Ahad, 11 Januari 1998/12
Ramadlan 1418 Brosur
nomor : 915/955/IF
Hadits-hadits
Sekitar Puasa Ramadlan.
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ
اَبْوَابُ اْلجَنَّةِ. البخارى
Dari
Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Apabila bulan Ramadlan
datang maka dibukalah pintu-pintu surga”.
[HR. Bukhari]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض يَقُوْلُ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ
فُتِحَتْ اَبْوَابُ السَّمَاءِ وَ غُلِقَتْ اَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَ سُلْسِلَتِ
الشَّيَاطِيْنُ. البخارى
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila bulan Ramadlan
datang maka pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu jahannam ditutup dan
syaithan-syaithan dirantai“.
[HR. Bukhari ]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ
الزُّوْرِ وَ اْلعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ ِللهِ حَاجَةٌ فِى اَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَ
شَرَابَهُ. البخارى
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak
meninggalkan kata-kata dusta dan perbuatan dusta, maka tidak ada kebutuhan bagi
Allah dalam hal ia meninggalkan makan dan minum”.
[HR. Bukhari]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض يَقُوْلُ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: قَالَ اللهُ: كُلُّ عَمَلِ
ابْنِ آدَمَ لَهُ اِلاَّ الصِّيَامَ فَاِنَّهُ لِيْ وَ اَنَا اَجْزِى بِهِ، وَ
الصِّيَامُ جُنَّةٌ. وَ اِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ اَحَدِكُمْ فَلاَ يَرْفُثْ وَ
لاَ يَصْخَبْ فَاِنْ سَابَّهُ اَحَدٌ اَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ اِنِّى امْرُؤٌ
صَائِمٌ. وَ الَّذِى نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَخُلُوْفُ فَمِ الصَّائِمِ
اَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ مِنْ رِيْحِ اْلمِسْكِ. لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ
يَفْرُحُهُمَا، اِذَا اَفْطَرَ فَرِحَ وَ اِذَا لَقِيَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِهِ.
البخارى
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : Allah berfirman, ”Setiap
amal anak Adam itu untuknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu unutuk-Ku dan
Aku akan membalasnya. Puasa itu perisai. Apabila salah seorang diantara kalian
berpuasa pada suatu hari, maka janganlah berkata keji dan jangan
berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci makinya atau melawannya maka
hendaklah ia mengatakan, ”Sesungguhnya saya sedang berpuasa”. Demi Dzat yang
jiwa Muhammad di tangan-Nya, sungguh bau mulutnya orang yang berpuasa itu di
sisi Allah adalah lebih harum dari pada bau kasturi. Bagi orang yang berpuasa
mempunyai dua kegembiraan yang dirasakannya, yaitu apabila ia berbuka, ia
bergembira karena bukanya, dan apabila ia bertemu dengan Tuhannya, ia bergembira
karena puasanya itu”.
[HR. Bukhari]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اَلصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلاَ
يَرْفُثْ وَ لاَ يَجْهَلْ وَ اِنِ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ اَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ
اِنِّى صَائِمٌ مَرَّتَيْنِ. وَ الَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَخُلُوْفُ فَمِ
الصَّائِمِ اَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ مِنْ رِيْحِ اْلمِسْكِ يَتْرُكُ طَعَامَهُ وَ
شَرَابَهُ وَ شَهْوَتَهُ مِنْ اَجْلِى. اَلصِّيَامُ لِى وَ اَنَا اَجْزِى بِهِ وَ
اْلحَسَنَةُ بِعَشْرِ اَمْثَالِهَا. البخارى
Dari
Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah
SAW bersabda, ”Puasa itu perisai, maka
janganlah ia berkata-kata keji dan jangan berbuat kebodohan. Jika ia dimusuhi
atau di caci maki oleh seseorang maka katakanlah, ”Sesungguhnya saya ini sedang
berpuasa“. (dua kali). Demi Dzat yang diriku di tangan-Nya sungguh bau mulut
orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dari pada bau kasturi”.
(Firman Allah), “Ia meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena Aku. Puasa
itu bagi-Ku dan Aku akan membalasnya, sedang kebaikan itu (dibalas) dengan
sepuluh kali lipat”.
[HR. Bukhari]
عَنْ
سَهْلٍ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: اِنَّ فِى اْلجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ
الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُوْنَ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ لاَ يَدْخُلُ
مِنْهُ اَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ: اَيْنَ الصَّائِمُوْنَ؟ فَيَقُوْمُوْنَ لاَ
يَدْخُلُ مِنْهُ اَحَدٌ غَيْرُهُمْ. فَاِذَا دَخَلُوْا اُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ
مِنْهُ اَحَدٌ. البخارى
Dari
Sahl RA dari Nabi SAW beliau bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga terdapat
pintu yang disebut Rayyan, yangmana besok pada hari qiyamat orang-orang yang
berpuasa masuk dari padanya. Dan tidak ada seorangpun yang masuk dari pintu itu
selain mereka. Dikatakan, ”Dimanakah orang-orang yang berpuasa ?”. Maka mereka
berdiri, tidak ada seorangpun selain mereka yang masuk dari padanya. Apabila
mereka sudah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak ada seorangpun yang
masuk darinya”.
[HR. Bukhari]
عَنْ
اَبِى الدَّرْدَاءِ رض قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيِّ ص فِى بَعْضِ اَسْفَارِهِ
فِى يَوْمٍ حَارٍّ حَتَّى يَضَعَ الرَّجُلُ يَدَهُ عَلَى رَأْسِهِ مِنْ شِدَّةِ
اْلحَرِّ وَ مَا فِيْنَا صَائِمٌ اِلاَّ مَا كَانَ مِنَ النَّبِيِّ ص وَ ابْنِ
رَوَاحَةَ. البخارى
Dari
Abud Darda’ RA, ia berkata, “Kami keluar bersama Nabi SAW dalam sebagian
perjalanan beliau di hari yang sangat panas sehingga seseorang meletakkan
tangannya diatas kepalanya karena sangat panas. Diantara kami tidak ada yang
berpuasa kecuali Nabi SAW dan Ibnu Rawahah“.
[HR. Bukhari]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص احْتَجَمَ وَ هُوَ مُحْرِمٌ وَ احْتَجَمَ وَ
هُوَ صَائِمٌ. البخارى
Dari
Ibnu Abbas RA bahwasanya Nabi SAW berbekam padahal beliau sedang berihram, dan
beliau berbekam padahal beliau sedang berpuasa.
[HR. Bukhari]
عَنْ
اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رض قَالَ: كُنَّا نُسَافِرُ مَعَ النَّبِيِّ ص فَلَمْ يَعِبِ
الصَّائِمُ عَلَى اْلمُفْطِرِ وَ لاَ اْلمُفْطِرُ عَلَى الصَّائِمِ.
البخارى
Dari
Anas bin Malik RA, ia berkata, ”Kami bepergian bersama Nabi SAW. Dan orang yang
berpuasa tidak mencela orang yang berbuka, dan orang yang berbuka tidak mencela
orang yang berpuasa”.
[HR. Bukhari]
عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رض قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص فِى سَفَرٍ فَرَأَى
زِحَامًا وَ رَجُلاً قَدْ ظُلِّلَ عَلَيْهِ فَقَالَ: مَا هذَا؟ فَقَالُوْا:
صَائِمٌ. فَقَالَ: لَيْسَ مِنَ اْلبِرِّ الصَّوْمُ فِى السَّفَرِ.
البخارى
Dari
Jabir bin Abdullah RA, ia berkata : Pada suatu ketika dalam suatu perjalanan
beliau SAW melihat kerumunan orang, dan seseorang telah dinaungi. Beliau SAW
bertanya, ”Ada apa ini ?”. Mereka menjawab, ”Seseorang yang sedang berpuasa“.
Maka beliau bersabda, ”Tidak termasuk
kebajikan, puasa dalam bepergian“.
[HR. Bukhari]
عَنِ
اْلبَرَاءِ رض قَالَ: كَانَ اَصْحَابُ مُحَمَّدٍ ص اِذَا كَانَ الرَّجُلُ صَائِمًا
فَحَضَرَ اْلاِفْطَارُ فَنَامَ قَبْلَ اَنْ يُفْطِرَ لَمْ يَأْكُلْ لَيْلَتَهُ وَ
لاَ يَوْمَهُ حَتَّى يُمْسِيَ وَ اَنَّ قَيْسَ بْنَ صِرْمَةَ اْلاَنْصَارِيَّ كَانَ
صَائِمًا فَلَمَّا حَضَرَ اْلاِفْطَارُ اَتَى امْرَأَتَهُ فَقَالَ لَهَا: اَ
عِنْدَكِ طَعَامٌ؟ قَالَتْ: لاَ، وَ لكِنْ اَنْطَلِقُ فَاَطْلُبُ لَكَ وَ كَانَ
يَوْمَهُ يَعْمَلُ فَغَلَبَتْهُ عَيْنَاهُ فَجَاءَتْهُ امْرَأَتُهُ. فَلَمَّا
رَأَتْهُ قَالَتْ: خَيْبَةً لَكَ. فَلَمَّا انْتَصَفَ النَّهَارُ غُشِيَ عَلَيْهِ
فَذُكِرَ ذلِكَ لِلنَّبِيِّ ص، فَنَزَلَتْ هذِهِ اْلآيَةُ: اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصّيَامِ الرَّفَثُ اِلى
نِسَآئِكُمْ، فَفَرِحُوْا بِهَا فَرَحًا شَدِيْدًا وَ نَزَلَتْ: وَ كُلُوْا وَ
اشْرَبُوْا حَتّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ اْلخَيْطُ اْلاَبْيَضُ مِنَ اْلخَيْطِ
اْلاَسْوَدِ. البخارى
Dari
Al-Bara’ RA, ia berkata, ”Dahulu para shahabat Nabi Muhammad SAW, apabila seseorang berpuasa, dan
datang waktu berbuka, tetapi ia tidur sebelum berbuka, maka ia tidak makan di
malam dan siang harinya sampai sore. Sesungguhnya Qais bin Shirmah Al-Anshari ia
berpuasa. Ketika datang waktu berbuka, ia datang kepada istrinya, lalu berkata
kepadanya, “Apakah kamu mempunyai makanan ?”. Istrinya menjawab, ”Tidak, tetapi
saya akan berangkat untuk mencarikan (makanan) untukmu”. Pada siang harinya
orang itu bekerja, lantas ia tertidur, lalu istrinya datang kepadanya. Ketika
istrinya melihatnya, seraya berkata, ”Merugilah kamu”. Kemudian ketika tengah
hari ia pingsan, maka hal itu diceritakan kepada Nabi SAW, maka turunlah ayat
ini Uhilla
lakum lailatash shiyaamir rafatsu ilaa nisaa’ikum (Dihalalkan bagimu pada
malam hari berpuasa menggauli istrimu). Maka mereka sangat bergembira, dan
turunlah ayat Wa kuluu wasyrabuu hattaa yatabayyana lakumul khaithul abyadlu
minal khaithil aswadi (Makanlah dan
minumlah sehingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam). [HR.
Bukhari]
عَنْ
عَدِيِّ بْنِ حَاتِمٍ رض قَالَ: لَمَّا نَزَلَتْ: حَتّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ
اْلخَيْطُ اْلاَبْيَضُ مِنَ اْلخَيْطِ اْلاَسْوَدِ عَمَدْتُ اِلَى عِقَالٍ اَسْوَدَ
وَ اِلَى عِقَالٍ اَبْيَضَ فَجَعَلْتُهُمَا تَحْتَ وِسَادَتِى فَجَعَلْتُ اَنْظُرُ
فِى اللَّيْلِ، فَلاَ يَسْتَبِيْنُ لِى فَغَدَوْتُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص
فَذَكَرْتُ لَهُ ذلِكَ، فَقَالَ: اِنَّمَا ذلِكَ سَوَادُ اللَّيْلِ وَ بَيَاضُ
النَّهَارِ. البخارى
Dari
‘Adiy bin Hatim RA, ia berkata : Ketika turun ayat Hattaa
yatabayyana lakumul khaitul abyadlu minal khaithi aswadi (Sehingga jelas
bagimu benang putih dari benang hitam), saya sengaja mengambil tali hitam dan
tali putih, saya letakkan dibawah bantalku dan saya lihat di malam hari, maka
tidak jelas bagiku. Kemudian pada pagi harinya saya datang kepada Rasulullah SAW
dan saya menuturkan hal itu, maka beliau bersabda, ”Sesungguhnya itu adalah
hitamnya malam dan putihnya siang hari”. [HR. Bukhari
]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوْسٌ عِنْدَ النَّبِيِّ ص اِذْ
جَاءَهُ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، هَلَكْتُ. قَالَ: مَا لَكَ؟ قَالَ:
وَقَعْتُ عَلَى امْرَأَتِى وَ اَنَا صَائِمٌ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: هَلْ
تَجِدُ رَقَبَةً تُعْتِقُهَا؟ قَالَ: لاَ. قَالَ: فَهَلْ تَسْتَطِيْعُ اَنْ
تَصُوْمَ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ؟ قَالَ: لاَ. فَقَالَ: فَهَلْ تَجِدُ
اِطْعَامَ سِتِّيْنَ مِسْكِيْنًا؟ قَالَ: لاَ. قَالَ: فَمَكَثَ عِنْدَ النَّبِيِّ ص
فَبَيْنَا نَحْنُ عَلَى ذلِكَ اُتِيَ النَّبِيُّ ص بِعَرَقٍ فِيْهِ تَمْرٌ، وَ
اْلعَرَقُ اْلمِكْتَلُ. قَالَ: اَيْنَ السَّائِلُ؟ فَقَالَ: اَنَا. قَالَ: خُذْ هَا
فَتَصَدَّقْ بِهِ. فَقَالَ الرَّجُلُ: اَ عَلَى اَفْقَرَ مِنِّى يَا رَسُوْلَ
اللهِ؟ فَوَ اللهِ مَا بَيْنَ لاَبَتَيْهَا يُرِيْدُ اْلحَرَّتَيْنِ اَهْلُ بَيْتٍ
اَفْقَرَ مِنْ اَهْلِ بَيْتِى. فَضَحِكَ النَّبِيُّ ص حَتَّى بَدَتْ اَنْيَابُهُ
ثُمَّ قَالَ: اَطْعِمْهُ اَهْلَكَ. البخارى
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata : Ketika kami sedang duduk-duduk di sisi Nabi SAW,
tiba-tiba seorang laki-laki datang kepada beliau, ia berkata, ”Wahai Rasulullah,
saya binasa“. Beliau bertanya, ”Ada apa
engkau ?”. Ia berkata, ”Saya menyetubuhi istriku diwaktu aku puasa (Ramadlan)”.
Kemudian Rasulullah SAW bersabda, ”Apakah kamu mempunyai budak yang bisa kamu
merdekakan ?”. Ia menjawab, ”Tidak”. Beliau bersabda, ”Apakah kamu mampu untuk
berpuasa dua bulan berturut-turut ?”. Ia menjawab, ”Tidak” . Beliau bersabda,
“Apakah kamu dapat memberi makan enam puluh orang miskin ?”. Ia berkata,
“Tidak”. (Abu Hurairah) berkata : Lalu ia diam di sisi Nabi SAW. Ketika kami
dalam keadaan demikian itu tiba-tiba dibawakan satu ‘araq kurma kepada Nabi SAW.
Adapun ‘araq maksudnya adalah miktal (keranjang). Beliau bersabda, “Dimana orang
yang bertanya tadi ?”. Ia menjawab, “Saya”. Beliau bersabda, “Ambillah ini dan
sedeqahkanlah”. Ia berkata kepada beliau, “Apakah kepada orang yang lebih faqir
daripada saya, wahai Rasulullah ? Demi Allah, diantara dua tepiannya, (yang ia
maksudkan dua tanah yang berbatu hitam yakni Madinah), tidak ada keluarga yang
lebih miskin daripada keluargaku”. Maka Nabi SAW tertawa sehingga nampak gigi
taring beliau. Kemudian beliau bersabda, “Berilah makan
keluargamu”.
[HR. Bukhari]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ ص يُقَبِّلُ وَ يُبَاشِرُ وَ هُوَ صَائِمٌ
وَ كَانَ اَمْلَكَكُمْ ِلاِرْبِهِ. البخارى
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata, “Nabi SAW mencium dan bercumbu padahal beliau berpuasa
dan beliau adalah orang yang paling bisa menguasai nafsunya diantara kamu
sekalian”.
[HR. Bukhari]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: اِنْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص لَيُقَبِّلُ بَعْضَ اَزْوَاجِهِ
وَ هُوَ صَائِمٌ ثُمَّ ضَحِكَتْ. البخارى
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah mencium diantara para istri
beliau sedangkan beliau berpuasa. Kemudian istrinya tertawa”.
[HR. Bukhari]
عَنْ
اَبِى بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ: كُنْتُ اَنَا وَ اَبِى فَذَهَبْتُ مَعَهُ
حَتَّى دَخَلْنَا عَلَى عَائِشَةَ رض قَالَتْ: اَشْهَدْ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص
اِنْ كَانَ لَيُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ جِمَاعٍ غَيْرِ احْتِلاَمٍ ثُمَّ يَصُوْمُهُ
ثُمَّ دَخَلْنَا عَلَى اُمِّ سَلَمَةَ فَقَالَتْ مِثْلَ ذلِكَ. البخارى
Dari
Abu Bakar bin ‘Abdur Rahman, ia berkata, “Suatu saat aku dan ayahku pergi dan
akhirnya sampai di tempat ‘Aisyah RA, ia berkata, “Aku bersaksi bahwa Rasulullah
SAW pernah pada waktu pagi hari dalam keadaan junub sebab bersetubuh dengan
istrinya, bukan sebab mimpi, kemudian beliau berpuasa pada hari itu”. Sesudah
itu kami pergi ke tempat Ummu Salamah, kemudian Ummu Salamah mengatakan
sebagaimana apa yang dikatakan ‘Aisyah tersebut”.
[HR. Bukhari]
~oO[ A
]Oo~
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak