Ahad, 20 Oktober 1996/7 Jumadil Akhir 1417 Brosur No. : 851/891/AS
Wajib
Tha'at kepada Allah dan Rasul-Nya (ke-22)
Imam
Abu Hanifah berkata :
اُتــْرُكُوْا
قَوْلــِى لِقَوْلِ اللهِ وَ رَسُوْلــِهِ وَ الصَّحَابَةِ.
Tinggalkanlah
perkataan (pendapatku) yang berlawanan dengan firman Allah dan Sabda Rasul-Nya
dan perkataan shahabat.
لاَ
يَحِلُّ ِلاَحَدٍ اَنْ يَقُوْلَ بِقَوْلـــِنَا حَتَّى يَعْلَمَ مِنْ اَيــْنَ
قُلْنَاهُ.
Tidak
halal bagi seseorang yang berkata dengan perkataan kami hingga mengetahui dari
mana kami mengatakannya.
حَرَامٌ
عَلَى مَنْ لَمْ يَعْرِفْ دَلِـيـْلِى اَنْ يُفْتِيَ كَلاَمِى.
Haram
atas orang yang belum mengetahui dalil (alasan) fatwaku untuk berfatwa dengan
perkataanku.
اِنَّهُ
قِيْلَ ِلاَبِى حَنِيْفَةَ: اِذَا قُلْتَ قَوْلاً وَ كِـتَابُ اللهِ يُخَالِفُهُ ؟
قَالَ: اُتْرُكُـوْا قَوْلــِى بِكِـتَابِ اللهِ. فَقِيْلَ لَهُ: اِذَا كَانَ
خَبَرُ الرَّسُوْلِ يُخَالِفُهُ ؟ قَالَ: اُتْرُكُوْا قَوْلــِى بِخَبَرِ
الرَّسُوْلِ ص. فَقِيْلَ لَهُ: اِذَا كَانَ قَوْلُ الصَّحَابِيِّ يُخَالِفُهُ ؟
قَالَ: اُتْرُكُوْا قَوْلــِى بِقَوْلِ الصَّحَابِيِّ.
Bahwasanya
Imam Abu Hanifah pernah ditanya : "Bagaimana apabila engkau mengatakan suatu
pendapat, sedangkan Kitab Allah menyalahkannya ?" Beliau menjawab :
"Tinggalkanlah pendapatku dan ikutilah Kitab Allah". Lalu beliau ditanya lagi :
"Bagaimana kalau hadits Rasulullah SAW menyalahkannya ?" Beliau menjawab:
'Tinggalkanlah pendapatku dan ikutilah hadits Rasulullah SAW ?" Dan beliau
ditanya lagi : "Bagaimana kalau perkataan shahabat menyalahkannya ?". Beliau
menjawab : "Tinggalkanlah pendapatku dan ikutilah perkataan shahabat
itu''.
اِنْ
كَانَ قَوْلــِى يُخَالِفُ كِـتَابَ اللهِ وَ خَبَرَ الرَّسُوْلِ فَاتْرُكُوْا
قَوْلــِى.
Jika
pendapatku menyalahi Kitab Allah dan Sunnah Rasul, maka tinggalkanlah pendapatku
itu.
Dan
beliau (Imam Abu Hanifah) apabila memberi fatwa tentang suatu perkara,
mengatakan :
هذَا
رَأْيُ النُّعْمَانِ بـْنِ ثَابِتٍ وَ هُوَ اَحْسَنُ مَا قَدَّرْنَا عَلَـيْهِ.
فَمَنْ جَاءَ بِأَحْسَنَ مِنْهُ فَهُوَ اَوْلَى بِالصَّوَابِ.
Ini
pendapat An-Nu'man bin Tsabit (Imam Abu Hanifah), dan ini sebaik-baik yang telah
kami pertimbangkan. Barang siapa yang datang dengan membawa yang lebih baik dari
padanya, maka itulah yang lebih pantas dengan kebenaran.
Perkataan-perkataan
Imam Abu Hanifah di atas jelas memberikan pengertian kepada kita bahwa beliau
tidak suka dan melarang ummat Islam bertaqlid kepada pendapat (madzhab)
beliau.
Imam
Malik berkata :
اِنَّمَا
اَنــَا بَشَرٌ اُخْطِئُ وَ اُصِيْبُ فَانْظُرُوْا فِى رَأْيِى فَكُـلُّ مَا
وَافَقَ اْلكِتَابَ وَ السُّنَّةَ فَخُذُوْهُ وَ كُـلُّ مَا لَمْ يُوَافِقِ
اْلكِتَابَ وَ السُّنَّةَ فَاتْرُكُوْهُ.
Aku
ini hanya seorang manusia yang boleh jadi salah, dan boleh jadi betul. Oleh
karena itu, perhatikanlah pendapatku. Tiap-tiap yang cocok dengan Kitabullah dan
Sunnah Rasul, ambillah dia dan tiap-tiap yang tidak cocok dengan Kitabullah dan
Sunnah Rasul, maka tinggalkanlah.
كُلُّ
اَحَدٍ يُؤْخَذُ مِنْ كَلاَمِهِ وَيـُرَدُّ عَلَـيْهِ اِلاَّ صَاحِبَ هذَا
اْلقَبْرِ. وَ يُشِيْرُ اِلَى الرَّوْضَةِ الشَّرِيْفَةِ. وَ فِى رِوَايَةٍ: كُلُّ
كَلاَمٍ مِنْهُ مَقْبُوْلٌ وَ مَرْدُوْدٌ اِلاَّ كَلاَمَ صَاحِبِ هذَا
اْلقَبْرِ.
Setiap
orang boleh diambil perkataannya dan boleh pula ditolak, kecuali perkataan
penghuni qubur ini (beliau sambil menunjuk kearah makam yang mulia (makam Nabi
SAW). Dan dalam riwayat lain : "Semua perkataan orang itu boleh diterima dan
boleh ditolak, kecuali perkataan penghuni qubur ini".
اِنَّمَا
اَنــَا بَشَرٌ اُخْطِئُ وَ اُصِيْبُ فَاَعْرِضُوْا قَوْلــِى عَلَى اْلكِتَابِ وَ
السُّنَّةِ
Sesungguhnya
aku ini hanya manusia biasa, yang boleh jadi benar dan boleh jadi salah, maka
dari itu bandingkanlah pendapatku itu kepada kitab dan sunnah.
لَــيْسَ
كُـلَّمَا قَالَ رَجُلٌ قَوْلاً وَ اِنْ كَانَ لَهُ فَضْلٌ يُتْبَعُ
عَلَـيْهِ.
Tidak
setiap pendapat yang dikatakan oleh seseorang itu harus diikut, walaupun dia
mempunyai kelebihan.
Beliau
pernah berpesan kepada Ibnu Wahab, katanya :
يَا
عَبْدَ اللهِ، مَا عَلِمْتَهُ فَقُلْ بِهِ وَ دُلَّ عَلَـيْهِ. وَمَا لَمْ تَعْلَمْ
فَاسْكُتْ عَنْهُ. وَ اِيـَّاكَ اَنْ تُقَلِّدَ النَّاسَ قِلاَدَةَ
سُوْءٍ.
Wahai
Abdullah, apa-apa yang telah kau ketahui, maka katakanlah dengannya dan
tunjukkanlah dasarnya, dan apa-apa yang engkau belum mengetahuinya, maka
hendaklah engkau diam darinya, dan jauhkanlah dirimu dari bertaqlid kepada orang
dengan taqlid yang buruk.
Perkataan-perkataan
Imam Malik di atas, jelas menunjukkan bahwa orang beragama itu jangan bertaqlid
saja kepada pendapat orang, termasuk bertaqlid kepada pendapat beliau sendiri,
karena beliau itupun manusia biasa yang fatwa atau pendapatnya bisa juga benar,
dan bisa juga salah. Tetapi hendaknya mengikut kitab Allah dan Sunnah
Rasul-Nya.
Imam
Syafi'i berkata :
لاَ
قَوْلَ ِلاَحَدٍ مَعَ سُنَّةِ رَسُوْلِ اللهِ ص.
Tidak
boleh diterima perkataan seseorang jika berlawanan dengan sunnah Rasulullah
SAW.
اِذَا
صَحَّ اْلحَدِيْثُ فَهُوَ مَذْهَبِى.
Apabila
telah shah satu hadits, maka itulah madzhabku.
اِذَا
صَحَّ خَبَرٌ يُخَالِفُ مَذْهَبِى فَاتَّبِعُوْهُ وَاعْلَمُوْا اَنــَّهُ
مَذْهَبِى.
Apabila
sah khabar dari Nabi SAW yang menyalahi madzhabku, maka ikutlah khabar itu, dan
ketahuilah bahwa itulah madzhabku.
كُـلُّ
مَسْأَلــَةٍ تَكَــلَّمْتُ فِيْهَا صَحَّ اْلخَبَرُ فِيْهَا عَنِ النَّبِيِّ ص
عِنْدَ اَهْلِ النَّقْلِ بِخِلاَفِ مَا قُـلْتُ، فَاَنــَا رَاجِعٌ عَنْهَا فِى
حَيَاتِى وَ بَعْدَ مَمَاتِى.
Tiap-tiap
masalah yang pernah saya bicarakan, kemudian ada hadits yang riwayatnya sah dari
Rasulullah SAW dalam masalah itu di sisi ahli hadits dan menyalahi fatwaku, maka
aku ruju' (tarik kembali) dari fatwaku itu diwaktu aku masih hidup maupun
sesudah mati.
اِذَا
وَجَدْتُمْ فِى كِـتَابِى خِلاَفَ سُنَّةِ رَسُوْلِ اللهِ ص فَقُوْلُـوْا بِسُنَّةِ
رَسُوْلِ اللهِ.
Apabila
kalian dapati di dalam kitabku sesuatu yang menyalahi sunnah Rasulullah SAW,
maka hendaklah kalian berkata dengan sunnah Rasulullah SAW (dan tinggalkanlah
perkataanku).
اِذَا
وَجَدْتُمْ قَوْلـِى يُخَالِفُ قَوْلَ رَسُوْلِ اللهِ ص فَاضْرِبُـوْا بِقَوْلــِى
عُرْضَ اْلحَائِطِ.
Apabila
kalian mendapati pendapatku menyalahi perkataan Rasulullah SAW, maka
lemparkanlah pendapatku ketepi dinding.
مَا
قُلْتُ وَكَانَ النَّبِيُّ ص قَدْ قَالَ بِخِلاَفِ قَوْلــِى فَمَا صَحَّ مِنْ
حَدِيْثِ النَّبِيِّ ص اَوْلَى وَ لاَ
تُقَلِّدُوْنــِى.
Apasaja
yang telah aku katakan, apabila Nabi SAW telah mengatakan dengan menyalahi
perkataanku, maka apa yang telah shah dari hadits Nabi SAW itulah yang lebih
pantas (untuk diambil), dan janganlah kalian bertaqlid kepadaku.
اِذَا
صَحَّ اْلحَدِيْثُ عَلَى خِلاَفِ قَوْلـــِى فَاضْرِبُوْا قَوْلــِى بِاْلحَائِطِ
وَاعْمَلُوْا بِاْلحَدِيْثِ الضَّابِطِ.
Apabila
telah sah suatu hadits dan menyalahi pendapatku, maka buanglah pendapatku ke
arah dinding, dan amalkanlah olehmu dengan hadits yang kokoh kuat
itu.
كُلُّ
شَيْئٍ خَالَفَ اَمْرَ رَسُوْلِ اللهِ ص سَقَطَ، وَلاَ يَقُوْمُ مَعَهُ رَأْيٌ
وَلاَ قِيَاسٌ
Tiap-tiap
sesuatu yang menyalahi perintah Rasulullah SAW jatuhlah ia, dan tidak bisa
digunakan bersamanya pendapat dan tidak pula qiyas.
Kata
Imam Syafi'i kepada Abu Ishaq :
يـَا
اَبـَا اِسْحَاقَ لاَ تُـقَـلّـِدْنِى فِى كُلِّ مَا اَقُوْلُ وَ انْظُرْ فِى
ذَالِكَ لـِنَـفْسِكَ فَاِنَّهُ دِيْـنٌ.
Hai
Abu Ishaq, janganlah kamu bertaqlid kepadaku pada setiap apa yang aku katakan,
dan perhatikanlah yang demikian itu untuk dirimu, karena ia itu
agama.
Perkataan-perkataan
Imam Syafi'i di atas adalah jelas melarang orang bertaqlid kepada madzhab
beliau, dan memerintahkan supaya orang beragama itu mengikut kepada kitab Allah
dan sunnah Nabi SAW.
Imam
Ahmad bin Hanbal berkata :
لاَ
تُـقَـلِّدْنِى وَ لاَ مَالِكًا وَ لاَ الشَّافِعِيَّ وَ لاَ اْلاَوْزَاعِيَّ وَ
لاَ الثَّوْرِيَّ وَ خُذْ مِنْ حَيْثُ اَخَذُوْا.
Jangan
engkau bertaqlid kepadaku, jangan kepada Malik, jangan kepada Syafi'i dan jangan
kepada Al-Auza'i dan jangan kepada Ats-Tsauri, tetapi ambillah (agamamu) dari
tempat mereka mengambilnya (yaitu Al-Qur'an dan Hadits).
مِنْ
قِلَّةِ فِقْهِ الرَّجُلِ اَنْ يُـقَـلِّـدَ دِيْـنَهُ الرِّجَالَ.
Diantara
tanda sedikitnya pengertian seseorang itu ialah bertaqlid kepada orang lain
tentang urusan agama.
لاَ
تُـقَـلِّـدْ دِيـْنَكَ اَحَدًا.
Janganlah
engkau bertaqlid terhadap seseorang tentang agamamu.
لاَ
تُـقَـلِّـدْ دِيـْنَكَ اَحَدًا مِنْ هؤُلاَءِ. مَا جَاءَ عَنِ النَّبِيِّ وَ
اَصْحَابِهِ فَخُذْ بِهِ.
Janganlah
kamu bertaqlid tentang agamamu kepada seseorang
di antara mereka (para ulama), tetapi apa yang datang dari Nabi SAW dan
shahabatnya, maka ambillah dia.
اُنــْظُرُوْا
فِى اَمْرِ دِيـْنِكُمْ. فَاِنَّ التَّـقْـلِــيْدَ لِغَيْرِ اْلمَعْصُوْمِ
مَذْمُوْمٌ وَ فـِيْهِ عُمْيٌ لِلْبَصِيْرَةِ
Hendaklah
kamu memperhatikan tentang urusan agamamu, karena sesungguhnya taqlid kepada
orang yang tidak ma'shum itu tercela, dan padanya ada kebutaan bagi kecerdikan
pandangan.
لاَ
تُقَلِّدْ دِيْـنَكَ الرِّجَالَ. فَإِنَّـهُمْ لَمْ يَسْلَمُوْا اَنْ
يَغْلُطُوْا.
Janganlah
kamu bertaqlid kepada orang-orang tentang agamamu, karena sesungguhnya mereka
itu tidak terjamin dari kesalahan.
Perkataan-perkataan
Imam Ahmad bin Hanbal di atas jelas melarang orang-orang untuk bertaqlid, baik
bertaqlid kepada madzhab beliau sendiri maupun kepada imam-imam atau ulama-ulama
yang lain.
Itulah
antara lain ucapan-ucapan dari beliau-beliau para imam itu, dengan jujur
melarang siapa saja untuk mengikuti pendapat/madzhab
mereka.
Dan
masih banyak pula ucapan-ucapan dan pesan-pesan beliau-beliau itu yang lain, dan
semuanya melarang siapa saja, kapan saja dan dimana saja menurut secara buta
pendapat mereka, tetapi hendaknya dalam beragama ini selalu mengikuti sumber
agama yang asli, yakni Al-Qur'an dan Sunnah.
Setelah
kita mengetahui apa-apa yang dipesankan atau dikatakan oleh para imam itu,
jelaslah bagi kita bahwa orang yang berpendapat; wajib orang Islam itu
mengikuti salah satu madzhab dan menganggap bahwa orang yang tidak bermadzhab
itu seolah-olah sesat, berdosa dan sebagainya, adalah nyata-nyata menyalahi
Al-Qur'an, menyalahi sabda-sabda Nabi SAW. dan menyalahi pula pesan dan
perkataan atau pendapat para Imam Rahimahumullah itu
sendiri.
Dan
sudah sama dimaklumi dan diyaqini bahwa shahabat-shahabat Nabi dan orang-orang
yang lahir sebelum lahirnya para imam itu tidak ada seorangpun yang bermadzhab,
bahkan sama sekali tidak mengenalnya.
Dan
Imam Syafi'i sendiri tidak bermadzhab
Maliki atau Hanafi . Begitu pula Imam Ahmad bin Hanbal tidak bermadzhab
Hanafi atau Syafi'i atau Maliki. Dan juga Imam Malik dan Abu Hanifah tidak
bermadzhab Syafi'i.
Marilah
kita berfikir secara wajar karena Allah selalu mendidik kita supaya berfikir
dengan wajar. Firman-Nya :
اَفَلاَ
تَــعْـقِـلُوْنَ ؟ البقرة:44
اَفَلاَ تـَـتَــفَكَّرُوْنَ ؟ الانعام:50
Tidakkah
kamu berfikir ?
Tidakkah kamu berakal ?
[Bersambung]
0 komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah yang bijak