
جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اِنْ طَلَّقْتُمُ النّسَآءَ مَا لَمْ تَمَسُّوْهُنَّ اَوْ
تَفْرِضُوْا لَهُنَّ فَرِيْضَةً، وَ مَتّعُوْهُنَّ عَلَى اْلمُوْسِعِ قَدَرُه، وَ
عَلَى اْلمُقْتِرِ قَدَرُه، مَتَاعًا بِاْلمَعْرُوْفِ، حَقًّا عَلَى
اْلمُحْسِنِيْنَ. وَ اِنْ طَلَّقْتُمُوْهُنَّ مِنْ قَبْلِ اَنْ تَمَسُّوْهُنَّ وَ
قَدْ فَرَضْتُمْ لَهُنَّ فَرِيْضَةً فَنِصْفُ مَا فَرَضْتُمْ اِلاَّ اَنْ
يَّعْفُوْنَ اَوْ يَعْفُوَ الَّذِيْ بِيَدِه عُقْدَةُ النّكَاحِ، وَ اَنْ تَعْفُوْا
اَقْرَبُ لِلتَّقْوى وَ لاَ تَنْسَوُا الْفَضْلَ بَيْنَكُمْ، اِنَّ اللهَ بِمَا
تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ. البقرة:236-237
Tidak
ada kewajiban membayar (mahar) atas kamu, jika kamu menceraikan istri-istrimu
sebelum kamu bercampur dengan mereka dan sebelum kamu menentukan maharnya. Dan
hendaklah kamu berikan suatu mut’ah (pemberian) kepada mereka. Orang yang mampu
menurut kemampuannya dan orang yang miskin menurut kemampuannya (pula), yaitu
pemberian menurut yang patut. Yang demikian itu merupakan ketentuan bagi
orang-orang yang berbuat kebajikan. (236) Jika kamu menceraikan istri-istrimu
sebelum kamu bercampur dengan mereka, padahal sesungguhnya kamu sudah menentukan
maharnya, maka bayarlah seperdua dari mahar yang telah kamu tentukan itu,
kecuali jika istri-istrimu itu memaafkan atau dimaafkan oleh orang yang memegang
ikatan nikah, dan pemaafan kamu itu lebih dekat kepada taqwa. Dan janganlah kamu
melupakan keutamaan diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Melihat segala apa
yang kamu kerjakan. (237)
[QS. Al-Baqarah]
9.
Tidak ada ketentuan besar kecilnya mahar
عَنْ
عَامِرِ بْنِ رَبِيْعَةَ اَنَّ امْرَأَةً مِنْ بَنِى فَزَارَةَ تَزَوَّجَتْ عَلَى
نَعْلَيْنِ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَ رَضِيْتِ مِنْ نَفْسِكِ وَ مَالِكِ
بِنَعْلَيْنِ؟ قَالَتْ: نَعَمْ. فَاَجَازَهُ. احمد و ابن ماجه و الترمذى و
صححه
Dari
‘Amir bin Rabi’ah, bahwa sesungguhnya pernah ada seorang wanita dari Bani
Fazarah yang dinikah dengan (mahar) sepasang sandal, lalu Rasulullah SAW bertanya, “Ridlakah kamu atas dirimu dan
hartamu dengan (mahar) sepasang sandal ?”. Ia menjawab, “Ya”. Maka Rasulullah
SAW memperkenankannya”.
[HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi, dan Tirmidzi
mengesahkannya]
عَنْ
جَابِرٍ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: لَوْ اَنَّ رَجُلاً اَعْطَى امْرَأَةً
صَدَقًا مِلْءَ يَدَيْهِ طَعَامًا كَانَتْ لَهُ حَلاَلاً. احمد و ابو داود
بمعناه
Dari
Jabir RA, bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Kalau seorang laki-laki
memberikan mahar berupa makanan sepenuh dua tapak tangannya, maka halallah
wanita itu baginya”.
[HR. Ahmad dan Abu Dawud meriwayatkan yang semakna dengan
itu]
عَنْ
اَنَسٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص رَأَى عَلَى عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ اَثَرَ
صُفْرَةٍ. فَقَالَ: مَا هذَا؟ قَالَ: تَزَوَّجْتُ امْرَأَةً عَلَى وَزْنِ نَوَاةٍ
مِنْ ذَهَبٍ. قَالَ: بَارَكَ اللهُ لَكَ، اَوْلِمْ وَلَوْ بِشَاةٍ. الجماعة الا ابا
داود
Dari
Anas RA, bahwa sesungguhnya Nabi SAW pernah melihat bekas kuning-kuning pada
Abdurrahman bin Auf, lalu beliau bertanya, “Apa ini ?”. Abdurrahman menjawab,
“Aku baru saja menikahi seorang wanita dengan (mahar) emas seberat biji kurma”.
Nabi SAW bersabda, “Semoga Allah memberkatimu, selenggarakanlah walimah walau
hanya dengan (memotong) seekor kambing”.
[HR. Jamaah kecuali Abu Dawud]
عَنْ
عَائِشَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِنَّ اَعْظَمَ النِّكَاحِ بَرَكَةً
اَيْسَرُهُ مَئُوْنَةً. احمد
Dari
‘Aisyah RA, bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Nikah yang paling besar
berkahnya yaitu yang paling ringan maharnya”.
[HR. Ahmad]
عَنْ
اَبِى سَلَمَةَ قَالَ: سَاَلْتُ عَائِشَةَ: كَمْ كَانَ صَدَاقُ رَسُوْلِ اللهِ ص؟
قَالَتْ: كَانَ صَدَاقُهُ ِلاَزْوَاجِهِ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ اُوْقِيَّةً وَ نَشًّا.
قَالَتْ: اَتَدْرِى مَا النَّشُّ؟ قُلْتُ: لاَ. قَالَتْ: نِصْفُ
اُوْقِيَّةٍ.فَتِلْكَ خَمْسُمِائَةِ دِرْهَمٍ. الجماعة الا البخارى و
الترمذى
Dari
Abu Salamah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Aisyah, “Berapakah mahar
Rasulullah SAW”. Ia menjawab, “Mahar beliau kepada isteri-isterinya adalah dua
belas uqiyah lebih satu nasy”. Aisyah bertanya, “Tahukah kamu apakah nasy itu
?”. Aku menjawab, “Tidak”. Aisyah berkata, “Setengah uqiyah, jadi seluruhnya
sama dengan lima ratus dirham”.
[HR. Jamaah kecuali Bukhari dan Tirmidzi]
NB
: 1 uqiyah sama dengan 40
dirham.
عَنْ
اَبِى اْلعَجْفَاءِ قَالَ: سَمِعْتُ عُمَرَ يَقُوْلُ: لاَ تَغْلُوْا صُدُقَ
النِّسَاءِ وَ اِنَّهَا لَوْ كَانَت مَكْرُوْمَةً فِى الدُّنْيَا اَوْ تَقْوَى فِى
اْلآخِرَةِ، كَانَ اَوْلاَكُمْ بِهَا النَّبِيُّ ص. مَا اَصْدَقَ رَسُوْلُ اللهِ ص
امْرَأَةً مِنْ نِسَائِهِ وَ لاَ اُصْدِقَتِ امْرَأَةٌ مِنْ بَنَاتِهِ اَكْثَرَ
مِنْ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ اُوْقِيَّةً. الخمسة و صححه الترمذى
Dari
Abu ‘Ajfaa’, dia berkata : Aku pernah mendengar Umar berkata, “Janganlah kamu
berlebih-lebihan dalam memberi mahar kepada wanita, meskipun dia seorang yang
dimuliakan di dunia atau seorang yang terpelihara di akhirat. Adapun yang paling
utama (dalam menghormati wanita) diantara kamu adalah Nabi SAW. Padahal tidaklah
Rasulullah SAW memberi mahar kepada seorang pun dari istri-istrinya dan tidak
pula putri-putri beliau itu diberi mahar lebih dari dua belas
uqiyah”.
[HR. Khamsah dan disahkan oleh Tirmidzi]
عَنْ
عُرْوَةَ عَنْ اُمِّ حَبِيْبَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص تَزَوَّجَهَا وَ هِيَ
بِاَرْضِ اْلحَبَشَةِ زَوَّجَهَا النَّجَاشِيُّ وَ اَمْهَرَهَا اَرْبَعَةَ آلاَفٍ
وَ جَهَّزَهَا مِنْ عِنْدِهِ وَ بَعَثَ بِيْهَا مَعَ شُرَحْبِيْلَ بْنِ حَسْنَةَ وَ
لَمْ يَبْعَثْ اِلَيْهَا رَسُوْلُ اللهِ ص بِشَيْءٍ وَ كَانَ مَهْرُ نِسَائِهِ
اَرْبَعَمِائَةِ دِرْهَمٍ. احمد و النسائى
Dari
‘Urwah dari Ummu Habibah, sesungguhnya Rasulullah SAW telah menikahinya sedang
ia berada di Habasyah yang dinikahkan oleh Najasyi (raja Habasyah) dan beliau
memberi mahar empat ribu (dirham) yang beliau persiapkan sendiri. Beliau
mengirimnya lewat Syurahbil bin Hasnah. Dan Rasulullah SAW tidak mengirim
sesuatu kepadanya (selain mahar itu), sedang mahar untuk istri-istrinya (yang
lain) adalah empat ratus dirham”.
[HR. Ahmad dan Nasai]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: لَمَّا تَزَوَّجَ عَلِيٌّ فَاطِمَةَ قَالَ لَهُ رَسُوْلُ
اللهِ ص: اَعْطِهَا شَيْئًا. قَالَ: مَا عِنْدِى شَيْءٌ. قَالَ: اَيْنَ دِرْعُكَ
اْلحُطَمِيَّةُ؟ ابو داود و النسائى
Dari
Ibnu Abbas, ia berkata : Tatkala Ali kawin dengan Fathimah, maka Rasulullah SAW
bersabda kepada Ali, “Berilah ia sesuatu !”. Ali menjawab, “Saya tidak punya
apa-apa”. Rasulullah SAW bertanya, “Mana baju besimu dari Huthamiyah itu
?”.
[HR. Abu Dawud dan Nasai]
و
فى رواية اَنَّ عَلِيًّا رض لَمَّا تَزَوَّجَ فَاطِمَةَ اَرَادَ اَنْ يَدْخُلَ
بِهَا فَمَنَعَهُ رَسُوْلُ اللهِ ص حَتَّى يُعْطِيَهَا شَيْئًا. فَقَالَ: يَا
رَسُوْلَ اللهِ، لَيْسَ لِيْ شَيْءٌ. فَقَالَ لَهُ: اَعْطِهَا دِرْعَكَ
اْلحُطَمِيَّةَ، فَاَعْطَاهَا دِرْعَهُ، ثُمَّ دَخَلَ بِهَا. ابو داود
Dan
dalam riwayat lain (dikatakan) : Bahwa sesungguhnya Ali RA setelah menikahi
Fathimah, ketika ia ingin serumah dengannya lalu Rasulullah SAW mencegahnya
sehingga ‘Ali memberinya sesuatu. Lalu Ali berkata, “Ya Rasulullah, aku tidak
mempunyai apa-apa”. Kemudian Rasulullah SAW bersabda kepadanya, “Berikan baju
besimu dari Huthamiyah itu kepadanya !”. Maka Ali memberikan baju besi itu
kepada Fathimah, lalu ia serumah dengan Fathimah.
[HR. Abu Dawud]
عَنْ
سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص جَائَتْهُ امْرَأَةٌ وَ قَالَتْ: يَا
رَسُوْلَ اللهِ، اِنِّى قَدْ وَهَبْتُ نَفْسِى لَكَ، فَقَامَتْ قِيَامًا طَوِيْلاً.
فَقَالَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، زَوِّجْنِيْهَا اِنْ لَمْ يَكُنْ لَكَ
فِيْهَا حَاجَةٌ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: هَلْ عِنْدَكَ مِنْ شَيْءٍ تُصْدِقُهَا
اِيَّاهُ؟ فَقَالَ: مَا عِنْدِيْ اِلاَّ اِزَارِيْ هذَا. فَقَالَ النَّبِيُّ ص.
اِنْ اَعْطَيْتَهَا اِزَارَكَ جَلَسْتَ لاَ اِزَارَ لَكَ، فَالْتَمِسْ شَيْئًا.
فَقَالَ: مَا اَجِدُ شَيْئًا. فَقَالَ: اِلْتَمِسْ وَلَوْ خَاتَمًا مِنْ حَدِيْدٍ.
فَالْتَمَسَ فَلَمْ يَجِدْ شَيْئًا. فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ ص: هَلْ مَعَكَ مِنَ
اْلقُرْآنِ شَيْئٌ؟ قَالَ: نَعَمْ. سُوْرَةُ كَذَا وَ سُوْرَةُ كَذَا لِسُوَرٍ
يُسَمِّيْهَا. فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ ص: قَدْ زَوَّجْتُكَهَا بِمَا مَعَكَ مِنَ
اْلقُرْآنِ. احمد و البخارى و مسلم
Dari
Sahl bin Sa’ad bahwa sesungguhnya Nabi SAW pernah didatangi seorang wanita lalu
berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku menyerahkan diriku untukmu”. Lalu
wanita itu berdiri lama. Kemudian berdirilah seorang laki-laki dan berkata, “Ya
Rasulullah, kawinkanlah saya dengannya jika engkau sendiri tidak berminat
kepadanya”. Kemudian Rasulullah SAW bertanya, “Apakah kamu mempunyai sesuatu
yang dapat kamu pergunakan sebagai mahar untuknya ?”. Ia menjawab, “Saya tidak
memiliki apapun melainkan pakaian ini”. Lalu Nabi bersabda, “Jika pakaianmu itu
kamu berikan kepadanya maka kamu tidak berpakaian lagi. Maka carilah sesuatu
yang lain”. Kemudian laki-laki itu berkata, “Saya tidak mendapatkan sesuatu yang
lain”. Lalu Nabi SAW bersabda, “Carilah,
meskipun cincin dari besi”. Lalu laki-laki itu mencari, tetapi ia tidak
mendapatkannya. Kemudian Nabi SAW bertanya kepadanya, “Apakah kamu memiliki
hafalan ayat Al-Qur’an ?”. Ia menjawab, “Ya. Surat ini dan surat ini”. Ia
menyebutkan nama-nama surat tersebut, kemudian Nabi SAW bersabda kepadanya,
“Sungguh aku telah menikahkan kamu dengannya dengan apa yang kamu miliki dari
Al-Qur’an itu”.
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
و
فى رواية لمسلم: قَالَ: اِنْطَلِقْ، لَقَدْ زَوَّجْتُكَهَا فَعَلِّمْهَا مِنَ
اْلقُرْآنِ.
Dan
dalam riwyat lain oleh Muslim : Nabi SAW bersabda, “Pergilah, sungguh aku telah
menikahkan kamu dengannya, maka ajarilah dia dengan Al-Qur’an”.
Keterangan
:
A. Dari ayat maupun hadits tersebut diatas
menunjukkan bahwa memberikan maskawin kepada wanita yang dinikahi itu merupakan
kewajiban. Adapun besarnya maskawin tidak ada ketentuan yang pasti. Dan maskawin
bisa diberikan secara tunai maupun dengan ditangguhkan.
B. Dan dari ayat maupun hadits yang telah lalu
(brosur yang lalu), bisa diambil pengertian bahwa syarat pernikahan adalah
sebagai berikut :
1. Ada calon pengantin laki-laki dan
wanita.
2. Ada maskawin/mahar.
3. Harus ada wali (Bagi yang berpendapat wali itu
wajib).
4. Ada saksi yang adil (dua orang laki-laki, atau
satu orang laki-laki dan dua wanita).
5. Ada ijab qabul.
~oO[
A ]Oo~
[Bersambung]
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak